Otomotif

Toyota Sebut Penjualan Mobil di Dua Wilayah Ini Naik di Tengah Lesunya Pasar

thedesignweb.co.id, Jakarta – Penjualan mobil dalam negeri pada paruh pertama tahun 2024 mengalami penurunan yang sangat signifikan. Tercatat, jumlah unit yang diperoleh mencapai 408.012 unit. Angka tersebut turun 19,43% dibandingkan 506.427 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Menurut Anton Jimi Suwandi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), penjualan Toyota juga mengalami penurunan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Namun ada dua wilayah yang penjualannya sangat stabil dan meningkat.

“Penjualan menurun di seluruh provinsi kecuali dua wilayah tertentu: Kalimantan Timur dan Bali,” jelas Anton Jimi dari Semarang, Jawa Tengah.

Dia mengatakan Bali merupakan daerah yang paling lambat pulih pasca virus corona. “Tapi pemulihannya berjalan stabil. Jadi sepertinya sektor pariwisata (yang paling tumbuh) kemungkinan akan tumbuh terakhir (sektor otomotif). Jadi Bali masih tenang,” imbuhnya.

Sementara di Kalimantan Timur, pembangunan Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) juga turut menyumbang peningkatan penjualan mobil. Bahkan, peningkatan penjualan tidak hanya terjadi di Kalimantan Timur saja, tapi juga banyak wilayah sekitarnya.

“Kalimantan Timur dan sekitarnya masih berkembang. Jadi menurut saya Kaltim mungkin karena IKN Konstruksi sudah banyak memberikan investasi di daerah setempat, termasuk daerah sekitarnya seperti Palu akan menjadi salah satu daerah pengisi bahan dan makanan,” kata Anton.

“Karena di Kalimantan tidak mudah untuk membeli makanan. Jadi makanannya datang dari daerah lain dan yang terdekat dari daerah Palu. Jadi pasarnya di daerah sekitar IKN juga berkembang , itu sepeda juga,” lanjutnya.

 

Sayangnya, kami belum bisa memastikan seberapa besar pertumbuhan yang terjadi di kedua wilayah tersebut. “Saya tidak bilang bagus. Tapi dibandingkan penurunan perusahaan lain, masih tumbuh. Ya menurut saya masih bagus,” ujarnya.

Dari segi model, penjualan di Kaltim didominasi model kendaraan niaga ringan seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

“Jadi di wilayah Kalimantan, Hilux sangat kuat baik di roda empat maupun roda empat. Jadi kami berharap Langa bisa merevitalisasi pasar. Jadi yang paling banyak adalah Hilux dan Mitsubishi. Ini dua mereknya,” pungkas Anton .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *