Teknologi

Riset Ipsos Ungkap E-Commerce dengan Tingkat Kepuasan Paling Tinggi, Siapa Jawaranya?

thedesignweb.co.id, Jakarta – Tak bisa dipungkiri, e-commerce telah menciptakan transisi dalam aktivitas berbelanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Banyak inovasi dan program teknologi yang diperkenalkan oleh perusahaan e-commerce untuk memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman.

Di sisi lain, konsumen juga menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan. Tanpa basis pelanggan yang kuat, mustahil terjadinya transaksi jual beli yang menguntungkan.

Oleh karena itu, sepanjang tahun 2024, para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Tik Tik Shop akan terus memberikan serangkaian kampanye dan penawaran menarik untuk mengakuisisi pengguna baru.

Seiring dengan perkembangan ekosistem e-commerce saat ini, Ipsos juga membahas beberapa aspek penting yang menentukan tingkat kepuasan belanja online konsumen di Indonesia.

Merujuk hasil survei Ipsos bertajuk Pengalaman belanja online dan kepuasan di e-commerce, Kamis (31/10/2024), tampak banyak hal menarik dari ekosistem e-commerce Tanah Air.

Dalam survei tersebut, Shopee dinilai responden sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan konsumen dalam memberikan pengalaman belanja online yang lengkap.

Keunggulan tersebut didukung data riset yang menunjukkan bahwa Shopee (62 persen) menjadi pilihan pertama konsumen yang merekomendasikan kepada kerabat dekat, disusul Tokopedia (46 persen), TikTok Shop (42 persen), dan Lazada (36 persen).

“Terlihat para pelaku e-commerce bersaing melalui inovasi teknologi dan programatik untuk menarik hati masyarakat. Namun yang dicari masyarakat hanyalah mereka yang mampu menciptakan rasa puas dalam pengalaman belanja online,” kata eksekutif Ipsos Indonesia. . . Sutradara Andi Sukma dalam siaran pers yang diterima, Kamis (31/10/2024).

 

Dalam laporan kali ini, Ipsos Indonesia menggunakan beberapa indikator untuk menentukan pilihan konsumen e-commerce di Indonesia. Inilah beberapa di antaranya.

Keamanan dan kenyamanan

Faktor keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu faktor yang dianggap penting oleh responden dalam berbelanja online. Beragamnya layanan pengiriman yang dapat dipilih konsumen, dikatakan dapat menjadi acuan dalam memberikan rasa aman dan nyaman.

Untuk ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee unggul dengan persentase 66 persen.

E-commerce ini dinilai memiliki pilihan layanan pengiriman terlengkap dibandingkan Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan Tik Tok Shop (7 persen).

Selain itu, untuk berbagai metode pembayaran, 64 persen responden menilai Shopee lebih unggul. Disusul Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan Tik Tok Shop (8 persen).

Ipsos juga mengamati bahwa metode pembayaran cash-on-delivery semakin banyak digunakan dan paling menarik perhatian responden.

Hasil Ipsos menunjukkan Shopee (66 persen) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan. Setelahnya, Tokopedia dan Lazada (12 persen), serta TikTok Shop 10 persen.

 

Fitur belanja interaktif

Live shopping dan belanja lewat video pendek juga disebut-sebut semakin populer, dan punya nilai tambah bagi para pelaku e-commerce.

Ipsos menemukan 63 persen responden menilai Shopee sebagai salah satu perusahaan e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul TikTok (17 persen), Tokopedia (10 persen), dan Lazada (9 persen).

Kemudian, berdasarkan indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, peringkat teratas ditempati oleh Shopee dengan 61 persen, disusul TikTok Shop (18 persen), Tokopedia (10 persen), dan Lazada (9 persen).

Berbagai jenis toko pemerintah

Kehadiran berbagai toko pemerintah juga dianggap sebagai indikator kepuasan konsumen. Untuk indikator ini, Shopee kembali unggul 68% dalam menyediakan toko resmi yang lebih beragam.

Platform e-commerce yang mirip warna oranye ini dipuncaki oleh Tokopedia (15 persen), Lazada (9 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *