Teknologi

4 Fitur Unggulan Platform E-grocery Ini Bikin Emak-Emak Hemat Belanja Online

thedesignweb.co.id, Jakarta – Era digital telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat, khususnya ibu rumah tangga (ibu). Jika dulu Anda harus pergi ke pasar atau supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kini semua kebutuhan Anda terpenuhi hanya dengan beberapa klik.

Meski nyaman, banyak layanan belanja online yang justru menyulitkan penggunanya. Memahami tantangan ini, platform e-grocery AlloFresh menawarkan solusi belanja yang lebih nyaman dan hemat biaya.

“Kami sadar bahwa ibu adalah pahlawan keluarga dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. “Dengan fitur-fitur mutakhir yang kami miliki, AlloFresh memberikan solusi belanja online yang lebih efisien dan hemat biaya,” kata VP Marketing AlloFresh Sandi Maulana dalam keterangannya, Minggu (15/12/2024).

Dengan empat fitur mutakhir dan terkini, AlloFresh diklaim memberikan pengalaman belanja online yang menghemat uang dan waktu para ibu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Rekomendasi produk pribadi

AlloFresh memiliki fitur pintar yang akan merekomendasikan produk yang biasa dibeli ibu rumah tangga. Fitur ini membantu mereka menghemat waktu saat berbelanja.

2. Pengiriman terjadwal

Tidak perlu lagi menunggu pesanan. Dengan adanya fitur pengantaran terjadwal pada platform e-grocery ini, para ibu rumah tangga dapat memilih waktu pengantaran yang paling sesuai dengan aktivitasnya.

3. Klub AlloFresh

Pengguna dapat memanfaatkan berbagai keuntungan menarik dengan bergabung di klub AlloFresh. Setiap transaksi Anda akan mendapatkan poin yang dapat Anda tukarkan dengan voucher belanja atau diskon.

4. Pemberitahuan promosi

AlloFresh e-Grocery juga akan mengirimkan notifikasi langsung ke aplikasi dengan setiap promosi baru, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan promosi menarik.

Namun, di balik ramainya diskon besar-besaran pada platform e-commerce, terdapat ancaman siber seperti phishing, penipuan teknis, dan musuh di tengah (AiTM) di kalangan konsumen.

Dengan meningkatnya ancaman dunia maya pada startup tersebut, Microsoft membagikan serangkaian tips belanja online yang aman di Harbolnas 12.12.

“Penjahat dunia maya akan memanfaatkan serbuan pelanggan karena diskon besar, persediaan terbatas, dan durasi penawaran yang singkat,” kata Panji Wasmana, National Technology Officer Microsoft di Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (12/12/2024). Jenis ancaman dunia maya yang harus diwaspadai

1. Representasi yang keliru

Phishing adalah metode serangan siber di mana penjahat berupaya mencuri data sensitif dengan menyamar sebagai individu tepercaya.

Selama ini, phishing sering terjadi dalam bentuk email promosi palsu, tautan media sosial yang mencurigakan, atau pesan teks yang meminta pengguna untuk mengeklik tautan.

Kini, penjahat dunia maya semakin banyak beroperasi menggunakan metode spoofing kode QR, di mana pengguna diarahkan ke situs web palsu melalui kode QR.

Biasanya situs-situs tersebut dibuat agar terlihat seperti situs e-commerce ternama. Jika tidak sadar, pengguna juga bisa memasukkan informasi penting seperti kartu kredit atau password.

Metode serangan ini menjadi lebih canggih karena penjahat dunia maya menempatkan diri mereka di antara pengguna dan layanan otentikasi.

Mereka biasanya mengeksploitasi kelelahan pengguna menggunakan metode “MFA Fatigue” (Multi-Factor Authentication Fatigue).

Saat Harbolnas, konsumen kerap disibukkan dengan berbagai notifikasi. Pelaku akan berulang kali mengirimkan permintaan otentikasi MFA palsu.

Jika tanpa disadari pengguna menyetujui permintaan tersebut, maka pelaku bisa mengakses akun korban.

3. Penipuan teknis

Salah satu bentuk penipuan teknologi terjadi ketika pengguna diarahkan ke situs web palsu atau dihubungi oleh “perwakilan layanan pelanggan palsu” yang mengaku berasal dari perusahaan besar.

Pelaku mengaku ada masalah pada akun korban dan meminta informasi pribadi atau pembayaran tertentu agar pengguna bisa mendapatkan akses.

Berbeda dengan phishing, kerugian akibat penipuan teknis bisa sepuluh kali lebih tinggi.

Untuk mengatasi ancaman tersebut, Microsoft memberikan panduan keselamatan konsumen saat berbelanja online pada Harbolnas 12.12. Berikut beberapa tipnya:

1. Verifikasi keaslian link dan penawaran promosi Jangan langsung mengklik link yang diterima melalui email, SMS, atau media sosial tanpa mengonfirmasi asalnya. Pastikan Anda hanya membeli dari situs resmi atau aplikasi e-commerce terpercaya. Silakan periksa kembali URL situs webnya. Website palsu biasanya memiliki ejaan yang hampir sama dengan aslinya, misalnya “tokopedi4.com” bukan “tokopedia.com”.

2. Waspada terhadap spoofing kode QR. Jangan sembarangan memindai kode QR dari sumber yang tidak diketahui. Jika kode QR mengalihkan ke suatu situs web, pastikan URL-nya cocok dengan alamat situs resminya.

3. Gunakan Multi-Factor Authentication (MFA) Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan Multi-Factor Authentication (MFA) di akun e-commerce Anda. Microsoft menemukan bahwa MFA dapat memblokir hingga 99 persen serangan berbasis kata sandi. Jika memungkinkan, gunakan metode autentikasi biometrik (sidik jari atau pengenalan wajah) untuk melindungi akun Anda.

4. Gunakan pengelola kata sandi dan kata sandi Gunakan pengelola kata sandi untuk membuat dan menyimpan kata sandi unik di setiap platform. Beralih ke Kunci Sandi, metode autentikasi biometrik yang lebih aman dibandingkan kata sandi tradisional.

5. Perbarui perangkat dan aplikasi Anda Pastikan perangkat dan aplikasi Anda selalu diperbarui dengan versi terbaru. Pembaruan ini sering kali menyertakan patch keamanan yang mencegah serangan terbaru. Hindari menggunakan Wi-Fi publik untuk transaksi keuangan. Wi-Fi publik rentan untuk disadap oleh penjahat dunia maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *