Penjualan Matahari Sentuh Rp 9,48 Triliun hingga kuartal III 2024
thedesignweb.co.id, Jakarta – Department store PT Matahari Tbk (LPPF) berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp 9,48 triliun pada kuartal III 2024, dengan laba bersih tetap stabil di angka 34,6%. EBITDA tercatat sebesar Rp1,081 triliun dan juga berhasil mencapai target EBITDA sebesar Rp1,2 triliun di akhir tahun.
“Kami berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan situasi konsumen dan lanskap bisnis ritel,” kata Monish Mansukhani, CEO Matahari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/3/2024).
“Dengan berfokus pada inovasi produk dan pengalaman berbelanja pelanggan di toko, kami berharap dapat memperkuat posisi kami di pasar dan terus membangun hubungan jangka panjang dengan berbagai platform pelanggan kami.” dia menambahkan.
Proses ini menunjukkan bagaimana Matahari berupaya mengadaptasi strategi pemasaran dan brandingnya terhadap perubahan tren konsumen dan fokusnya pada keunggulan operasional.
Beberapa inisiatif strategis seperti peningkatan produk, perluasan merek, dan optimalisasi gerai dirancang untuk meningkatkan daya tarik Matahari terhadap segmen pelanggan baru dan meningkatkan efisiensi bisnis jangka panjang.
Matahari terus mendedikasikan sumber daya untuk memperkuat kemampuan pemasaran dan talenta baru untuk mendorong inovasi dan kemampuan beradaptasi.
Perseroan saat ini sedang mengoptimalkan distribusi ruang untuk meningkatkan produktivitas pelanggan pengantaran sekaligus menciptakan ruang untuk produk merek khusus.
Pengembangan merek SUKO mewakili pendekatan strategis ini, dengan rencana untuk memperkenalkan merek-merek eksklusif baru dengan tampilan berbeda dan fokus pada pelanggan muda dan baru.
Riset pasar yang mendalam dan strategi keterlibatan pelanggan mendorong upaya ini, dan Matahari menggunakan wawasan dari saluran-saluran utama seperti media sosial, pemimpin opini utama, dan acara sosial untuk menjadikannya tepat dan menarik.
Pendekatan ini memberikan peluang untuk meningkatkan kesadaran dan menciptakan penawaran produk yang disesuaikan bagi pelanggan.
Berfokus pada penguatan jaringan gerainya, Matahari sedang mempertimbangkan perubahan pada portofolio gerainya. Hal ini termasuk memilih toko-toko baru dan dapat mengurangi jumlah toko-toko yang kinerjanya buruk.
Matahari saat ini sedang memantau kinerja 20 toko yang masuk dalam daftar pengawasannya dan berencana menutup 13 toko pada tahun ini.
Selain itu, rencana pembaruan toko strategis sedang dilakukan, mengikuti peningkatan metrik kinerja.
Selain kehadiran toko fisik, strategi omni-channel Perusahaan terus berkembang, dengan lebih dari tiga perempat penyedia pengiriman kini terintegrasi melalui portal pemasok Matahari, dan memperluas variasi produk yang tersedia secara online.
Perusahaan telah memperluas jangkauan pasarnya dengan membuka toko resmi di saluran e-commerce terkemuka lainnya. Selain itu, pasar Shop & Talk Matahari juga mengalami pembaruan yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman belanja online.