Sebut Indonesia Pasar Penting, Bos Geely Juga Singgung Rencana Lokalisasi
thedesignweb.co.id, Jakarta – Geely saat ini berbeda dari sebelumnya. Pabrikan asal Tiongkok ini menjadi salah satu raksasa otomotif di daratan Tiongkok dan juga masuk dalam daftar 10 merek mobil teratas dunia.
Geely saat ini memiliki beberapa sub-merek mobil seperti Zeekr, Link & Co, Lotus, London Electric Vehicle Company (LEVC), Volvo Cars, Polestar, Smart, Zee UE.
Mereka kini bersiap memasuki pasar Indonesia melalui PT Geely Auto Indonesia. Rencananya akan diumumkan pada kuartal pertama 2025 di Pameran Otomotif.
Vice President Geely Auto Michael Song mengatakan Indonesia merupakan pasar strategis yang sangat penting bagi Geely.
Pasar otomotif Indonesia telah mencapai volume penjualan tahunan sebesar satu juta unit, menjadikannya pasar terbesar secara global.
Menurutnya, perusahaannya perlu memiliki pemahaman mendalam mengenai permintaan konsumen saat ini dan tren perkembangan ke depan untuk merumuskan serangkaian langkah strategis termasuk produk, lokalisasi, dan jaringan distributor.
“Untuk mencapai tujuan ini, kami telah mendirikan organisasi penjualan lokal di Indonesia dan saat ini sedang mengelola matriks produk kami dan membangun sistem yang lengkap,” jelas Song baru-baru ini di Ningbo, Tiongkok.
Ia berkata sambil tersenyum bahwa ada banyak merek di pasar China saat ini. Seperti halnya di Indonesia, semakin banyak merek baru yang bersaing di pasar otomotif.
Ia menegaskan, setiap produsen mempunyai strategi berbeda dalam menjalankan bisnisnya. Begitu pula dengan Geely yang menyiapkan langkah tersendiri untuk diterapkan nantinya.
“Bagi Geely, ada dua pertimbangan implementasi strategis: Pertama, kami perlu menyediakan opsi energi berbeda untuk kendaraan cerdas, kendaraan pembakaran, kendaraan hibrida, dan kendaraan listrik murni semuanya ada dalam rencana kami,” jelas Song.
Kedua, kami berharap mitra Tiongkok dan Indonesia dapat bekerja sama untuk membuat rencana pengembangan untuk pasar Indonesia, kami berharap dapat mencapai kesepakatan lokalisasi yang mendalam.
“Ini akan dimulai dengan riset pasar, penjualan dan layanan purna jual dan secara bertahap akan mencakup lokalisasi dan manufaktur rantai penuh di masa depan,” lanjutnya.
Dan menurutnya, strategi pengembangan deep localization harus bersifat jangka panjang, sehingga dengan adanya merek Geely yang pertama di Indonesia diharapkan dapat menjadi merek yang mampu bekerjasama dan berkembang dengan pasar lokal dalam jangka panjang. berlari
“Saya pikir nilai-nilai ini harus dianalisis berdasarkan tujuan strategis dan kebutuhan pasar. Geely akan membuat kesepakatan berbeda di berbagai belahan dunia, dan kami saat ini sedang menerapkan rencana pra-penjualan,” kata Song.
“Dari segi investasi, Geely selalu mengedepankan budaya koperasi yang terbuka, dan kami berharap bisa berkembang lebih baik lagi dengan mitra lokal yang cocok,” tutupnya.