Triumph Tiger Sport 800 Resmi Mengaspal, Simak Kelengkapannya
thedesignweb.co.id, Jakarta – Triumph Tiger Sport 800 model tahun 2025 resmi diluncurkan. Tourer sport terbaru Triumph Motorcycles mengisi segmen antara model 660 dan 900.
Jika bukan karena grafis besar ‘800’ di sisi tangki, Anda mungkin mengira itu adalah Tiger Sport 660. Karena secara visual keduanya sama. Spatbor depan, sepatbor, dan tutup tangki bahan bakar serupa.
Perbedaan paling mencolok terlihat pada selubung radiator yang lebih besar. Tiger Sport 800 juga mendapat sistem pembuangan baru.
660 lebih pendek dan berada di bawah ceruk lengan ayun, sedangkan knalpot ditempatkan di belakang ruang kaki penumpang.
Namun, terlepas dari kesamaannya, Tiger Sport 800 memiliki tenaga 40 persen lebih besar dibandingkan versi 660, menjadikannya salah satu sepeda motor touring sport paling menarik di lini produk perusahaan.
Tiger Sport 800 ditenagai oleh mesin Inline-Three 798cc baru. Ia mendapat peningkatan tenaga sebesar 20 persen dan tambahan 33 hp dibandingkan versi 660 yang identik secara visual. mengelola.
Output tenaga maksimumnya adalah 113 hp. 10.750 rpm. Sementara torsi maksimumnya 84 Nm pada 8.500 rpm.
Menurut pabrikan, 90 persen torsinya bisa dicapai di kisaran menengah. Ini juga merupakan peningkatan pada Tiger Sport 660 yang bertenaga 63 Nm pada 6.250 rpm.
Peningkatan produktivitas diperoleh dari ukuran bore x stroke yang berbeda. Sementara Tiger Sport 660 berukuran 74 dan 51.1mm, Tiger Sport 800 lebih besar yaitu 78.0mm x 61.9mm dan memiliki rasio kompresi 13:1.
Mesin tersebut dikawinkan dengan girboks enam percepatan dan dilengkapi kopling bantuan selip serta pemindah gigi cepat untuk pergantian gigi tanpa kopling.
Tenaga yang dihasilkan Tiger Sport 800 berada di antara Ducati Multistrada V2 dan Yamaha Tracer 9 GT+. 111 HP dan 117 HP.
Ia menawarkan tiga mode berkendara: Sport, Road dan Rain. Tiap mode ditenagai sistem ABS dan kontrol traksi yang didukung IMU enam sumbu. Perubahan cepat ke atas dan ke bawah dan kontrol jelajah juga merupakan standar.
Semua pengaturan elektronik ditampilkan pada layar warna TFT kecil yang terintegrasi dengan layar LCD. Sistem Konektivitas My Triumph standar menawarkan navigasi belokan demi belokan, panggilan telepon dan musik melalui koneksi Bluetooth ke smartphone.
Sorotan lainnya termasuk pencahayaan LED penuh, kaca depan yang dapat disesuaikan dengan satu tangan, tangki bahan bakar 18,5 liter, dan bobot basah 214kg.
Dengan dimensi mesin yang sama, Tiger Sport 800 menggunakan sasis dan swingarm yang sama dengan 660. Ketinggian kursi ini tetap pada 835mm, sehingga dapat diakses oleh banyak pengendara.
Meski rangka dan swingarmnya sama, Tiger baru menggunakan suspensi premium. Peredam kejut Showa dipasang, memberikan ground clearance 150mm di depan dan belakang.
Bagian depan menggunakan tipe inverted 41mm yang dapat disetel sepenuhnya dan bagian belakang menggunakan monoshock dengan penyesuaian redaman dan pengatur preload hidrolik di bagian belakang.
Sistem pengeremannya mengusung branding Triumph, dengan kaliper radial empat piston kembar dengan cakram 310 mm di roda depan, dan kaliper geser piston tunggal dengan cakram tunggal 255 mm di roda belakang. Peleknya menggunakan model palang 5 berukuran 17 inci yang dibalut karet Michelin Road 5.
Triumph Tiger Sport 800 hadir dalam tiga varian warna; Biru Kaspia, Kuning Luar Angkasa dan Grafit. Ketersediaannya berbeda-beda menurut wilayah atau negara.
Diharapkan akan tersedia di dealer pada Maret 2025. Secara khusus, Triumph Tiger Sport 800 untuk pasar AS dibanderol dengan harga $12.620 (Rs 196 crore).
Sumber: Oto.com