Layanan Disabilitas di KRL Jabodetabek, Bagaimana Kata Pengguna?
thedesignweb.co.id, Jakarta Kereta Listrik Commuter Line (KRL) Jabodetabek telah menyiapkan fasilitas dan layanan yang sesuai bagi kelompok penyandang disabilitas. Lalu bagaimana pendapat para pengguna setia moda transportasi tersebut?
Penyandang disabilitas sejak memasuki stasiun sudah mengetahui bahwa fasilitas dan layanan disediakan untuk penyandang disabilitas. Dari panduan ubin; di area akses khusus bagi pengguna kursi roda.
Rodhi, salah satu penyandang disabilitas mengatakan, fasilitas ini sangat membantu dirinya dalam menggunakan KRL Jabodetabek.
“Ini sangat bermanfaat bagi teman-teman difabel yang bepergian dengan kereta api atau di stasiun,” kata Rodhi KAI Commuter melalui akun Instagram resminya, Senin (2/12/2024).
Selain peralatan pendukung, ia juga mengucapkan terima kasih atas kewaspadaan petugas yang bekerja di lapangan.
“Selain itu, saat kami bepergian, petugasnya cepat dan ramah membantu kami sehingga membuat kami merasa nyaman,” imbuhnya.
Sementara itu, kesan baik juga datang dari pengguna KRL reguler Jabodetabek. Meski ia tidak menyandang disabilitas, ia juga mengapresiasi adanya layanan yang berfokus pada kelompok ini.
“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan petugas. Seringkali ada virus yang membantu stasiun. Saya sering melihatnya di KRL,” kata Yosepha saat berbincang dengan thedesignweb.co.id.
Sementara itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus merinci berbagai fasilitas dan layanan bagi kelompok disabilitas. Dikatakannya, sejak 3 Desember 2019, KCI telah menyediakan ruang layanan difabel dengan nomor layanan khusus bagi pengguna disabilitas.
Beberapa penyandang disabilitas di stasiun menggunakan domba jantan portabel, kursi roda; ruang penyandang cacat di stasiun; blok panduan; buta dan tuli; Banyak pelatih juga memiliki ofisial yang memberikan pemberitahuan lisan dari stasiun terkemuka. Pada saat yang sama, jalur Penumpang memiliki kursi prioritas.
“Sebagai angkutan umum, layanan ini diperuntukkan bagi semua orang yang menggunakan commuter line, termasuk layanan bagi pengguna disabilitas,” kata Joni kepada thedesignweb.co.id.
“KAI Commuter memiliki SOP untuk memfasilitasi pelayanan prioritas bagi penumpang, termasuk penyandang disabilitas. Pelatihan Layanan Disabilitas KAI Commuter telah dilakukan kepada beberapa petugas di stasiun sejak tahun 2020,” tambah Joni.