Impresi Touring Jakarta-Yogyakarta Pakai Yamaha NMax Turbo, Beneran Seenak Itu?
thedesignweb.co.id, Jakarta – thedesignweb.co.id juga mengikuti NMax ToUR BOemi Nusantara Tour yang diselenggarakan oleh Yamaha Indonesia pada 25-28 Juli 2024 dari Jakarta hingga Yogyakarta. Untuk perjalanan tiga hari tersebut, kami menggunakan Yamaha NMax Turbo Ultimate yang merupakan pilihan termahal.
Antonio Vidiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relations, PT Yamaha Indonesia Motor Factory (YIMM) mengatakan melalui tur ini peserta diajak menjelajahi keindahan alam dan budaya Indonesia, sekaligus membuktikan secara langsung fitur-fitur baru sepeda motor untuk penunjang jarak jauh. . kebutuhan dinamis.
Tak sebatas mengeksplorasi keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia yang terbentang dari barat hingga timur, tur ribuan kilometer juga menjadi momen pembuktian bahwa NMax ‘Turbo’ memiliki berbagai fitur canggih dalam berbagai jenis penaklukan. .” jalan raya di Indonesia,” kata Anton.
Tur ini menempuh jarak lebih dari 500 kilometer dalam kondisi jalan berbeda dengan kontur berbeda.
Mulai dari jalan perkotaan yang relatif dalam, jalur Pintura yang sepi, melewati tanjakan dan tangga terjal, biasanya di daerah pegunungan.
Sebelum kita masuk ke dalam kesan mobilnya, tidak ada salahnya untuk mengulas segala sesuatu yang berhubungan dengan Yamaha NMax generasi ketiga.
NMax terbaru hadir dalam empat (4) varian berbeda antara lain Neo, Neo S, Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate sebagai varian khusus. Harga yang ditawarkan mulai dari Rs 32 lakh hingga Rs 45 lakh.
NMax baru juga dibekali fitur konektivitas yakni Y-Connect. Untuk mengisi baterai smartphone pengendara selama berkendara, terdapat juga colokan listrik tipe C di pojok kiri sepeda motor.
Selain fitur-fitur di atas, sepeda motor ini juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya seperti sistem smart key, sistem stop and start, serta kapasitas bagasi yang besar untuk menampung barang bawaan pengendara.
Dari segi performa, NMax “TURBO” ditenagai mesin 155cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3 kW / 8000 Rpm dan torsi maksimal 14,2 Nm / 6500 RPM.
Untuk varian “Turbo” Frill dilengkapi dengan fungsi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional, serta Riding Mode yang menawarkan dua (2) mode berkendara yaitu T-Mode (Town Driving). dan juga S-Mode (Olahraga Touring).
Selain itu, terdapat juga fungsi Y-Shift yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah handle kemudi kiri.
Oke, sekarang mari kita bicara tentang tayangan berkendara. Saat pertama kali duduk di motor ini, rasanya seperti berada di model NMax sebelumnya. Posisi berkendara yang diusulkan menawarkan kenyamanan dengan posisi setir sedikit lebih tinggi dan posisi dua kaki dari berdiri hingga meluncur di dek.
Posisi berkendara ini memudahkan berkendara jarak pendek maupun jarak jauh. Dengan busa jok yang empuk dan lebar membuat berkendara semakin nyaman.
Selama perjalanan kami juga menguji teknik berkendara. Di jalanan perkotaan yang relatif padat, kami menggunakan mode T untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Kalaupun menggunakan mode T, performa yang ditawarkan cukup mepet. Kami juga sempat mencapai kecepatan 120km/jam di Jalan Pantai Utara yang panjang.
Kecepatan tersebut tentunya dicapai dengan bantuan fungsi Y-Shift. Seperti diketahui, Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara yang berbeda karena fungsinya membantu pengemudi untuk berakselerasi seketika seperti “Turbo” dengan 3 level yaitu rendah (1), sedang (2) dan tinggi (3). ) sehingga cocok untuk dioperasikan pada saat menarik ke depan, menikung atau mengendarai mobil.
Perasaan “turbo” yang diusulkan bukan sekadar tipuan. Fitur ini efektif untuk mempercepat sepeda motor.
Apalagi jika Anda menggunakan S-mode. Saat mode S diaktifkan, kecepatan mesin secara otomatis meningkat sebesar 1000 rpm. Jembatannya terasa ringan dan saat Anda berakselerasi menggunakan Y-Shift, kecepatannya terasa luar biasa.
Fitur ini paling efektif bila digunakan dengan posisi miring. Salah satunya yang terlihat seperti pendakian yang viral, yakni pendakian Kirklan saat rombongan menuju Diang.
Kami sengaja mengendarai sepeda ini dengan pelan. Artinya jangan mencari kecepatan dari bawah ke atas. Dengan mengaktifkan Y-Shift, Anda merasakan ada tenaga ekstra untuk membawa sepeda melewati lereng berdampak tinggi dengan mudah.
Beberapa teman kami pun mencobanya secara tandem dan lagi-lagi NMax Turbo mampu memecahkannya dengan mudah.
Dan menariknya, fungsi ini tidak hanya berguna untuk akselerasi saja, namun bisa digunakan untuk mengurangi kecepatan sepeda motor saat memasuki jalan menurun dan tikungan.
Ya, fitur ini menawarkan efek pengereman mesin layaknya sepeda motor manual. Dengan fungsi ini, keausan rem berkurang sehingga meningkatkan umur bantalan rem.
Saat melaju kencang dan fungsi Y-Shift diaktifkan dengan menekan tombol 1 hingga 3 secara cepat, putaran mesin langsung terasa terputus hingga kecepatan kendaraan berkurang, namun roda belakang tidak terkunci.
Oleh karena itu, penggunaan fitur ini saat menikung akan mengakibatkan performa pengereman yang buruk.
Karena sepeda motor kami dilengkapi dengan peredam performa yang berfungsi untuk meningkatkan handling dan kestabilan, membuat sepeda motor ini semakin asyik dikendarai.
Motor terasa lebih stabil saat menikung karena guncangan bisa diredam dengan baik dengan suku cadang yang masih didatangkan langsung dari Jepang.
Efeknya ban terasa lebih lincah di aspal dan meningkatkan kepercayaan diri Anda saat menikung. Kualitas rata-rata juga berlaku untuk aspal, karena tikungannya sangat nyaman.
Kejutan yang diberikan NMax Turbo tidak berhenti sampai disitu saja. Berkendara di malam hari kami cukup terkesan dengan cahaya lampu depan yang terang dan fokus.
Ini sungguh sangat berguna saat berkendara di malam hari. Dan kami juga kaget saat menyalakan lampunya.
Awalnya kami mengira desain lampu depan NMax terbaru ini agak aneh karena terlihat seperti benjolan di dahi. Namun, saat lampu high beam dinyalakan, ternyata benjolan tersebut memang efektif memberikan cahaya yang lebih efisien yang mampu menerangi jalan.
Jadi, kesimpulannya, NMax Turbo menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dari skutik pada umumnya, termasuk pendahulunya. Ini berkat teknologi YECVT, mode berkendara, dan fungsi Y-Shift.
NMax bisa dikatakan merupakan pionir skutik turbo yang mampu mengerem mesin. Fitur menyenangkan dan sangat membantu.
Namun dengan segala kelebihannya, pasti ada kekurangannya. Dari segi ketahanannya belum diketahui karena ini merupakan produk baru. Namun dari segi harga, banyak orang yang menganggapnya mahal karena mirip dengan harga Yamaha XMax 250 bekas.