Bisnis

Menko Airlangga: Transaksi Produk Lokal Harbolnas 2024 Naik 31%

thedesignweb.co.id, Jakarta – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar tahun ini. Event tahunan yang diadakan setiap tanggal 12 atau 12 Desember oleh berbagai platform e-commerce di Indonesia ini berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 31,2 triliun.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan transaksi Harbolnas 2024 meningkat 21,4% dibandingkan Harbolnas 2023. Rata-rata pembelanjaan per orang sebesar Rp318.000, artinya lebih dari 98 juta pelanggan berbelanja di Harbolnas. Hal ini mencerminkan antusiasme masyarakat dalam mendukung program dan menjaga daya beli.

Oleh karena itu, Menteri Irlanga mengapresiasi Menko Perekonomian atas Rencana Harbulanas 2024.

Nilai transaksi produk dalam negeri pada Harbolnas 2024 meningkat 31% dibandingkan tahun lalu, dari Rp12,3 triliun menjadi Rp16,1 triliun. Produk dalam negeri berkontribusi sekitar 52% dari total transaksi, meningkat kurang dari 48% dari tahun 2023. ”, Sabtu (28/12/2024) kata Airlangga melalui keterangan tertulis.

Pertumbuhan kontribusi produk lokal yang signifikan merupakan indikator yang baik mengenai potensi Harbolnasin di masa depan. Hal ini juga mencerminkan kesadaran konsumen untuk terus mendukung produk lokal melalui platform e-commerce.

“Program Harbolnas terus membuktikan perannya dalam meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus mendukung produk lokal bersaing di pasar lokal dan internasional,” imbuhnya.

 

Dalam upaya menciptakan pasar yang kuat bagi produk lokal, Airlangga menegaskan pemerintah terus mendorong promosi dan kampanye agar masyarakat lebih memilih produk lokal.

“Ketika pasar produk lokal sudah terbentuk, pasokan akan datang secara otomatis. Langkah ini juga akan membantu mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Kategori produk yang akan mendominasi penawaran Harbolnas 2024 antara lain pakaian dan pakaian olahraga, termasuk aksesoris fesyen, perawatan pribadi, serta makanan dan minuman.

Yang menarik dari Harbolnas di akhir tahun 2024 adalah live shopping menjadi fitur terpopuler dan 50% pembeli melakukan pembelian melalui link afiliasi yang dibagikan di media sosial.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan terus menggalakkan inisiatif seperti Harbolnas untuk memperkuat daya beli masyarakat dan meningkatkan daya saing produk lokal.

Dengan menciptakan permintaan yang tinggi, produk lokal diharapkan dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan pasar global.

“Kami senang melihat pencapaian Harbolnas kali ini menghasilkan keuntungan tertinggi bagi para penjual yang diikutsertakan saat ini dibandingkan sebelum pandemi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia meyakini tujuan pertumbuhan ekonomi melalui sektor konsumsi dapat tercapai melalui kolaborasi yang kuat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Harbolnas menjadi bukti nyata bahwa aktivitas belanja masyarakat menjadi pengungkit dalam upaya mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi.

“Kami optimistis pertumbuhan ekonomi sekitar 5% akan tercapai pada tahun 2024,” tutup Irlanga Hartarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *