Lifestyle

DESIGN WEB Raisa Andriana Rilis Parfum, Kasih Bocoran Proses Risetnya

thedesignweb.co.id, Jakarta – Banyak selebritis yang sudah memulai merek kosmetiknya sendiri, Raisa Andriana salah satunya. Raine Beauty, merek ini lebih mengedepankan kosmetik ramah lingkungan, dan Raisa bahkan menghadiri konferensi di Paris untuk belajar tentang industri kecantikan.

Ternyata tak sebatas pada produk lipstik dan blush on saja, Raisa berencana mengembangkannya lebih jauh dengan merilis parfum. “Swipe sampai akhir kalau mau bocoran dari saya,” tulisnya pada caption akun @raisa6690 TikTok pada 2 September 2024.

Raisa kemudian bercerita tentang risetnya untuk brand Raine Beauty. Menggunakan kecerdasan buatan (AI), istri Hamish Daud ini mengungkapkan, hal pertama yang dilakukannya adalah riset pasar.

Di aplikasi Gemini, Raisa menulis: “Saya ingin meluncurkan parfum untuk merek Raine Beauty dan saya memerlukan penelitian untuk mendapatkan produk yang tepat. Tolong beri saya data tentang audiens seperti apa yang tertarik dengan parfum lokal dan rata-rata parfum yang dijual.” di Indonesia.”

Ia kemudian mendapat tanggapan dari aplikasi Gemini AI bahwa target pasar parfum lokal adalah anak muda pecinta kecantikan. Si kembar juga mengumumkan harga parfum yang dijual di Indonesia harus wajar, sekitar Rp 50.000, namun untuk kelas menengah mulai dari Rp 200.000.

Pelantun “Teristimewa” itu pun membeberkan riset target pasarnya yang harus spesifik. Untuk produknya, Gemini melaporkan rata-rata usia konsumen parfum papan atas Indonesia adalah 18-35 tahun, dan rata-rata usia kelas menengah adalah 26 tahun. 

 

Hal ketiga yang dicari Raisa adalah apa yang disukai konsumen. Jawaban si kembar mengungkapkan bahwa selera parfum anak muda kebanyakan adalah modern dan minimalis, dengan kemasan yang unik, estetik, dan Instagrammable untuk diunggah ke media sosial.

Selanjutnya Kaksikus mencontohkan kemasan dengan botol transparan bernuansa pastel yang dapat dibuat dengan kemasan daur ulang, serta solusi desain yang terinspirasi dari alam atau seni. Tiga informasi mengenai target pasar, rentang usia kelompok sasaran tertentu, dan kesukaan masyarakat menjadi poin bagi departemen riset Raisa untuk merilis parfumnya.

Informasi mengenai parfum yang akan dirilis Raisa telah diunggah oleh akun resmi Raine Beauty. Raine Beauty Eau de Parfum tersedia dalam tiga wewangian yang dapat dikenakan dari siang hingga malam, untuk setiap kesempatan dan suasana hati.

Pilihan pertama adalah Closer Still yang menggunakan aroma floral mawar. Kemudian yang kedua adalah varietas She Blooms yang beraroma segar dan yang ketiga About Her dengan aroma yang manis dan misterius. Meski varian wewangiannya sudah terungkap, Raisa melalui media sosial pribadinya mengatakan peluncuran baru akan dilakukan pada Senin (9/9/2024).

 

Raisa mengungkap kesibukannya selain pekerjaannya sebagai penyanyi. Ibu satu anak ini mengunjungi Paris untuk menghadiri konferensi kosmetik global.

Dalam video bertajuk “A Day in My Life, Paris Edition”, Raisa mengungkap ingin mempelajari lebih jauh tentang kosmetik. “Saat Anda menghadiri konferensi seperti ini, ada yang mengupayakan keberlanjutan, mengikuti tren dan inovasi baru di industri kecantikan,” ujarnya dalam konten yang diunggah ke akun TikTok pribadinya @raisa6690 pada 14 Mei 2024.

“Karena belum paham makanya harus belajar,” ucapnya lagi sebelum menuju acara In-Cosmetics Global yang berlangsung dari tanggal 16 hingga 18. April 2024.

Tampaknya Raisa berangkat saat cuaca musim dingin Paris masih tergolong dingin di bulan April. Dalam video call, ia mengatakan kunjungannya sangat seru. Hampir seluruh baliho yang ada menampilkan teknologi kecantikan terkini dengan mengutamakan aspek ramah lingkungan.

“Hi-tech banget, di sini kayak penuh bapak-bapak pengusaha sejati,” kata pelantun “Teristimewa” itu sambil melihat-lihat pameran.

Ia juga bertemu dengan Gilar Tilaar dari Martha Tilaar Group yang sudah puluhan tahun bergerak di bidang kosmetik dan kecantikan. Ia mengatakan dirinya hadir di acara tersebut sebagai juri dan menyatakan bahwa pameran tersebut mempertemukan seluruh pemasok bahan kosmetik di Paris untuk memamerkan teknologinya.

“Besar banget (eventnya), ribuan produk makeup dan skincare untuk kita coba,” lanjut Raisa. 

Tak hanya mencoba perawatan kulit dan kosmetik, Raisa juga mengikuti seminar. Salah satu topiknya terkait pemasaran yang menarik minatnya. Selain itu, istri Hamish Daud itu turut memperkenalkan produk parfum di aula khusus.

Menurut Raisa, kehadirannya di acara tersebut memberikan gambaran. Ia bahkan mengaku sudah dijadwalkan bertemu pemasok untuk makan malam. Pelantun Could It Be itu memasuki industri kecantikan dengan mendirikan brand bernama Raine Beauty pada tahun 2022.

Brand ini telah meluncurkan berbagai jenis produk riasan seperti lip balm, minyak bibir, dan pewarna kulit. Ia juga mengklaim Raine Beauty mengutamakan penerapan konsep ramah lingkungan dalam proses produksinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *