13 Pengakuan Pilot dan Pramugari yang Bikin Orang Takut Terbang
thedesignweb.co.id, Jakarta – Bagi sebagian orang, terbang sudah menjadi hal biasa. Namun ada juga orang yang enggan terbang karena berbagai alasan, misalnya takut ketinggian, khawatir pesawatnya jatuh, dan lain sebagainya.
Berbicara tentang kecelakaan pesawat, secara teknis seseorang sebenarnya lebih aman di dalam pesawat dibandingkan di dalam mobil biasa.
Melansir Therichest.com pada Selasa (26/7/2022), seorang pengguna Reddit membuka forum bersama pilot dan awak kabin untuk berbagi rahasia penerbangan yang jarang diketahui publik.
Menjadi seorang pilot dapat memberikan banyak keuntungan, seperti pendapatan yang jauh lebih tinggi, pengetahuan yang luas tentang industri penerbangan, kesempatan untuk bepergian secara gratis, mengunjungi kota atau negara dengan mudah, dll.
Meski banyak keuntungan menjadi pilot, bukan berarti “pengemudi” pesawat ini bebas risiko. Menjadi pilot adalah profesi yang cukup berbahaya. Dia bertanggung jawab besar atas keselamatan semua orang di dalamnya.
Tahukah Anda bahwa pilot dan pramugari profesional sebenarnya dilatih dengan cara yang sama seperti agen khusus? Mereka sangat sensitif terhadap detail kecil, gundukan, dan hal lainnya, meskipun mereka duduk di kursi penumpang biasa.
Berikut beberapa pengakuan pilot yang mungkin membuat seseorang ragu dan berpikir dua kali sebelum terbang:
* Kebenaran atau tipuan? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang disebarkan, silakan cek nomor fakta WhatsApp thedesignweb.co.id 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan.
Saat menaiki pesawat, penumpang mengharapkan barang bawaannya dirawat dengan baik.
Ternyata tidak selalu demikian. Secara umum, petugas bagasi tidak peduli bagaimana koper penumpang bisa masuk ke dalam bagasi pesawat.
Ruangan itu harus memuat lebih dari 100 koper, tapi juga harus dikemas rapat.
Kata-kata “sensitif, tangani dengan hati-hati” juga tidak banyak berpengaruh. Demikian pula, koper tidak bisa dibalik “sisi ini menghadap ke atas”. Tidak ada jaminan bahwa koper tersebut tidak pernah terbalik.
Saran: tulis “Saya suka petugas bagasi” di koper Anda untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.
* Baca berita terkini lainnya di Google News
Berpikirlah dua kali untuk menonton acara dalam penerbangan atau apa pun yang melibatkan headphone yang dibagikan oleh awak kabin.
Headphone yang dibagikan kepada penumpang untuk hiburan dalam penerbangan pada penerbangan komersial tidak pernah dibersihkan, meskipun kemudian dikemas dalam kemasan yang bersih.
Kenyataannya, headphone dilepas setelah penerbangan, kemudian “dibersihkan” dengan cara yang tidak diketahui, dan kemudian dibungkus kembali.
Sebaiknya jangan minum air dari pancuran toilet pesawat.
Bahkan yang lebih ekstrim lagi, jangan mencuci tangan dengan air keran di toilet pesawat.
Tangki air dibersihkan sebagai bagian dari perawatan rutin, namun beberapa parasit menjadi kebal terhadap bahan pembersih yang membunuh bakteri.
Ikuti tip ini: Perhatikan baik-baik bagian luar pesawat saat Anda naik pesawat. Jika catnya kusam, ini pertanda kondisi pesawat.
Cairan hidrolik Skydrol membuat semuanya berjalan lancar. Jika catnya terkelupas, kemungkinan karena Skydrol bocor.
Bayangkan jika kebocoran terjadi saat terbang tinggi di angkasa.
Ibarat headphone, selimut dan bantal tidak dibersihkan, cukup dilipat dan dibungkus kembali lalu dimasukkan ke tempat sampah untuk menunggu penerbangan berikutnya.
Oleh karena itu, penumpang sebenarnya menyandarkan kepalanya di atas bantal yang sama dengan yang digunakan penumpang sebelumnya. Begitu juga dengan selimut yang kemungkinan menutupi bagian belakang penumpang.
Seorang mantan awak kabin di penerbangan Southwest mengakui bahwa satu-satunya bantal “segar” yang dia lihat adalah di penerbangan kampung halaman maskapai tersebut. Anggota staf lainnya mengatakan hal serupa tentang selimut itu.
Mungkin ini sudah diketahui. Tidak jarang pilot tertidur saat duduk mengendalikan pesawat.
Sekitar separuh pilot mengaku tertidur dan sepertiganya mengaku menyebabkan rekannya tertidur. Penerbangan mengandalkan sistem autopilot.
Hal ini sebenarnya bukan masalah besar, namun dari 500 pilot yang disurvei, sekitar 43 persen mengakui bahwa kelelahan telah mengganggu kemampuan mereka setidaknya sekali dalam 6 bulan terakhir.
Sekitar 84 persen mengatakan kemampuannya menurun lebih dari satu kali dalam 6 bulan terakhir.
Selain itu, hampir separuh responden mengatakan kelelahan pilot merupakan ancaman terbesar terhadap keselamatan penerbangan, hampir 3 kali lebih besar dibandingkan ancaman lainnya.
Selama Anda menggunakan toilet selama penerbangan, orang lain bisa masuk jika mereka mau.
Tentu saja toilet maskapai penerbangan bisa dikunci dari dalam, tapi bisa dibuka dari luar.
Dibalik tulisan “dilarang merokok” terdapat mekanisme penguncian. Jika Anda mengangkat tanda dan memindahkan kuncinya, pintu dapat dibuka tanpa masalah.
Hal ini berguna jika seorang anak terjebak di toilet pesawat dan harus keluar.
Jangan mencoba membuat teh, kopi, atau apa pun di dalam pesawat, karena air minum di pesawat tidak bersih.
Tangki penyimpanan belum pernah dibersihkan dan beberapa mesin sudah berusia lebih dari 60 tahun. Pertumbuhan tangki bisa mencapai beberapa inci tebalnya.
Jika airnya tidak keluar dari botol, jangan diminum. Saluran pembuangan dan saluran pengisian air minum portabel sangat berdekatan satu sama lain dan terkadang dilayani oleh staf yang sama.
Meskipun hal ini tidak selalu terjadi, tidak jarang orang jatuh sakit setelah penerbangan hanya karena bakteri yang tidak mereka ketahui masuk ke dalam tubuh penumpang di pesawat.
Hal ini mungkin tidak membuat terbang menjadi kurang menyenangkan, namun menyenangkan untuk diketahui, kecuali bagi mereka yang mudah terganggu atau baru pertama kali terbang.
Badai udara disebabkan oleh peningkatan suhu di permukaan bumi. Pada siang hari, udara lebih hangat dibandingkan pada pagi hari, sehingga meningkatkan kemungkinan gangguan penerbangan. Hujan lebat juga diperkirakan terjadi pada siang hari.
Jika memungkinkan, pilihlah tempat duduk sejauh mungkin ke depan. Area pesawat yang paling bergetar adalah bagian belakang.
Anda mungkin tidak terlalu khawatir untuk membawa anak Anda dalam penerbangan jarak pendek, namun berpikirlah dua kali saat membawa anak Anda dalam penerbangan jarak jauh.
Atau jangan mengambil risiko sama sekali, dalam penerbangan pendek atau panjang.
Terbang bersama bayi bisa sangat berbahaya. Berbagai hal bisa terjadi, seperti guncangan, kehilangan kecepatan, atau hal serupa yang menyebabkan orang tua kehilangan pegangan pada anaknya dan melemparkannya.
Maskapai penerbangan melakukan segalanya untuk penumpangnya, tetapi tidak untuk hewan peliharaan yang mereka bawa.
Memang benar kenyamanan juga diupayakan bagi hewan peliharaan dalam penerbangan, namun upaya tersebut lebih terbatas dan hanya bisa dianggap minor, misalnya kebisingan di landasan.
Seorang pramugari juga harus memakai penutup telinga di landasan. Jadi bayangkan telinga anjing jauh lebih sensitif daripada telinga manusia dan dia harus mendengar semua suara ini.
Selain toilet, headphone, selimut, dan bantal, ternyata piring makan pun tak selalu dibersihkan. Bahkan tombol-tombol di bagian belakang jok pun tidak dibersihkan.
Namun, tidak semuanya bisa dibersihkan di pesawat. Faktanya, jangan menaruh camilan kacang di atas tatakan gelas.
Seorang mantan pramugari Southwest mengatakan dia lebih sering melihat popok kotor tertinggal di tatakan gelas daripada makanan.
Jadi jika kita memakan makanan yang ada di piring, kita bisa tanpa sengaja menelan sisa-sisa kotoran bayi.
Maskapai penerbangan selalu melaporkan jumlah penumpang dalam penerbangannya, namun jumlah tersebut tidak termasuk “penumpang khusus”, yakni tubuh atau organ tubuh manusia.
Saat menaiki penerbangan domestik, kemungkinan terdapat jenazah atau organ tubuh manusia di dalam penerbangan tersebut.
Bahkan, ada pula yang meninggal jauh dari kampung halamannya.
Selama penerbangan, jenazah mereka disimpan di dalam kotak kayu. FYI, kontainer nomor 3 pada Boeing 737-300 mampu menampung 150 kantong organ tubuh manusia.
Di beberapa negara, selama penerbangan, pilot yang bertanggung jawab atas penerbangan tersebut mungkin merupakan subkontraktor, yang dapat dianggap sebagai kontraktor independen.
Dalam model layanan ini, pilot tidak dipekerjakan oleh pegawai pemerintah maskapai penerbangan.
Banyak maskapai penerbangan yang mempekerjakan kontraktor semacam itu untuk menghemat biaya, karena subkontraktor tidak dibayar dengan gaji yang sama seperti karyawan tetap.
Misalnya saja Delta Air Lines di Amerika Serikat (AS) yang menggunakan pilot subkontrak yang tidak memiliki pengalaman dan pelatihan sebanyak pilot utama. Jadi tidak ada jaminan bahkan untuk maskapai besar sekalipun.