Otomotif

Honda dan Nissan Kolaborasi dengan Mitsubishi, Mau Apa?

thedesignweb.co.id, Jakarta. Bertujuan untuk menjadi pemimpin dalam industri kendaraan listrik global, Mitsubishi telah menandatangani nota kesepahaman dengan Nissan dan Honda.

Kolaborasi ini bertujuan untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik dan teknologi terkait lainnya.

Ketiga raksasa mobil asal Jepang itu berharap dengan menggandeng Mitsubishi, bisa memperkuat posisi di persaingan ketat dengan pemain utama pasar mobil listrik.

Menurut The Verge, pada Minggu (8/4/2024), ketiga perusahaan dapat berbagi sumber daya, mengurangi biaya pengembangan, dan meningkatkan efisiensi dalam menghadirkan kendaraan listrik terbaru ke pasar.

Kepergian Mitsubishi tidak hanya menambah pengetahuan dan kekuatan baru, tetapi juga memberikan sinergi lebih lanjut, kata Nissan dan Honda dalam pernyataannya.

Langkah ini merupakan contoh terbaru dari tren kerja sama antar produsen mobil besar dunia dalam menghadapi tantangan dan peluang era elektrifikasi.

Dengan bersatu, mereka berharap dapat mempercepat transisi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Kolaborasi ketiga raksasa otomotif tersebut bukanlah yang pertama kali. Honda sebelumnya telah bermitra dengan General Motors untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik.

Sayangnya, setelah beberapa tahun, kemitraan tersebut harus diakhiri. Setelah berpisah dari GM, Honda bermitra dengan Nissan dengan tujuan serupa.

 

Mitsubishi sedang mempersiapkan pembaruan untuk Outlander PHEV. Kabarnya model ini akan mulai dijual di Jepang pada Oktober 2024.

Eksterior New Mitsubishi Outlander PHEV akan memiliki tampilan yang lebih canggih dan canggih seperti yang didapat dari Carscoops. Namun jika dilihat dari gambar teasernya, ubahan pada bagian muka mobil ini terbilang minor karena masih terlihat sangat mirip dengan pendahulunya.

Selain itu, kabarnya crossover tersebut akan memiliki palet warna baru yang mencakup opsi Moonstone Grey Metallic. Pembeli juga akan menemukan velg baru berukuran 20 inci dengan desain two-tone.

Di saat yang sama, banyak pihak yang berharap interiornya bisa memberikan sentuhan lebih modern dengan kualitas premium. Oleh karena itu, pengalaman berkendara yang modern dan mewah dapat dihadirkan pada update kali ini.

Sedikit informasi yang menyebutkan bahwa Outlander PHEV akan menggunakan jok berventilasi berbahan kulit semi-anilin, dan juga akan mendapatkan sistem infotainment baru 12,3 inci, menggantikan layar sebelumnya yang berukuran 8 dan 9 inci.

Sementara itu, Mitsubishi juga akan melanjutkan kolaborasinya dengan Yamaha pada sistem audio setelah diluncurkan pada XForce. Selain itu, pabrikan juga mengklaim kendaraan ini menggunakan baterai baru yang akan memperluas jangkauan kendaraan listrik secara signifikan. 

PT Honda Prospect Motor (HPM) membukukan pesanan sebanyak 1.861 unit pada Gaikindo International Motor Show in Indonesia (GIIAS) 2024.

Kombinasi Brio Satya dan Brio RS mencatatkan penjualan tertinggi sebanyak 800 unit atau 43 persen dari total penjualan Honda di GIIAS 2024.

Selain itu, model SUV memberikan kontribusi penjualan terbesar yaitu HR-V (386 unit), WR-V (344 unit), BR-V (164 unit) dan CR-V (109 unit). Seluruh angka penjualan tersebut merupakan pesanan yang dilakukan di stand Honda selama gelaran GIIAS 2024 berlangsung dan prosedur administrasi dilengkapi dengan biaya pemesanan.

Pesanan GIIAS tahun ini hampir sama dengan hasil tahun lalu, menunjukkan adanya perbaikan permintaan konsumen, meski pasar otomotif secara keseluruhan mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kata Direktur Penjualan, Pemasaran, dan Purna Jual PT HPM. Jasa penjualan Yusak Billy .

“Hal ini juga mulai memberikan dampak positif terhadap penjualan Honda, khususnya di wilayah Jakarta, dimana kami mencatatkan peningkatan pesanan sekitar 20 persen di bulan Juli dibandingkan bulan sebelumnya. Kami berharap pemenuhan pesanan GIIAS tahun ini kembali tercermin pada angka ritel awal kami di semester II ini,” kata Jusak Billi dalam keterangan resmi, Selasa (30/07/2024).

Honda sendiri mencatatkan penjualan ritel sebanyak 51.681 unit pada tahun 2024, dengan penjualan Honda Brio dan SUV Honda menjadi pendorongnya.

Penyelenggaraan GIIAS 2024 berdampak pada meningkatnya minat konsumen terhadap produk otomotif. Berdasarkan perhitungan internal Honda, jumlah pengunjung booth Honda meningkat 13 persen dibandingkan GIIAS tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *