Seleb

Ernest Prakasa: Tersingkir dari SUCI 2011 adalah Fase Terendah dalam Hidupku

Liputan6.com, nyatanya profesi Ernest Perkasa di Jakarta memang sulit diapresiasi. Pasalnya, hampir semua posisi di dunia hiburan, khususnya perfilman, telah disandangnya. Mulai dari aktor, sutradara, komedian, penulis, produser hingga penyiar radio, ia patut mendapat pengakuan.

Lahir pada tanggal 29 Januari 1982 di Jakarta, Ernest Perkasa merupakan putra dari Wahidi Hidayat dan Jenny Lim. Ia memiliki darah Tionghoa dari garis keturunan ibunya. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, beliau melanjutkan studi di Universitas Katolik Parhyangan Bandung. Namun Ernest mengundurkan diri untuk menyelesaikan gelar Sarjana Hubungan Internasional di Universitas Padjadjaran.

Semasa kuliah di kota Bandung, Ernest memulai karirnya sebagai music Director di Radio Paramuda Bandung (Januari 2001). Pada bulan Agustus 2001, Ernst memulai pekerjaan baru di Universal Music dan menjadi Asisten Direktur Sony BMG Indonesia. Pada bulan Mei 2008, Ernst Dr. SAYA

Ernest memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya pada Agustus 2011 ketika dia mengikuti audisi untuk musim pertama stand-up comedy Indonesia Compus TV. Meski hanya finis ketiga di ajang tersebut, namun jurus-jurus Ernst terbukti sangat jitu.

Bersama Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, Isman H. Suryaman dan Ryan Adriandhy, Ernest mendirikan Stand Up Indo, komunitas komedian tunggal pertama di Indonesia. Ernst juga ditunjuk sebagai presiden pertama komunitas tersebut hingga Juni 2013.

Ernst merupakan komedian solo pertama yang melakukan tur solo komedi pada tahun 2012. Tur bertajuk Merim Melek ini mengunjungi 11 kota di Indonesia dan berakhir pada 10 Juli 2012 di Gedung Kesenian Jakarta. Pada November 2013, Ernst memulai tur keduanya. berkeliling 17 kota dan ditutup kembali pada tanggal 25 Januari 2014 di Gedung Kesenian Jakarta.

Dua tur berikutnya yang dilakukannya adalah Happines pada tahun 2015 dan Halfway pada tahun 2017, masing-masing dari Sumatera hingga puluhan kota di Sulawesi.

Soal kehidupan pribadi, Ernst menikah dengan Mira Anastasia pada 2007. Saat itu Ernst memutuskan menikah dengan pria muda di usia 25 tahun dan istrinya saat itu berusia 24 tahun. Mereka dikaruniai dua orang anak bernama Sky Terra Solana dan Snow Arrow Arashi.

Tidak cukup menjadi stand-up comedian, Ernst kemudian merambah ke industri film sebagai aktor, di mana ia berperan dalam McMoney, Comic 8, Kokiger Cinta K Negiri Sena, CJR The Movie, dan Rudy Habibi, antara lain.

Pada tahun 2013, Ernest Prakasa mulai menunjukkan bakat menulis barunya dengan menerbitkan buku berjudul Ngenest-Ngetawain Life Ala Ernest. Buku tersebut kemudian diadaptasi menjadi film berjudul sama oleh Rumah Produksi Star Vision Plus. Di sini ia juga berperan sebagai salah satu karakter dan sutradara.

Pada bulan Desember 2016, Ernst merilis film keduanya sebagai penulis dan sutradara, Cek Toko Sebelah. Film ini memperoleh lebih dari 2,6 juta penonton dan memenangkan Film Terbaik di Penghargaan Film Box Office Indonesia, Festival Film Bandung, dan Penghargaan Aktor Film Indonesia. Juga dalam kategori Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia, Piala Maya, Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Box Office Indonesia.

Pada bulan Desember 2017, Ernst merilis film ketiganya sebagai penulis dan sutradara, Sousa Signal, kali ini ditulis bersama istrinya Mira Anastasia. Film ini meraih lebih dari 2,1 juta penonton dan meraih tiga piala Penghargaan Film Box Office Indonesia, termasuk Penghargaan Skenario Terbaik.

Dengan kesuksesan tersebut, Ernst mampu mencetak rekor sapu bersih pada kategori Skenario Terbaik di Penghargaan Film Box Office Indonesia selama tiga tahun berturut-turut.

Sejauh ini ia telah berakting di sekitar 30 film Indonesia. Dari jumlah tersebut, ia telah bekerja sebagai produser dan sutradara untuk 8 film dan sebagai penulis skenario untuk 12 judul.

Setelah bekerja dengan rumah produksi Star Vision Plus pada tahun 2015 hingga 2022, Ernest memutuskan untuk memulai rumah produksi sendiri bernama Imaginari bersama Deepa Andika.

Melalui Imaginary Pictures yang ia dirikan, dua filmnya, Falling in Love Like in the Films dan Almost Lane, mendapat pujian kritis: Falling in Love Like in the Films berhasil meraih tujuh Piala Cetra di Festival Film Indonesia 2024, sementara Melainkan Jalur. menjadi komedi Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 9,1 juta penonton.

Jadi apa yang akan dilakukan Ernst secara berbeda dengan Imaginari di tahun 2025? Berikut petikan wawancara Ernest Prakasa dengan Wayan Dianaanto di acara Bincang Liputan6.

 

Bagaimana rasanya mendapatkan Piala Antimas dan Piala Setra Utma untuk Film Panjang Terbaik dalam semalam?

Mungkin terkesan tidak masuk akal bagi seorang PH yang baru saja merilis film debutnya Ngeri-Ngeri Sedap pada tahun 2022 ini. Dua tahun kemudian, berada di posisi tersebut tentu tidak terbayangkan.

Tapi kemudian, kita berusaha untuk tidak melupakan bumi, artinya apapun prestasi yang kita raih, apapun penghargaan yang kita terima, jangan lupakan nilai-nilai inti kita, jangan lupakan cita-cita kita, kembalilah membumi, fokus kembali .

Jangan biarkan apa pun menghalangi Anda. Ini sangat penting.

Saat melangkah ke karpet merah FFI, berapa Piala Citra yang ingin Anda menangkan?

Saya memperkirakan dua dari 11 nominasi. Saya prediksi 2, saya prediksi skenario terbaik bersama Nareena aktris terbaik, jujur ​​​​saya sangat yakin akan hal itu. Namun ternyata ada yang lebih dari itu.

Ternyata 7 kemenangan dan 4 kategori akting semuanya terhapus kan?

Ya, untuk pertama kalinya dalam sejarah FFI, film yang sama memenangkan keempat kategori akting pemeran utama pria dan pendukung pria. Bukan hanya mereka berempat saja yang pasti tapi juga Andy Lawrence selaku sutradara, apa saja kemampuannya?

Karena saya juga seorang produser ketika saya memutuskan untuk bekerja dengan Yandy Laurens, salah satu tujuan saya adalah belajar, jujur ​​​​saya ingin belajar darinya, apa yang dia lakukan, saya bisa belajar.

Dan salah satunya ada hubungannya dengan akting, dia adalah sutradara yang membuat membaca menjadi luar biasa, begitu fokus sehingga para aktor mengurung diri di rumah selama berhari-hari untuk membaca. Untuk benar-benar bangun dan tidur kembali, satu-satunya hal yang perlu dilakukan adalah membaca. Tapi ya, hasilnya seperti yang teman-teman lihat.

Tapi kategori sutradaranya agak kurang ya?

Menurut saya kalau melihat perbandingannya dengan Samsara, mungkin menurut saya para juri bisa melihat betapa sulitnya Samsara yang menurut saya secara teknis luar biasa.

Tingkat kesulitan teknisnya ada, jika JCSDF mungkin hanya mengarahkan aktor di ruangan kecil maka aktornya tidak banyak. Kalau penyutradaraan Samsara akurat, saya lihat di JAFF kemarin, wah, bagus sekali.

Jadi menurut Anda terlalu cepat jika ada produser baru di industri perfilman Indonesia yang tiba-tiba meraih 9,1 juta penonton, lalu tiba-tiba Piala Antemas dan Piala Citra sama-sama ludes terjual?

Kalau ditanya apakah kami merasa sedang terburu-buru, ya, karena siapa sangka, faktanya kami mencoba membuat film yang kami sukai, kami menyiapkan skrip, tidak. menurut. Tren, kita tidak mencari apa yang laku, kita tidak mencari apa yang menjadi viral.

Bukan berarti salah, tapi karena sudah banyak orang yang melakukannya, yuk coba yang lain. Cobalah untuk menemukan kegembiraan dengan melakukan sesuatu yang baru yang belum pernah dilakukan orang lain. Bukan perbedaan, tapi itulah yang membuat kami puas dengan hasil kerja kami, sesederhana itu.

Jadi menurut saya, kita mungkin berada dalam situasi seperti ini, kita tidak memperkirakannya sama sekali, tapi sekaligus tidak mengubah arah kita, dalam hal menjadikan Imaginari sebagai PH terbesar di Indonesia. dalam 10 tahun ke depan.

Kami tidak pernah melakukannya, kami tidak memiliki arah untuk sampai ke sana. Bahkan kita berani mengatakan, tahun 2024, menurut saya, akan menjadi tahun yang sangat sibuk. Jadi kami ingin menguranginya menjadi dua film pada tahun 2025, jadi kami hanya dapat membuat paling banyak dua film.

Tepat?

Benar sekali, Imaginari akan merilis dua film tahun depan. Tapi ada sedikit disclaimer karena kami di dalamnya untuk mendukung teman-teman. Karena begitu kami luncurkan di jejaring sosial, kami masing-masing berpartisipasi, Imaginary juga mendukung dua proyek yang tidak kami produksi sendiri, yaitu film pertama Pig, film berikutnya Andy Lawrence, kami juga mendukungnya, meski tidak banyak. , termasuk musikal AADC.

Warna dan cinta?

Ya Ranga dan Cinta, kami juga mendukung musikal Ranga dan Cinta karena ingin tahu seperti apa, siapa tahu suatu saat kalau kami membuat musikal, kami mungkin punya ilmu.

Apakah ada bocoran mengenai Ranga dan Cinta?

Sebagai orang yang hanya berpartisipasi sedikit, saya tidak bisa mengungkapkan apa pun. Bahkan saya berani bilang begitu karena kemarin di JAFF, Mbak Mira mengumumkan kalau partnernya, Rangga dan Cinta, sama-sama termasuk Imaginari. Jadi kita dukung apapun yang kita bisa, yang pasti kita dukung Ambak Meera dan Mas Riri sebagai sutradara.

 

Usai mampir ke toko nomor 2 sebelah, Ernest Prakasa berpamitan dengan pabrikan Star Vision yang membesarkan namanya. Lalu menurutku Anda tidak lagi menyutradarainya?

Sebenarnya bulan lalu saya menyutradarai film pertama saya dengan Imaginari, tapi film itu tidak keluar. Jadi bisa diumumkan oleh pemangku kepentingan paling cepat tahun 2025, jadi saya tidak mau terlalu jauh ke depan.

Tapi film pertamaku di Imaginari bukanlah sebuah film. Karena saya sudah lama berbicara tentang melakukan proyek yang tidak akan ditayangkan di bioskop. Jadi film fitur pertama saya dengan Imaginari sedang dalam pengembangan. Saya punya beberapa ide yang sedang saya jelajahi jadi saya belum tahu, saya tidak tahu kapan.

Mempertimbangkan untuk tidak menayangkannya di bioskop? Apakah ini pertama kalinya?

Ya, benar, pertama kali. Tidak ditayangkan di bioskop karena percakapan saya dengan mereka masih berlangsung karena kami tidak beroperasi selama pandemi. Nah, di masa pandemi ini saya punya ide, lucunya saya punya ide seperti itu lalu mereka langsung mengerjakannya.

Tapi saat itu sedang terjadi epidemi, bukan? Jadi begitu pandemi berakhir, saya kembali sibuk dengan pekerjaan produksi di Imaginari. Jadi, setelah kita dapat menentukan timeline-nya, mari kita mulai mengerjakan proyek yang telah kita bicarakan sejak akhir tahun 2021. Syutingnya baru akan dilakukan pada bulan November 2024.

Sebagai seorang aktor, penulis skenario, sutradara dan produser, apa yang paling memberi Anda kepuasan?

Kenyamanan itu ringan atau karena ada pula yang berat namun bermanfaat. Memang sulit, tapi membandingkan pekerjaan dengan kesenangan ketika hasilnya diterima dengan baik, jadi kalau mau dibilang tidak nyaman, itu kurang tepat. Hanya saja kalau aku mau menyelesaikannya, mungkin buat aku pribadi itu yang tersulit, sesulit apapun itu, kalau aku mau menyelesaikannya, pasti itu tingkat kesulitan yang paling rendah buat aku dalam berakting.

Mengapa? Karena proses ini lebih singkat dibandingkan yang lain. Tiga profesi sisanya membutuhkan banyak komitmen, waktu dan tenaga. Jika kita bertindak, berapa lama kita bertindak? Satu bulan bisa untuk masa persiapan, maksimal dua bulan, dan seterusnya. Tentu saja, orang lain mungkin tidak secepat itu.

Bagian tersulitnya pasti produksinya karena memakan waktu lama, mulai dari pembuatan naskah, produser terlibat aktif dengan penulis hingga tayang, yang seringkali memakan waktu lebih dari setahun. Kami pertama kali mulai menulis sampai filmnya keluar.

Contohnya saat ini saya sedang syuting, misalnya Just Die karya Christo Emmanuel yang baru akan syuting pada Februari 2025, saya belum bisa cerita untuk penayangannya, tapi begitulah prosesnya. Ini sedikit mirip dengan Jalur 2 yang sedang kami kembangkan. Jadi proses ini sangat lama.

Kedua, tentu saja penyutradaraan adalah proses yang sangat sulit karena menurut saya tuntutan menjadi sutradara sangat sulit, karena banyak hal yang harus dilakukan dari sudut pandang kreatif. Ibaratnya Anda harus memikirkannya, mungkin Anda harus memikirkan segalanya dan punya jawaban untuk semua orang.

Orang-orang akan mempertanyakan apakah kami direktur atau bukan. Tim makeup bertanya, kostumnya seperti apa? Kelompok artis bertanya apa yang ingin Anda lakukan dengan itu? Kamera bertanya apa yang kamu inginkan? Dan menurut saya, merupakan profesi yang sangat sulit untuk mendapatkan jawaban bagi semua orang tersebut.

Seperti kamus portabel, bukan? Apa selanjutnya?

Orang ketiga adalah penulis. Ini juga sulit bagi penulis, karena penulis hanya perlu mengkhawatirkan dirinya sendiri. Bandingkan saja dengan laptop, bukan? Walaupun kudengar, misalnya di drama Korea, tim penulisnya banyak sekali.

Namun menurut saya, menulis di satu sisi adalah sebuah tantangan namun di sisi lain merupakan suatu kehormatan bagi kita untuk bisa menjaga integritas dalam berkarya. Ini naskahku, ini naskah yang aku tulis sendiri, ini sungguh suatu kehormatan. Jadi ya, semuanya sulit, semuanya sulit, tapi semuanya sepadan.

Bukan hanya dari segi komersial, tapi juga dari kepuasan menciptakan karya. Dan saya selalu mengatakan bahwa garis finis atau pertandingan final atau klimaks artistik adalah tentang kebebasan berkreasi. Ketika kami berada dalam posisi di mana saya dapat memilih apa yang ingin saya lakukan, permainan sudah berakhir.

Jadi jika Anda bertanya kepada saya, apa lagi yang ingin Anda capai? Saya tidak bisa menjawab karena saya rasa saya sudah mencapai titik tertinggi yang sebenarnya saya capai.

Jadi apa lagi yang ingin Anda capai?

Ya, itu artinya aku sudah tidak punya keinginan lagi. Hanya saja belum ada film lain yang bisa dibuat, oh, belum ada film musikal, konyol sekali. Aksi belum menghasilkan sesuatu yang menarik, bukan? Tapi jangan berharap lebih seperti ini.

Misalnya, Imaginari harus menjadi PH besar, memproduksi banyak film dalam setahun, go internasional, melakukan hal serupa, go public, tidak, tidak, tidak. aku mau liburan haha..

Bagi Ernest Prakasa, tahun 2024 seperti apa?

Itu menyenangkannya menjadi produser film, bukan? Sejak awal tahun dengan 9 juta penonton. November mengakhiri tahun dengan FFI meraih piala Film Terbaik dan Terlaris, lalu kita menyambut bulan terakhir ketika film kita ditonton 40 ribu penonton. Jauh lebih sedikit dari yang diharapkan.

Apa harapannya?

Ekspektasi kita minimal 500 hingga 1 juta. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya karena ini adalah film termahal kami, pengambilan gambarnya di Korea, dan sebagainya. Jadi sebenarnya tidak seperti yang kita harapkan, tapi menurutku untuk PH yang baru 2 tahun ini, mungkin di tahun 2021 ini kita akan syuting Horrifying Sedap kalau dihitung 3 tahun syutingnya.

Iya, aku memang harus banyak belajar, masih banyak yang harus aku pelajari, dan menurutku kalau kita bicara puisi, menurutku di akhir tahun ini, film-film kita yang tidak memenuhi ekspektasi adalah sebuah pengingat. Dalam film apa pun bisa terjadi, namun film tidak selalu berhasil. Akan ada hal-hal yang membuat kita sukses atau yang kita pelajari.

Seperti semua hal yang kita capai di tahun 2024, kini setelah akhir tahun tiba, kita tekan tombol reset, kita mulai dari awal lagi. Mari kita hadapi tahun 2025 dengan reset dari nol. Kita mulai lagi dari nol, kita review apa yang berhasil, kita lihat lagi apa yang gagal? Pelajaran apa yang bisa kita petik dari hal ini?

 

Hanung Bramantyo pernah berkata, menurutnya ada formula untuk membuat film yang bagus, namun tidak ada formula untuk membuat film yang bagus, bagaimana reaksinya?

Berdasarkan pengalaman, saya sebenarnya setuju dan menurut saya semua pabrikan setuju. Kita tidak akan bisa menentukan apa yang membuat film tersebut laris manis, karena beberapa bulan terakhir ini banyak sekali film yang dibuat, tentunya jika film seseorang ada yang maksiat saya sebutkan judulnya.

Tapi ketika kita menonton trailernya, kita melihat bahwa para pemerannya, oh, sepertinya itu akan menjadi epik, tiba-tiba tidak. Film yang kita tonton oke, tapi sepertinya oke, tiba-tiba meledak seperti itu, sungguh tidak bisa ditebak.

Akankah Almost Laen 2 menjadi salah satu dari dua film yang dirilis pada Imaginary 2025?

Sebaliknya, Lane 2 masih dalam tahap pengembangan skrip. Jadi saya tidak berani bilang iya, nanti kami umumkan. Oleh karena itu, pada prinsipnya kita tidak ingin terburu-buru menulis naskah bukan? Selanjutnya, Almost Laen 2 merupakan sekuelnya. Kalau sekuel, bebannya lebih berat lagi, karena penonton bagian pertama sudah tidak punya ekspektasi.

Ya, orang yang memandang orang lain tidak akan menjadi lebih baik atau lebih buruk dari sebelumnya. Itu beban yang sangat berat, skenario seperti apa yang akan dihadapi 9 juta penonton? Jadi kami tidak ingin terburu-buru.

Kalau naskahnya sudah lengkap, kita bisa tayang tahun 2025. Misalnya, kalau kita merasa belum melakukannya, kita punya proyek lain yang sedang kita siapkan untuk syuting. Jadi kita lihat saja, di awal tahun 2025 ini kita pasti akan mengumumkan kedua film kita di tahun 2025, di awal tahun kita akan mengumumkannya.

Darimana sebenarnya awal mula karier Ernest Prakasa di dunia seni?

Jika berbicara di depan umum dianggap sebagai seni di dunia seni, saya pasti sudah melakukan penyiaran sejak saya masih kuliah. Namun jika Anda ingin memasukkan hiburan penuh waktu, itu berarti Anda pertama kali mulai melakukan stand-up comedy pada tahun 2011, berakting pada tahun 2013, kemudian menulis dan menyutradarai.

Banyak yang mengira stand-up comedy adalah batu loncatan untuk memasuki profesi konsultan, benarkah?

Hal ini telah berhasil dan terbukti tidak hanya di sini tetapi juga di Amerika. Nama-nama besar seperti Jim Carrey, Chris Rock, Kevin Hart, Seth Rogen, Eddie Murphy, dan mendiang Robin Williams semuanya memulai karir mereka di stand-up comedy.

Lantas jika Anda bertanya mengapa stand-up comedy bisa menjadi langkah yang solid? Karena stand-up comedy memerlukan penguasaan sejumlah keterampilan, semuanya terkait dengan banyak bidang lainnya. Jadi menulis misalnya, kalau mau stand out harus bisa menulis.

Kemudian berbicara di depan umum juga diberikan. Jadi akting, akting juga lho. Seorang stand-up comedian tampil di atas panggung, melebih-lebihkan emosi. ‘Aku benar-benar marah padamu…’ Meskipun kamu tidak benar-benar marah, kamu harus bersikap marah seperti ini.

Jadi akting, menulis, adalah berbicara di depan umum, sebuah cara produksi karena komedian biasa sering membayangkan hal-hal tentang diri mereka sendiri. Jadi ada juga sisi administratifnya, dia membayangkan membuat pertunjukan, karena kita harus memulai dari bawah dan mandiri, kita tidak akan bisa tiba-tiba menunjukkan bahwa saya ingin tampil langsung dengan promotor, Itu tidak mungkin.

Pastinya lakukan sendiri dulu. Jadi, Anda harus belajar tentang manajemen dan perencanaan acara. Itu sebabnya stand-up comedian melatih kita di berbagai bidang, membuka banyak pintu.

Lantas apa jadinya ketika Ernest Prakasa mempertimbangkan untuk membangun rumah produksinya dan membuat film pertamanya NGERI-NGERI SEDAP yang hanya mendapat 50k di hari pertama namun berakhir dengan 2,8 juta penonton?

Banyak yang belum tahu Horifying Sedap bukan pembuatnya, saya Dipa. Karena saat itu saya masih harus fokus mengecek restoran Next Door 2. Sungguh menakutkan, itu terjadi ketika saya baru saja menyelesaikan tanggung jawab saya dengan Starvision.

Jadi dia film Beni dan Deepa. Deepa, sebagai seseorang yang selalu ada namun tidak pernah terlibat sebagai produser, langsung dibawa ke SEDAP untuk memperburuk keadaan. Namun jika kita beralih ke pertanyaan mengapa kita membuatnya sendiri, jika kita ingin memilih faktor yang paling penting, inilah yang sebenarnya kita bicarakan sebelumnya, pertanyaan tentang kebebasan berkreasi.

Karena setiap tingkat pH, setiap produsen pasti mempunyai idealnya masing-masing. Aku dan Imajinari. Ya, Star Vision dan Mr. Pervez jelas merupakan cita-cita mereka sendiri.

Di satu sisi, sekarang saya juga telah belajar bagaimana menjadi produser kreatif untuk beberapa proyek visi bintang, saya memiliki cita-cita saya sendiri dan saya pikir secara kreatif akan tiba saatnya saya merasa bahwa kreativitas saya membutuhkan ruang yang lebih besar. .

Ini mungkin istilah yang paling tepat. Ketika PH mempunyai cita-citanya sendiri, saat itulah ia siap bergerak. Namun untuk bergerak lebih luas, agar bisa menemukan lebih banyak tempat, saya membutuhkan mobil saya.

Contoh ekstrimnya adalah cinta seperti film. Mungkinkah Sebaliknya Laen bisa disebut ngopi mainstream dengan jenis film seperti ini? Kaka Boss dalam artian film yang diperankan oleh masyarakat Indonesia Timur pasti akan sangat seram untuk ditonton.

Apakah ini serius? Siapa saja pemainnya? Siapakah Godfred Orndeod? Navela itu seperti tokoh utamanya ya? Tapi ya, maksud saya, ini adalah tempat yang menyenangkan untuk mengetahui tingkat pH Anda, melakukan apa pun, apa pun yang kita inginkan. Ya, itu menyenangkan.

Dan tidak ada yang mengira bos Kaka bisa mencapai sekitar satu juta penayangan?

Sekitar 900 ribu. Iya lumayan lah, sekitar 900 ribu untuk sebuah film yang bikin kita tes lagi, karena seringnya orang-orang mengikuti misi Erie untuk membuktikan bahwa Sahabat Indonesia Timur bisa melakukannya.

Ketika sebuah film dibuat tentang mereka, beri mereka panggung utama, bukan orang-orang yang mungkin bukan berasal dari suku tersebut, namun tampak seolah-olah mereka berasal dari suku tersebut, yang menurut saya dapat diterima dalam banyak kasus, Karena kita tidak selalu bisa melakukan itu . Temukan orang-orang dari suku ini.

Dan terkadang kita tidak punya banyak waktu untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Namun dalam kasus Kaka Boss, berhubung kita punya waktu dan Ari ingin misinya memberikan wadah potensi yang lebih luas bagi seniman Indonesia Timur, mari kita coba lakukan.

 

Bisakah Anda ceritakan tentang film Amjarni tahun 2024 antara ekspektasi dan hasil akhir?

Kita jarang melakukan ini, seperti tidak jatuh cinta seperti film Korea, kataku antara 500 sampai sejuta? Dari mana nomor ini berasal? Jumlah ini sebenarnya tercermin dalam proyek rem Avenue Point kami. Sejauh mana kita bisa menerapkan BEP, ya, ada angka di angka tersebut.

Saya tidak bisa menyebutkannya secara spesifik karena tidak didokumentasikan. Namun patokan kami pada hakikatnya adalah sebuah acuan apakah film ini kemungkinan akan merugi besar atau tidak? Saat itulah. Menurutku itu tidak buruk, jadi ambillah semangat dari sana. Tapi target kita berapa juta hampir tidak pernah bisa kita capai karena Mass Hinong juga pernah mengatakan hal serupa sebelumnya, menurut kami angka tersebut sulit diprediksi berapa.

Jadi yang penting masuk akal ya? Misalnya saja contoh ekstrim, seperti menyukai film. Ini film hitam putih, kalau dibilang punya sejuta penonton, itu tidak realistis. Tapi bagaimana kalau kita mau bilang 50 ribu ya, sepertinya itu juga bukan hasil investasi.

Jadi kita akan hitung biaya produksinya, tentunya ND juga cukup sensitif untuk menekan biaya produksi karena dia tahu film ini sangat sulit dari segi pendapatan ya. Jutaan dan jutaan dibayar kembali. Baiklah, kita melebih-lebihkan sedikit, semoga kita bisa mencapainya.

Jadi kita belum pernah ya, itu Agak Laen 2 misalnya kalau kita mau buat Agak Laen 2 lalu kemarin 9 juta, berarti minimal itu saja. Atau 5 juta itu minimal banget. . Dimana kamu bisa mengatakan ini? Apa standar kesulitannya? Apa itu tolok ukur? Tidak ada yang tahu rumusnya.

Jika jalannya kecil, apa yang Anda harapkan? 9.1 Apakah realitas itu?

Kita harapkan 1 sampai 2 juta, karena seperti itu kita pernah punya film Ngeri-NGERI SEDAP yang 2 juta penonton. Artinya kalau kita sebut 2 juta, itu bukan mimpi di siang hari karena kita sudah mencapainya.

Jadi kalau dibilang target 1 sampai 2 juta viewer, kali ini kita bisa, jangan terlalu tegang, karena yang view ada 2,8 juta, maka lakukanlah, 1 dari 2 juta tidak apa-apa.

Hari pertama kita 180.000 boleh saja, tapi lebih dari 2 juta, menurutku kalau hari pertama seperti ini mudah kan? Tapi tidak ada yang mengharapkan 9 juta.

Beginilah kehidupan ya, ada film yang mampu menarik 500.000 penonton dalam setahun, ada film yang tidak meraih 50.000 penonton saat penayangannya atau mungkin hanya 50.000 penonton saat masa proyeksinya. Hidup memang seperti itu.

Apakah Anda pikir Anda sedang berjudi untuk menjadi seorang produser?

Di sana, perjudian itu bukan dari segi uang ya, kalau soal uang, setidaknya kita berinvestasi pada minoritas, kita punya banyak investor, investasi minoritas sangat kecil. Namun menginvestasikan waktu dan tenaga membuatnya menyedihkan.

Itu yang bikin sedih, kayak oh kita sudah bekerja keras untuk film ini, hasilnya begini. Nyatanya, hal yang sama membuatnya sedih.

Apakah ada aktor yang menerima persyaratan aneh di lokasi syuting sebagai sutradara dan produser?

Ada banyak nama. Tapi sejujurnya, di Indonesia tidak banyak. Dan jika iya, saya tidak akan menyebutkan namanya. Tapi kalaupun misalnya ada persyaratan yang lebih rumit dari yang lain, saya rasa bisa dijelaskan dengan tepat.

Misalnya kita mempunyai sejumlah pemain dengan pengendara di setiap titik tembak, ruang tunggu tidak diperbolehkan untuk bergabung dengan pemain lain misalnya. Dan menurut saya mungkin masuk akal, yaitu ketika dia adalah aktor penting dengan masalah karakter senior, dia perlu fokus, meluangkan waktu dan waktu untuk fokus, itu bebannya lebih berat.

Jadi kalau dia bertanya, menurut saya wajar. Bukan permintaan saya ingin siap di ruang tunggu saya, harus ada dua kucing albino atau yang lainnya, aneh sekali bukan? Tapi kalau ada kebutuhan perlu ruangan, masih wajar.

Secara keseluruhan, aktor kami masih masuk akal. Misalnya saya minta buah segar, menurut saya wajar saja, saya butuh sarapan yang sehat. Oleh karena itu, rata-rata saya coba bilang kalau di Indonesia, dari segi jumlah pengendara, masyarakat awam masih masuk akal. Ada beberapa hal menakjubkan tentang perilaku.

Kebanyakan enggak punya sikap seperti itu?

Saya tidak bisa berdiskusi secara terbuka, kalau publik tidak apa-apa. Disebut artis? Oleh karena itu, ada beberapa artis yang suasana hatinya sulit ditebak, ada juga pemeran utama namun sebagai seorang profesional yang baik, mereka membawakan level kerjasama sehari-hari yang selalu menghadirkan level kerjasama seperti Lives.

Selalu bahagia, selalu membawa mood untuk membahagiakan orang lain. Namun ada artis yang tidak selalu bisa bahagia. Ada kalanya dia susah, ada kalanya dia datang dan bersedih.

Tapi ya, sebagai direktur, kami memberi mereka posisi. Dan begitu kita membacanya, kita harus tahu apa yang bisa dilakukan orang tersebut untuk meningkatkan mood kita. Saya juga harus seperti psikolog. Ada aktor yang harus diam sebelum menggonggong. Ya, lepaskan, lepaskan, lepaskan.

Ada aktor untuk diajak bicara. Malah kalau bosan, kalau diajak ngobrol saat exchange pasti senang banget. Di sana, ada banyak sekali. Oleh karena itu, sebagai sutradara, kita terutama membutuhkan jawaban atas segala permasalahan, termasuk bagaimana cara meningkatkan mood setiap orang.

Siapakah aktor termahal di Indonesia kini yang memiliki kekayaan 1 Miliar?

1m? Menurut saya 1 miliar untuk seorang aktor papan atas, meskipun benar, mudah untuk dipahami. Tingkat kesulitan yang berbeda-beda dalam sebuah proyek film dan terutama persiapannya.

Ada sejumlah proyek yang telah difilmkan dan persiapannya memang memakan banyak waktu, sehingga aktor ini benar-benar harus memberikan yang terbaik untuk proyek tersebut. Meski penghasilan sang aktor bukan hanya akting saja lho. Mungkin dia berasal dari suatu merek, oke?

Datanglah ke acara merek atau jadilah duta merek. Ada banyak kegiatan berbeda, ada beberapa proyek yang bisa mereka selesaikan dalam dua bulan setelah tiba. Nah, potensi pendapatan yang hilang mungkin lebih besar.

Jadi kalau misalnya ada yang bilang aktornya dibayar miliaran, itu wajar. Saya pikir itu masuk akal. Sulit bagi kami untuk menentukan harga artis karena apa yang mereka curahkan tidak ternilai harganya. Ada 100 juta aktor, satu miliar aktor, 10 juta aktor. Harga yang mereka bayar berbeda.

 

Kalau gak jadi artis, kira-kira Ernst Parasa jadi apa?

Apa yang akan terjadi jika Anda tidak menjadi seorang seniman? Saya bekerja di kantoran, saya bekerja di kantor selama 6 tahun, meskipun seseorang di sebagian besar musik, tetapi bagian itu adalah pemasaran. Dan menurut saya pemasaran adalah dunia yang sangat aktif, faktor kreatif bahkan lebih tinggi, kita memiliki lebih banyak tempat untuk melakukan hal-hal baru.

Jadi mungkin kalau saya tidak jadi artis, mungkin saya akan bekerja di bidang pemasaran, menurut saya, mungkin pemasaran. Perbedaan antara pemasaran dan penjualan terletak pada kampanye pemasaran. Promosi seperti ini bisa kita lakukan agar menarik konsumen, ini tantangan tersendiri.

Apakah Ernest Percasa merasa sedang berada di puncak kariernya?

Ya, saya bisa menjawab ya, saya tidak punya siapa-siapa, saya tidak punya mimpi, tidak, tidak ada apa-apa, tidak. Saya merasa berada di puncak, saya benar-benar berada di puncak. Jadi saya berada di sini sepanjang hidup saya dan saya sangat bahagia.

Apa tahapan terendah dalam hidup Ernest Prakasa?

Titik terendahnya mungkin ketika mereka tersingkir dari film komedi -edge -to -edge -to -play tahun 2011. Maka dari itu Top 3 itu seperti top 4 dan top 5. Sebenarnya ini hanya istilah saja, namun final saat itu hanya Akbar vs Ryan saja, hanya dua puncak saja.

Dan ketika Anda mengundurkan diri, Anda berharap menang, setidaknya tidak. Dan hanya 2 teratas yang diizinkan untuk berpartisipasi dalam program tersebut, ia dianugerahi program 2 teratasnya sendiri di Compass TV. Meski membingungkan, tertekan, sedih, itu tidak sesuai harapan. Kemudian emosi yang berbeda saat itu tidak lagi kecewa, saya pasrah.

Apa yang kamu lakukan, kembali bekerja atau mencoba menjadi komedian monolog? Itu mungkin saat yang kelam dan tragis pada saat itu.

Dan apa keputusan itu?

Akhirnya, saya memberi tahu istri saya bahwa, beri dia waktu untuk melakukannya, dia menyukai pekerjaan ini. Saya sangat senang datang ke komedi, memberi saya waktu 6 bulan. Dalam 6 bulan Anda akan melihat kemajuan atau tidak? Dalam enam bulan ini ada yang bisa kita anggap sebagai perkembangan.

Kejadiannya di bulan desember dan berakhir di bulan desember 2011. Dalam 6 bulan akhirnya saya ke independen comedy, saya masuk ke lapangan di kompas dan berdiskusi tentang tur komedi independen, ini adalah tur komedi independen pertama di indonesia dan sejak itu karir saya sudah cukup kuat. Sebuah langkah maju yang kuat untuk mendapatkan pekerjaan akting, akhirnya diundang ke televisi, bukan film.

Tapi kalau standarnya 6 bulan lalu, kita lihat di 6 bulan itu ada kemajuan atau tidak, ya yang jelas 6 bulan kemudian sudah jelas kemajuannya.

Sangat setia, salah satu Anastasia saya, fluktuasi mewakili Ernest Parakas.

Oh berdiri, biasanya melambangkan Jokwei ya?

Jangan bilang begitu lho, kayak orang tua seperti Fedi Nouril lho?

Gajah seperti Fedi Nouril menyerang? Namun film tersebut memiliki 4 juta penggemar meski diserang oleh seniornya. Hanya istirahat Buzzer Mah Buzzer, penonton film tidak peduli, saya pikir apa yang ingin saya katakan di Twitter Feddy.

Tapi saya senang untuk Feddy. Saya kira yang terjadi seperti ini, saya ingin menekankan tren Fada dengan serius. Karena menurut saya, apa yang menimpa Feddy Nouril dan besok filmnya tidak laku, membuktikan bahwa sang artis tidak perlu takut untuk angkat bicara.

Ini penting, ini sangat penting. Jadi aku sangat bahagia untukmu, Feddy. Meskipun Nhung, meskipun anak laki-laki tersebut menyerang dan bersumpah dalam film tersebut gagal, film tersebut tetap terjual. Artinya seniman tidak perlu takut untuk berbicara.

 

Perampokan saya, seberapa besar pengaruh wanita ini terhadap kehidupan Ernest Prakasa?

Jika demikian, saya telah bersamanya selama 22 tahun. Sejak kami menikah tahun 2002, tahun 2007, dia menikah tahun 2007, dia menikah selama 17 tahun 22 tahun, 22 tahun bersama. Saya berumur 42 tahun sekarang, jadi kami telah menjalani lebih dari separuh hidup kami.

Oleh karena itu, tidak lepas dari semua yang telah saya capai, menjadi landasan yang kokoh. Mau pulang ke mana, segala keluh kesah ya sebaiknya tinggalkan saja.

Berkat menjadi sahabat, sahabat yang berhubungan dengan berinteraksi dengan apapun, menurut saya penting untuk hidup sebagai pasangan, bukan hanya kepentingan materi, bukan penentu kesuksesan tapi juga keharmonisan pribadi.

Iya percakapan pertama, misal pacarmu ngobrol dua jam, kamu tidak bisa ngobrol dua jam. Kalau misalnya duduk berdua, main hp, tidak semua orang bisa ngobrol, bagaimana puluhan tahun hidup dengan orang yang sama, bagaimana ceritanya?

Di bidang yang sama, bukan saat saya sedang tidur saat membicarakan pekerjaan?

Ya, tentu saja, apalagi proyek besok baik-baik saja? Dan tes pernikahan juga dilakukan saat ini adalah film pertama dari film komersialnya.

Oleh karena itu sungguh luar biasa, karena Merira Double Dong kecewa, penonton kecewa dan kecewa karena merasa kasihan atas kekecewaannya terhadap imajinasi yang secara tidak sengaja, Nhan Nhan Double it.

Bagi saya, beban ini mungkin menjadi beban kerugian bagi investor, namun untuk ini, beban imajinasi yang mengecewakan adalah suaminya dan ketika dia bekerja keras, itu adalah beban yang berat, itu menunjukkan bahwa penonton tidak diharapkan demikian sangat berat.

Koh Ernst mengatakan periode Desember 2024 ini untuk menyemangati Anastasia saya.

Saya baru saja menyerah, karena dia tahu bagaimana harus bertindak. Saya tidak akan mengatakan apa pun untuk kecewa ketika kembali normal. Ini tentu membutuhkan waktu, itu juga perlu berbicara dengan orang lain.

Karena jika Anda berbicara dengan saya, itu pasti selera, ya, ya, Anda mengatakan bahwa Anda benar -benar membutuhkan, kesadaran omong kosong, Anda benar -benar perlu membantu saya seperti ini. Jika suami atau istri Anda berkata, dia mungkin memiliki rasa. Tetapi ketika dia berbicara dengan orang lain, bantuannya, pembuat film lain sangat berguna dan membesarkan hati.

Jadi apa yang saya lakukan? Saya ingin pergi sendiri, ya, lanjutkan. Saya tidak ingin khawatir dulu, saya ingin diam di kamar saya dulu. Apa yang dapat saya lakukan untuk ruang, jadi berikan semuanya kepada mereka semua untuk menjadi sehat, mereka tahu cara terbaik.

Butuh waktu untuk melakukan semua ini. Saya yakin bahwa ketika memberi cukup waktu, itu semua akan menjadi kekecewaan dan kegagalan, itu akan menjadi motivasi untuk membalas dendam. Seperti saya harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan, tentu saja. Ketika saya membuat contoh tahun 2021, ia juga membuat film yang gagal ketika saya masih ingat.

Ketika itu terjadi, mungkin terlalu besar untuk mengatasi emosi, kesedihan, dan kekecewaan dalam waktu singkat. Tetapi jika ini waktu yang lama, kita dapat memperbaikinya apa yang perlu kita pelajari, bagaimana mengulangi kesalahan menjadi, kita bisa melakukan apa, tetapi itu membutuhkan waktu, itu membutuhkan waktu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *