Canggihnya Pabrik Daihatsu, Setahun Bisa Cetak 200 Ribu Unit Mobil Made In Karawang
thedesignweb.co.id, Jakarta – Tak hanya distributor terkemuka di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga merupakan salah satu produsen mobil terbesar di Tanah Air. Merek Negeri Matahari Terbit ini merupakan basis manufaktur mobil Daihatsu dan Toyota serta suku cadangnya di luar Jepang.
Faktanya, Daihatsu memiliki dua fasilitas perakitan yakni kantor pusat dan Karawang. Sejak berdiri 46 tahun lalu, hingga saat ini Daihatsu Indonesia telah memproduksi lebih dari 8 juta unit untuk pasar domestik dan global.
Salah satu fasilitas tercanggih Daihatsu adalah Pabrik Perakitan Karawang yang berlokasi di Kawasan Industri Suria Septa, Karawang Timur, Jawa Barat.
Pabrik tersebut telah beroperasi sejak tahun 2012 dan berdiri di atas lahan seluas lebih dari 90 hektar. Pabrik Daihatsu di Karawang mampu memproduksi hingga 200.000 mobil per tahun.
Pabrik Daihatsu di Karawang memiliki fasilitas terintegrasi dengan menggunakan teknologi robotika tercanggih yang mampu menjalankan seluruh proses manufaktur roda empat dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim and Compact).
Sementara Daihatsu berkomitmen mendukung program pemerintah sendiri dengan menetralisir emisi karbon melalui proses manufaktur yang inovatif dan ramah lingkungan.
Komitmen tersebut juga didukung dengan pelaksanaan pemasangan panel surya yang dimulai pada tahun 2019 di fasilitas Cibitung Parts Center, dilanjutkan dengan pabrik Karawang yang berlanjut hingga saat ini.
Dalam proses pembuatan mobil, Daihatsu dimulai dari press shop, dimulai dari lembaran besi yang dicetak oleh ribuan ton mesin cetak hingga menjadi satu kesatuan bodi.
Pada saat yang sama, pengecoran juga memproduksi mesin mobil. Di sini, blok mesinnya terbuat dari aluminium cair, dicetak dengan presisi sempurna menggunakan mesin berteknologi tinggi.
Setelah itu dilakukan blok mesin yang sudah jadi dan uji kualitas yang kemudian diserahkan ke bengkel mesin untuk dirakit menjadi mesin mobil siap pakai. Dengan teknologi baru Daihatsu, mesin dirakit dengan sangat presisi sehingga tidak perlu melakukan pemanasan sebelum dihidupkan.
Setelah itu, mesin mobil rakitan dan bodi cetakannya siap untuk dimasukkan ke dalam mobil utuh di bengkel perakitan. Awalnya, bodi mobil disatukan melalui proses pengelasan.
Bodywork yang sudah selesai siap untuk proses selanjutnya yaitu pengecatan. Mobil itu dicelupkan ke dalam cairan primer menggunakan teknologi terkini untuk mencegah karat pada baja dan memperkuat cat eksterior. Terakhir, dengan menggunakan robotika, pengecatan eksterior dikerjakan ulang untuk menghasilkan bodi mengkilap yang sempurna.
Setelah itu, interior kendaraan dan mesin bisa dipasang. Untuk mempercepat performa mobil dan memenuhi permintaan pasar, Daihatsu secara akurat merakit berbagai mobil secara bersamaan, karena semuanya telah melalui uji kualitas dan pengujian berkelanjutan sesuai standar manufaktur global.
Terakhir, berbagai jenis pengujian dilakukan pada produk jadi. Misalnya saja tes tromol, tes rem dan pengecekan bodi mobil bocor atau tidak. Segala proses dan pengujian demi keamanan dan kenyamanan pelanggan Daihatsu.
“Komitmen ini juga akan kami perkuat dengan penggunaan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan,” kata Sri Agong Handyani, Direktur Komunikasi Korporat dan Direktur Pemasaran PT ADM, pada Minggu (11/3/2024).