THE NEWS Tren Minuman Kemasan, Padukan Rasa Baru dan Nostalgia sampai Promosi Lewat Aktivasi Menarik
thedesignweb.co.id, Jakarta. Tak terkecuali minuman kemasan yang mengalami proses perubahan, terkadang sangat cepat, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Mencermati pasar, bagaimana industri beradaptasi dengan industri minuman?
Manajer pemasaran Coca-Cola Indonesia, Jessica Harsia mengatakan, timnya fokus pada waktu konsumen mencari produknya. Misalnya FRESTEA, ujarnya kepada Lifestyle thedesignweb.co.id usai mengunjungi kawasan FRESTEA di Kota Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2024. “Kami melihat adanya perluasan di sini, konsumen minum lebih dari sekadar untuk menghilangkan dahaga mereka.”
Melihat tren dari sisi konsumen, lanjut Jessica, minuman kemasan laris manis saat hari raya saat konsumen sedang sibuk. “Itu lebih banyak pada target pasar kami, yaitu (masyarakat usia) 18-27 tahun,” ujarnya. Mengetahui waktu makan pelanggan, kata dia, memungkinkan perusahaan mengetahui cara mengembangkan produk.
Di antara banyak rencananya, perusahaan mengatakan akan terus menambah basis produknya. Selain itu, merek tersebut memperkenalkan varietas FRESTEA Lemon dan Lemongrass. Mengapa Anda harus memilih wewangian ini?
Jessica menjawab: “Kami terus mencari rasa baru untuk memenuhi (karakteristik) pelanggan FRESTEA dan ternyata FRESTEA tidak memiliki rasa jeruk.” Menurutnya, pilihan rasa baru ini akan menambah pilihan, bukan mengubah variasi.
Selain inovasi, perusahaan juga menghilangkan nostalgia dengan menghadirkan kembali minuman nikmat. “Tergantung pembeli dan penjual mau apa. Itu (varian Markisa) sangat digemari,” ujarnya.
Dengan mempererat komunikasi mengenai kedua produk tersebut, pihak melakukan hal serupa seperti rencana penjualan Jessica. Mereka membuka kawasan FRESTEA sebagai bagian dari kampanye #Taste of Temenan di Food Society, Kota Casablanca, Jakarta pada tanggal 23 September hingga 6 Oktober 2024.
“Kami memilih tempat dengan mobil (sebagai) target pasar FRESTEA,” kata Jessica. “Tujuannya kami ingin menjelaskan bahwa FRESTEA punya gaya baru. Makanya masyarakat bisa mencoba produk kami secara gratis, mereka bisa memilih lemon dan serai atau markisa secara gratis.”
“Kemudian ada studio foto, karena kita tahu ini sedang tren di kalangan anak muda. Nanti sepertinya bisa menggunakan stiker. Jadi ada oleh-oleh untuk dibawa pulang. Pelanggan eksklusif dari FRESTEA,” ujarnya seraya menambahkan berbagai kegiatan ini tersedia secara gratis.
Ini bukan pertama kalinya mereka melakukan hal menarik. Tahun lalu, brewery tersebut memperkenalkan “Fresh Break Zone” di Senayan Park (Spark) Jakarta Pusat pada tanggal 6 hingga 15 Oktober 2023.
Selama waktu ini, para tamu diajak untuk mengikuti perjalanan seru melalui berbagai zona untuk merasakan suasana Fresh Break secara gratis. Kampanye ini terinspirasi dari efek positif ketika seseorang beristirahat dari berbagai tugas sehari-hari.
Acara ini menawarkan berbagai kegiatan, termasuk akses ke #FreshBreak Zone, sampel produk, dan kesempatan memenangkan hadiah menarik. Menurut Jessica, FRESTEA mencoba memahami bahwa generasi muda di Indonesia memiliki gaya hidup yang sibuk sehingga penting bagi mereka untuk beristirahat sejenak untuk bermukim.
“Misi kami menginspirasi generasi muda untuk menikmati liburan menyenangkan yang dipadukan dengan minuman dingin,” ujarnya di Senayan Park, Jumat, 5 Oktober 2023. “Sebagai bagian dari pengumuman kami, FRESTEA adalah wadah bagi generasi muda khususnya masyarakat. Banyak kegiatannya, Anda bisa merasakan nikmatnya liburan.”
Mereka bermitra dengan aktivis pemuda Fuji Ahn untuk menginspirasi generasi muda agar mengubah cara mereka pensiun dan berkembang. Sebagai pembuat konten, Fuji memiliki kesibukan sehingga ia memahami pentingnya downtime.
Di Fresh Break Zone, perjalanan pengunjung diawali dengan Tension Zone yang menampilkan stres yang dihadapi anak muda setiap hari. Perjalanan dilanjutkan dengan Zona Sensorik, di mana pengunjung dapat melihat, mendengar, menyentuh, dan merasakan momen penyembuhan dalam suasana yang intim.
Sekarang giliran Fresh Break Zone. Di kawasan ini, pengunjung bisa melepas kepenatan hanya dengan bergerak. Terdapat headphone untuk mendengarkan musik yang memungkinkan mereka bergerak bebas dan menari di depan cermin besar yang mampu menangkap siluet merah, hijau, biru (RGB) para tamu.
Selain itu, ada Epic Immersive Zone yang membawa para tamu ke berbagai destinasi wisata menarik di beberapa negara, seperti Turki, Maroko, dan Jepang. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan Sumba terutama pantainya yang indah.
Terakhir ada Fresh Games Zone yang pengunjung diajak untuk memenangkan berbagai hadiah permainan. Pengunjung berkesempatan memenangkan ribuan hadiah dengan memindai kode QR di bagian belakang tas Frestea.