Teknologi

Diblokir di Indonesia, Temu Ternyata Aplikasi Paling Populer di Kalangan Gen Z

thedesignweb.co.id, Jakarta – Aplikasi Temu menjadi salah satu aplikasi terpopuler di kalangan kelompok Gen Z. Seiring dengan TikTok, aplikasi ini banyak diunduh di kalangan pengguna muda.

Populasi muda saja mencakup 40 persen dari seluruh pengguna ponsel pintar di dunia. Berhasil tidaknya suatu aplikasi di pasaran juga bergantung pada apa yang ditawarkan aplikasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.

Berdasarkan riset terbaru, dilansir Android Headlines, Rabu (13/11/2024), terungkap aplikasi terbaik yang populer di kalangan kelompok Gen Z di tahun 2024.

Data tersebut didasarkan pada platform analisis AppFigur, yang memberikan pemahaman lengkap tentang pasar aplikasi di kalangan anak muda, terutama yang berusia antara 18-24 tahun.

Karena pembatasan peraturan, platform tidak dapat memberikan pemahaman penuh tentang audiens tambahan dan sayangnya tidak mengizinkan pengumpulan data untuk pengguna di bawah usia 18 tahun.

Data dihasilkan oleh pengguna di Amerika Serikat, setidaknya hingga Oktober 2024, baik dari Android maupun iOS (milik Apple).

Berdasarkan laporan tersebut, Temu – aplikasi yang saat ini diblokir di Indonesia – menjadi aplikasi populer nomor satu di kalangan Gen Z. Platform e-commerce ini telah diunduh lebih dari 41,98 kali sepanjang Januari hingga Oktober.

Sebagai platform e-commerce, Temu berfokus pada strategi berbiaya rendah dengan banyak promosi, pilihan produk yang beragam, dan metode gamifikasi yang cukup efektif dalam menarik pengguna muda.

Aplikasi e-commerce serupa, Shein, menjadi pesaing utama Temu dan kini telah diunduh lebih dari 41,98 juta kali dalam periode yang sama.

Lalu, aplikasi terpopuler kedua di kalangan Gen Z adalah TikTok. Platform video pendek ini telah diunduh lebih dari 33,23 juta kali pada tahun ini.

Pesatnya konsumsi konten menunjukkan bahwa kampanye dengan video pendek sangat efektif dan populer di kalangan pengguna muda.

Platform populer lainnya termasuk Instagram dan YouTube. Namun di kalangan anak muda atau Gen Z, TikTok telah menjadi mesin pencari sesuatu, bukan Google yang menjadi mesin pencari.

Aplikasi YouTube sendiri bisa dikatakan cukup kuat di pasaran dengan 14,03 juta unduhan, hingga bulan Oktober.

Posisi kuat ini kemungkinan besar akan membuat YouTube menaikkan harga langganannya dari tahun ke tahun.

 

 

Berikut daftar aplikasi populer di kalangan Gen Z: Temu: 41,98 juta download TikTok: 33,23 juta download Threads: 32,32 juta download WhatsApp: 28,42 juta download Instagram: 26,29 juta download ChatGPT: 24,63 juta download Capcut: 21,8 juta download Facebook: juta unduhan juta unduhan Snapchat: 19,16 juta unduhan Messenger: 17,63 juta unduhan Google Apps: unduhan 17,65 juta unduhan Netflix: 15,67 juta unduhan YouTube: 14,03 juta unduhan Telegram 13,12 juta unduhan Video Utama: 12,86 juta unduhan Disney Plus: 11,68 juta unduhan: 11,68 juta unduhan Aplikasi Pendek Spotif4y. 10 unduhan singkat. : 10 juta unduhan Chrome: 10,19 juta unduhan Meet: 9,63 juta unduhan Telegram: 8,23 juta unduhan Reddit: 8,06 juta unduhan X: 7,58 juta unduhan Drive: 7,22 juta unduhan Google Foto: 6,79 juta unduhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *