Strava: 1 dari 5 Gen Z Berkencan dengan Orang yang Mereka Temui saat Olahraga
thedesignweb.co.id, Jakarta – ‘Tahun Olahraga: Laporan Tren’ Strava menunjukkan peningkatan signifikan minat klub lari dan kegiatan kelompok masyarakat.
Secara global, partisipasi dalam klub lari meningkat menjadi 59% pada tahun 2024. Sementara di Indonesia, angka tersebut meningkat menjadi 83%.
Laporan tersebut juga menemukan bahwa 58% responden mengatakan mereka mendapat teman baru melalui kelompok olahraga.
Selain itu, hampir 1 dari 5 Generasi Z pernah berkencan dengan seseorang yang mereka temui saat berolahraga dan 4 kali lebih mungkin bertemu seseorang saat berolahraga dibandingkan di bar.
Berlari, bersepeda, dan berjalan kaki dalam kelompok lebih dari 10 orang meningkatkan jarak sebesar 40% dibandingkan sendirian. Di Indonesia rata-rata kenaikannya lebih besar hingga 95%.
“Tahun ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai mengendalikan gaya hidup aktif mereka dan menjalaninya sesuai keinginan mereka,” kata CEO Strava Zipporah Allen, Rabu (4/12/2024).
Ia yakin maraknya olahraga yang lebih santai dan mengutamakan interaksi sosial membuktikan bahwa olahraga bukan lagi soal kelelahan.
Di sisi lain, latihan kekuatan adalah olahraga dengan pertumbuhan tercepat bagi wanita pada tahun 2024, menurut responden Strave di seluruh dunia, yang terlihat dari peningkatan angkatan sebesar 25%.
Jumlah pengendara sepeda perempuan di Strava juga meningkat tahun ini (11%). Terdapat juga peningkatan sebesar 15% pada jumlah pria yang melakukan aktivitas yoga atau pilates.
Laporan terbaru Strava juga mengungkap perlengkapan olahraga terpopuler tahun ini, beserta prediksi perlengkapan olahraga mana yang akan populer di tahun 2025.
Secara keseluruhan, Nike Pegasus adalah sepatu lari terbaik. Apple Watch adalah pilihan terbaik untuk pelari 5k, sedangkan Garmin Forerunner lebih populer untuk jarak yang lebih jauh.
Responden dari seluruh dunia, dari semua kelompok umur, sepakat bahwa warna yang terkoordinasi adalah pilihan pakaian olahraga, dan biru diprediksi menjadi warna paling populer di tahun 2025.
Namun, generasi-generasi tersebut mempunyai pendapat berbeda mengenai sepatu, Gen Z lebih memilih sepatu panjang atau pendek, sedangkan Gen X lebih memilih sepatu pergelangan kaki atau sepatu tak kasat mata.