Sisternet XL Axiata Gelar Kompetisi Modal Pintar 2024 untuk UMKM Perempuan, Berhadiah Rp 115 Juta
thedesignweb.co.id, Jakarta – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali meluncurkan Kompetisi Modal Cerdas (KMP) melalui Sisternet, sebuah inisiatif untuk mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan hingga tahun 2024. . . Indonesia.
Kompetisi Smart Capital 2024 menghadirkan inovasi baru melalui kerja sama dengan Pendopo, unit bisnis Kawan Lama Group yang berkomitmen memilih produk lokal dan melestarikan budaya Indonesia.
Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung para pemeran perempuan MKB dalam segala aspek.
Kompetisi dan Pemenang KMP 2024
Tahun ini, KMP 2024 diikuti oleh 1.700 perempuan peserta UMKM dari seluruh Indonesia.
Diantaranya, terpilih 20 finalis yang memperebutkan total hadiah Rp 115 juta. Pemenang kontes:
Juara 1: Intan Rahmaningtyas (Lesteri Jamuku, Jakarta) – kategori F&B.
Juara 2: Eva Sari Tampubolon (Pagilol, Denpasar) – kategori Aksesoris.
Juara 3: Fauzia Puspa Lestari (Gulali Buku, Bandung) – Kategori Pendidikan.
Juara 4: Asmita (Hijasmita, Jakarta) – Kategori Fashion.
Kompetisi penjurian dilaksanakan di Pendopo Living World Alam Sutera, Tangerang pada Kamis (28/11/2024).
Arifatul Choiri Fauzi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, serta Dian Siswarini, Presiden dan CEO XL Axiata, hadir dalam acara tersebut.
Dalam sambutannya, Menteri Arifatul Choiri Fauzi menekankan pentingnya kewirausahaan perempuan dalam pembangunan ekonomi inklusif.
“Perempuan adalah tulang punggung usaha kecil dan menengah. Sinergi antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat dapat menciptakan akses yang lebih baik terhadap modal dan sumber daya. – Kita dapat menciptakan kemandirian finansial dan berkontribusi terhadap pembangunan negara dengan mendorong kreativitas perempuan dan anak perempuan.
Sementara itu, Dian Siswarini, Presiden dan CEO XL Axiata, menambahkan sejak diluncurkan pada tahun 2021, kompetisi Smart Capital telah mendukung lebih dari 4.000 UKM binaan.
Kemajuan signifikan telah dicapai dalam peningkatan pendapatan sebesar 13% dan digitalisasi sebesar 75%.
“KMP bukan sekedar kompetisi, tapi kesempatan bagi perempuan pelaku UKM untuk memperluas wawasan dan jaringan usahanya,” kata Dian.
Sebagai bagian dari kemitraan, Pendopo akan mengadakan pelatihan khusus untuk mempersiapkan para finalis memasuki pasar ritel.
Pelatihan tersebut mencakup aspek-aspek penting seperti standar produk, pengemasan, branding dan manajemen bisnis.
Direktur Pendopo Tasya Vidya Krisnadi mengungkapkan optimismenya terhadap kerja sama ini.
“SUMMIT merupakan pilar penting perekonomian Indonesia. “Kami berharap kerjasama ini dapat mendorong produk-produk buatan perempuan lokal mampu bersaing di pasar nasional dan internasional,” kata Tasya.
Pendopo juga membuka peluang bagi peserta KMP 2024 untuk menjadi tenant di gerai ritelnya sehingga memperluas akses pasar konsumen yang lebih luas.
PT XL Axiata Tbk terus mendukung pemberdayaan perempuan khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui program Sisternet.
Program ini memberikan akses terhadap teknologi dan layanan digital yang dirancang untuk membantu perempuan meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan daya saing mereka dalam lingkungan kompetitif era digital.