THE NEWS Threads akan Disusupi Iklan? Ini Jawaban Meta
thedesignweb.co.id, Jakarta – Meta, perusahaan di balik platform Instagram, meluncurkan Threads pada Juli 2023 sebagai pesaing langsung Twitter atau X milik Elon Musk. Pada awal peluncurannya, Threads berhasil menjangkau lebih dari 100 juta pengguna hanya dalam lima tahun. tarik hari
Namun seiring berjalannya waktu, antusiasme tersebut mulai memudar, dan Meta lebih berfokus pada mempertahankan pengguna daripada meningkatkan jumlahnya.
Di balik layar, Threads terus mengembangkan fitur-fitur baru yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Beberapa fitur yang diluncurkan antara lain permintaan pencarian multi-negara, fitur ‘Trending Now’, memori untuk menyembunyikan postingan dari profil, dan fitur privasi yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang dapat mengutip postingan mereka.
Dikutip dari Android Police, Senin (26/8/2024), seiring dengan semakin matangnya perkembangan Conversation, muncul pertanyaan kapan iklan akan mulai muncul di platform ini, apalagi jika banyak pengiklan besar yang keluar dari X.
Ada pula indikasi dari beberapa pakar teknologi yang menemukan tanda-tanda persiapan untuk diumumkan di Thread. Misalnya, insinyur terkenal, Alessandro Paluzzi, berhasil mendapatkan pendanaan untuk prototipe poster.
Meskipun ada bukti bahwa iklan sedang diuji secara internal, Meta mengonfirmasi bahwa mereka tidak memiliki rencana segera untuk memperkenalkan iklan ke Threads.
“Saat ini kami tidak menguji iklan di Threads dan belum ada batas waktu untuk monetisasi,” kata Alec Booker, juru bicara Instagram.
Namun, meski saat ini tidak ada iklan, kepala Instagram Adam Moseri mengatakan pada bulan April lalu bahwa iklan akan masuk ke Threads.
“Kami pasti berencana menghadirkan iklan ke Threads,” kata Mosseri saat itu.
Ia juga menambahkan bahwa Threads perlu menghasilkan pendapatan untuk mendanai operasional, dan bukan tidak mungkin di masa depan mereka akan menawarkan fitur berlangganan seperti X Premium yang memungkinkan pengguna menikmati layanan tanpa iklan.
Terlepas dari semua kemajuan ini, kapan iklan akan muncul di Threads masih menjadi misteri. Namun satu hal yang pasti, Threads menyiapkan kejutan untuk pengguna.
Sebelumnya, Meta mengumumkan tonggak sejarah baru dalam jumlah pengguna Threads. Melalui pengumuman terbaru, Meta mengungkapkan bahwa Threads kini memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif.
Berdasarkan informasi dari Engadget, Senin (8/5/2024), pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh bos Instagram Adam Mosseri melalui akun Threads miliknya. Kesuksesan ini terbilang cepat, mengingat platform ini baru diluncurkan beberapa bulan lalu.
Jumlah tersebut tak jauh dari pengumuman CEO Meta Mark Zuckerberg pada awal Juli 2024. Saat itu, jumlah pengguna program ini dikabarkan mencapai 175 juta orang.
Beberapa kali Mark Zuckerberg juga mengatakan bahwa Threads akan menjadi aplikasi dengan 1 miliar pengguna Meta berikutnya.
“Kami telah membangun perusahaan ini selama 20 tahun, dan tidak banyak peluang yang muncul untuk menciptakan program yang dapat melibatkan miliaran orang,” kata Mark.
Basis penggunanya sendiri disebut-sebut masih menjadi incaran Meta saat ini. Karena aplikasi ini sejauh ini tidak memiliki iklan atau model bisnis.
Selain itu, Threads juga menghadapi beberapa tantangan, antara lain menentukan posisinya di tengah ketatnya persaingan dari platform serupa, serta kecepatan algoritma dalam menampilkan konten terbaru.