WEB NEWS Lebih Dekat dengan Toyota Innova Zenix, Mobil Ramah Lingkungan yang Ditumpangi Paus Fransiskus
thedesignweb.co.id, Jakarta – Setelah menempuh jarak 11 ribu kilometer, Paus Fransiskus akhirnya tiba di Indonesia. Pemimpin tertinggi Katolik di dunia itu mendarat di Bandara Sukarno Hatta pada Selasa 3 September 2024 sekitar pukul 11.25 WIB.
Orang-orang menyambut Paus dengan hangat. Ia juga menyempatkan berjabat tangan dengan Menteri Agama Yakut Cholil serta Duta Besar RI untuk Vatikan, Michael Trias Kuncahyon.
Usai bersalaman, Paus Fransiskus mendatangi mobil Toyota Kijang Innova Zenix berwarna putih. Dia memutuskan untuk duduk di kursi depan mobil. Sesuai rencana, perjalanan dilanjutkan ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, tempat ia beristirahat, bukan di hotel bintang lima. Bersihkan sekeliling mobil
Paus Fransiskus yang terkenal dengan kampanye lingkungannya memilih Toyota Innova Zenix Hybrid yang ramah lingkungan untuk mendukung perjalanan kerasulannya ke Indonesia. Kendaraan ini mengusung teknologi hybrid yang efisien sejalan dengan upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan melestarikan lingkungan.
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Electric Vehicle (HEV) merupakan generasi terbaru dari Kijang Innova yang telah hadir selama dua dekade. Ketersediaan varian hybrid pada Kijang Innova Zenix merupakan wujud komitmen Toyota dalam menyediakan cara berkendara ramah lingkungan dengan mesin hybrid hemat bahan bakar, rendah emisi, dan bertenaga.
Kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid juga merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk berpartisipasi aktif dalam upaya dekarbonisasi menuju Zero Net Emission (NZE) pada tahun 2060, sebuah etos global melalui strategi Multi-pathway. Saat ini Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid produksi lokal masih menjadi mobil hybrid terlaris di Indonesia.
Hingga Juli 2024, Zenix HEV telah terjual sebanyak 2.906 unit atau rata-rata 2.000 penjualan per bulan pada tahun 2024. Selain Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah tersedia, Toyota Indonesia juga telah memulai riset untuk meningkatkan penggunaan bioetanol untuk Kijang Innova Zenix Hybrid Flexy Fuel dan Kijang Innova yang menggunakan teknologi battery electric electrification (BEV).
PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Kijang Innova Zenix pada November 2022. New Toyota Kijang Innova Zenix dengan slogan Cross Into The New Energy menjanjikan kualitas prima dalam berkendara berkat penggunaan platform TNGA dan mesin, serta teknologi Toyota Hybrid System generasi berikutnya.
Kijang generasi ke-7 di Indonesia ini memiliki ubahan yang mendasar dan menyeluruh. Salah satunya adalah platform TNGA: GA-C dengan konstruksi monocoque yang menggantikan konstruksi tangga pada rangkanya.
Platform baru ini memungkinkan para insinyur Toyota membekali Kijang Innova Zenix baru dengan teknologi canggih terkini seperti mesin 2.0L TNGA, sistem hybrid generasi ke-5 Toyota, dan transmisi CVT 10-percepatan dengan perpindahan gigi langsung untuk memberikan kualitas berkendara yang prima. dan bensin. sekaligus konsumsi yang lebih efisien.
Selain itu, platform TNGA:GA-C juga memberikan ruang bagi para insinyur Toyota untuk meningkatkan kekakuan bodi, mengurangi bobot kendaraan, dan mengurangi kebisingan kabin guna meningkatkan stabilitas dan kenyamanan saat bepergian.
“Konsep kendaraan ini adalah crossover multiguna baru. Tujuan kami adalah mengembangkan crossover multiguna dengan kapasitas dan kenyamanan minivan yang digandrungi keluarga milenial dan bernilai global. Mewarisi DNA mobil yang telah lama ada. digandrungi masyarakat dan telah mengalami berbagai penyempurnaan,” ujar Hideki Mizuma, chief engineer New Kijang Innova Zenix.
Harus diakui kenyamanan Toyota Kijang Innova Zenix memang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari platform yang diadopsi.
Dulu Kijang Innova selalu menggunakan sasis ladder. Kini beralih menggunakan platform monokok TNGA: GA-C. Desain rangka juga digunakan pada MPV Voxy.
Jarak sumbu roda juga ditingkatkan menjadi 2.850 mm. Formulasi ini diadopsi bersama dengan sistem penyangga ban untuk menjamin kenyamanan penumpang di dalam kabin. Terutama di baris pertama dan kedua.
Suspensi baru jelas berperan besar dalam memberikan kenyamanan. McPherson strut di depan dipadukan dengan torsion beam di belakang, menggantikan tipe Multilink.
Campuran ini membuat mobil memiliki redaman yang kaku, namun rebound atau return spring terasa empuk.
Alhasil, saat mobil melaju dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam terasa stabil. Kemiringan badan minimal. Kalau jalan bergelombang memang agak berat, tapi masih lumayan.
Sasis baru membuat Toyota Kijang Innova Zenix nyaman dikendarai. Platform TNGA memberikan ruang bagi para insinyur Toyota untuk meningkatkan kekakuan bodi, mengurangi bobot, dan mengurangi kebisingan kabin. Semua untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan pengguna saat berselancar di perjalanan.
Alasan lainnya adalah jajaran Innova Zenix lebih nyaman untuk diduduki. Letak suspensi tidak lebih tinggi dari jok kedua. Tapi sedikit mundur.
Misalnya saja saat mobil menabrak gundukan atau jalanan tidak rata. Getarannya tidak dikirim langsung ke tubuh penumpang. Begitulah perasaan saat test drive dari Kulon Proga, Semarang menuju Jakarta.
Toyota Kijang Innova Zenix juga dibekali berbagai fitur dan teknologi mumpuni untuk memenuhi kebutuhan keluarga milenial.
Tempat duduk baris kedua nyaman dengan sunroof panoramik (Q&V HV), Captain’s Chair baru dengan ottoman (Q HV), head unit 10 inci baru, dan konektivitas smartphone (Q&V HV).
Lalu sistem hiburan kursi belakang baru berukuran 10 inci (Q&V). Berbagai hiburan (film, musik, Netflix) bisa Anda akses dari kursi kedua.
Jelas kenyamanan Kijang Innova Zenix hadir dengan menggunakan platform TNGA. Wheelbase lebih panjang membuat kabin lebih luas. Kemudian posisi jok lebih rendah (dibandingkan model lama). Lebih mudah bagi pengguna yang masuk ke dalam mobil memberikan handling dan stabilitas yang lebih baik,” jelas Dymas Aska, Head of Interactive Communications Toyota Astra Motor.