Otomotif

KTM Luncurkan Model Baru 1390 Super Adventure R

thedesignweb.co.id, Jakarta – KTM melanjutkan inovasinya dalam pengembangan sepeda motor petualangan berteknologi tinggi dengan meluncurkan model 1390 Super Adventure R 2025. Selama ini merek asal Austria tersebut hanya memperlihatkan model barunya tanpa menjelaskan spesifikasi teknisnya. 

Sepeda motor tersebut akan diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada tahun 2026. Pada saat yang sama, ia akan mulai dijual untuk pertama kalinya di Eropa tahun depan.

Meski KTM belum mengumumkan secara resmi detail motornya, namun berbagai bocoran perlahan mengungkap detail motor tersebut.

Setidaknya itu memberi kita gambaran tentang performa dan fitur yang ditawarkan. 

Mesin 1390 Super Adventure R kemungkinan besar sama dengan mesin 1350cc 75 derajat V-twin yang digunakan pada Super Adventure, Super Adventure S, dan 1390 Super Duke R Evo. 

Pada Super Duke R Evo, mesin ini menghasilkan tenaga 190 tenaga kuda dan torsi 107 pound-feet, sedangkan Super Adventure S menghasilkan 173 tenaga kuda dan torsi yang sama. Sebagai perbandingan, model sebelumnya, Super Adventure R 2024 1290, menghasilkan 160 tenaga kuda dan torsi 102 pon-kaki.

KTM menegaskan mesin barunya ini mampu menghasilkan tenaga bertenaga dan torsi tinggi untuk performa kelas menengah. 

Fitur penting lainnya adalah teknologi electronic cam shift, yang secara otomatis menyesuaikan durasi dan tinggi pengangkatan katup masuk untuk memastikan performa mesin optimal berdasarkan kondisi pengoperasian mesin. Teknologi tersebut beroperasi pada kecepatan 5.750-6.000 rpm.  

 

KTM kemungkinan akan menawarkan Super Adventure R dengan opsi transmisi manual otomatis (AMT). Namun versi R yang didesain untuk penggunaan off-road berat bisa memiliki tuas kopling.

Super Adventure R diharapkan menggunakan rangka baja yang sama dengan Super Adventure S 2025. Namun suspensi semi aktif pada model S akan digantikan dengan suspensi WP Xplor yang lebih ramah jalan dan peredam kejut PDS yang dapat disetel sepenuhnya. 

Model R memiliki velg berbeda dengan velg depan tubeless 21 inci dan velg belakang 18 inci. Belum ada kabar mengenai perubahan suspensi spesifik dibandingkan model 2024. 

Namun, KTM biasanya melakukan sedikit perubahan pada suspensinya pada setiap pembaruan model, sehingga garpu dan shock dapat ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan tenaga motor.

KTM juga memperbarui desain Super Adventure R, termasuk posisi footpeg yang lebih rendah dan lebar serta setang yang lebih lebar. Selain itu, model tersebut memiliki desain tengah yang lebih ringan dan lampu depan baru yang terlihat lebih tajam.

Penggemar dan pelanggan di AS harus menunggu lebih lama, karena sepeda motorcross tidak akan tersedia di Amerika Utara hingga setahun setelah debutnya di Eropa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *