Saham

Bank Jago Gandeng Google Cloud untuk Layani Nasabah

thedesignweb.co.id, Jakarta – PT Bank Jago Tbk (Bank Jago) dan Google Cloud mengumumkan kemitraan strategis jangka panjang baru untuk mendukung strategi inovasi Bank Jago di masa depan.

Dalam kerja sama ini, Bank Jago dan mitra strategis teknologinya DKatalis akan menggunakan teknologi yang ditawarkan Google Cloud, termasuk platform BigQuery dan Vertek AI. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman perbankan nasabah, menciptakan efisiensi dan mendorong pertumbuhan bisnis perbankan.

“Sebagai bank yang berbasis teknologi, kami bertujuan untuk memberdayakan jutaan orang dengan solusi keuangan digital yang berorientasi pada kehidupan yang didukung oleh inovasi terbaru di bidang cloud, data, dan kecerdasan buatan.” Mulai tahun 2021, kami menggunakan infrastruktur internal kami. 18. 2024. (18/12/2024) mengutip pernyataan resmi, “Layanan Google Cloud terdepan di industri membuat akses ke bank menjadi lebih mudah dan nyaman,” kata Bank Jago. kata Presiden Arief Harris.

Hingga kuartal ketiga tahun 2024, Banka Jago melayani lebih dari 14 juta nasabah. Infrastruktur keamanan Google Cloud memungkinkan Jago Bank melayani jutaan klien dengan lebih efisien dan mendukung pertumbuhan bank yang berkelanjutan.

Kemitraan baru dengan Google Cloud ini memungkinkan Bank Jago memanfaatkan kekuatan gen AI melalui Vertek AI yang terintegrasi dengan kemampuan analisis data BigQuery. Hal ini memungkinkan Banca Jago untuk terus menghadirkan produk, layanan, dan fitur inovatif yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan yang terus berkembang.

“Bank Jago dan DKatalis memperkuat kemitraannya dengan Google Cloud.” Kolaborasi ini memungkinkan tim kami dengan cepat dan andal mengubah ide menjadi solusi keuangan inovatif. Harim Siregar, CEO DKatalys, mengatakan: “Sejalan dengan aspirasi Banka Jago, kami berkomitmen untuk memperkenalkan teknologi terkini dan paling relevan ke dalam produk dan layanan digital Banka Jago untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan intuitif kepada nasabah.”

Dalam industri dengan regulasi ketat yang mengutamakan kepercayaan, Google Cloud memberi Bank Jago lingkungan yang terkelola sepenuhnya untuk inovasi, keamanan, kepatuhan, dan tata kelola yang fleksibel.

Misalnya, Vertek AI menerapkan enkripsi data Google Cloud dan kontrol akses untuk membantu Jago Bank mengamankan model AI dan data pelatihannya. Dengan registrasi model AI Vertek, Bank Jago telah membuat database unik untuk model AI.

Hal ini memastikan bahwa pengembang hanya menggunakan templat yang dibuat sebelumnya atau disempurnakan yang disetujui untuk digunakan dalam organisasi, sehingga mempercepat pengembangan solusi, menghilangkan evaluasi berulang dan mengurangi risiko.

Bank Jago dan DKatalis menggunakan Vertek AI Pipelines untuk menerapkan alur kerja standar guna memastikan solusi pengembang AI sesuai dengan tujuan sebelum diterapkan sepenuhnya.

Selama tiga bulan terakhir, Bank Jago telah menggunakan model AI inti Google, yang tersedia melalui Vertek AI Model Garden, untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi gen AI yang bertujuan untuk menyederhanakan operasional dan meningkatkan layanan pelanggan.

● Sistem pendukung manajemen risiko yang menganalisis pola transaksi untuk mendeteksi pola mencurigakan dan menunjukkan aktivitas penipuan. Sistem ini memperingatkan staf bank dan memungkinkan mereka mengambil tindakan segera.

Penggunaan sistem kecerdasan buatan ini mendukung kepatuhan dan memperkuat komitmen Bank Jago terhadap praktik perbankan yang bertanggung jawab.

● Sistem pendukung intelijen pasar yang menganalisis interaksi pelanggan memungkinkan tim pengembangan produk mengukur sentimen pelanggan dan merespons dengan produk dan layanan yang lebih baik.

Bank Jago telah mengembangkan sistem kecerdasan buatan yang dapat menamai interaksi berbasis teks dan audio sebagai laporan dengan informasi lengkap tentang masalah dan preferensi nasabah dalam hitungan menit. Ini menggantikan tugas tim yang sebelumnya dilakukan secara manual dan memakan waktu berbulan-bulan.

● Mendukung pelatihan contact center yang mempercepat proses pelatihan agen contact center dan mempercepat waktu untuk meningkatkan standar jaminan kualitas.

Sistem secara otomatis memantau rekaman panggilan pelanggan dan memberikan umpan balik yang dipersonalisasi serta rekomendasi yang sesuai untuk meningkatkan kinerja agen.

Aplikasi ini memungkinkan bank mengevaluasi sebagian besar panggilan nasabah dibandingkan hanya 5% tanpa bantuan kecerdasan buatan.

“Melalui kemitraan pertama dengan Google Cloud, Bank Jago telah menerapkan model bisnis berbasis aplikasi (tanpa banyak aset yang berpotensi membebani) untuk mendukung pertumbuhan positif perusahaan seiring dengan meningkatnya permintaan layanan keuangan digital di Indonesia,” kata Mark Micallef, direktur Google Cloud untuk Asia Tenggara.

Ia menambahkan, melalui kemitraan baru ini, Banka Jago menghadirkan solusi Google Cloud terbaru, termasuk pendekatan berbasis platform untuk pengiriman gen AI korporat yang cepat dan responsif kepada kliennya.

Menurut Micallef, solusi yang diberikan oleh Google Cloud akan memberikan tim Banka Jago dan DKatalis interaksi dan pengalaman yang lebih baik dengan klien serta panduan yang lebih personal yang akan membantu mereka mengambil keputusan keuangan yang tepat.

“Bersama Bank Jago, kami membentuk masa depan perbankan berbasis AI, memastikan setiap orang memiliki akses terhadap teknologi yang aman dan terjamin, serta kami selalu proaktif dalam mewujudkan ambisi Bank Jago,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *