Bisnis

BRI Bantu Klaster Mitra Bery Perluas Pasar Stroberi Lewat Bazaar UMKM BRILiaN di Jakarta

thedesignweb.co.id, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Bentuk dukungan nyata tersebut diwujudkan pada kegiatan Bazaar UMKM BRILIAN yang diselenggarakan di Kantor Pusat BRI, Jakarta (18/10/2024).

Pada bulan Oktober ini, BRI mendatangkan stroberi segar yang dijual langsung dari kelompok petani yang tergabung dalam Klaster Mitra Berry. Beliau berasal dari Desa Lebakmunkang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kehadiran Cluster Mitra Berry mampu menarik perhatian luas pengunjung dengan produk-produknya yang berkualitas.

Cluster Mitra Barry merupakan wadah pertukaran pengetahuan dan pengalaman yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan kesejahteraan seluruh anggota cluster. Melalui klaster ini, para petani tidak hanya berbagi pengetahuan mengenai teknik budidaya yang lebih efisien, namun juga bekerja sama dalam memasarkan produknya.

Sinergi yang apik ini memungkinkan petani stroberi di Desa Lebakmuncang dapat memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan daya saing produknya sehingga berdampak positif terhadap perekonomian desa secara keseluruhan. Hingga saat ini, Berry Partner Cluster memiliki 23 anggota, naik dari sebelumnya hanya 10 anggota. Hal ini mencerminkan pertumbuhan signifikan perkembangan UMKM di kawasan Ciwidey.

Di sini BRI berperan aktif dalam memberikan dukungan menyeluruh kepada setiap anggota mulai dari aspek transaksional hingga akses terhadap program-program yang dirancang untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan bisnis.

Barry Wahia, Ketua Grup Mitra, mengungkapkan BRI telah menjadi mitra pertumbuhan grup untuk mengembangkan bisnisnya.

“BRI mempermudah bisnis saya, terutama dalam hal kemudahan bertransaksi seperti transfer melalui QRIS dan BRImo. Beliau mengatakan, Kemudahan bertransaksi yang diberikan BRI memudahkan saya dalam menjual produk.

BRI tidak hanya memberikan dukungan dalam hal penyediaan fasilitas transaksi, namun juga membantu dalam meningkatkan akses pasar, salah satunya melalui acara Bazaar UMKM BRILIAN.

Partisipasi klaster mitra Bari di pasar menciptakan peluang baru untuk mempromosikan produk ke pasar yang lebih besar, yang pada akhirnya meningkatkan jangkauan dan meningkatkan penjualan.

Dalam kesempatan terpisah, Senior Executive Vice President BRI Ultra Micro Mohammad Kendra Atma mengungkapkan, bantuan yang diberikan kepada anggota BRI Group tidak hanya mencakup urusan permodalan, namun juga bimbingan pemasaran dan pengelolaan bisnis.

“Bazaar UMKM BRILian merupakan salah satu cara BRI meningkatkan eksposur dan pemasaran produk UMKM agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Kami yakin kerjasama ini dapat meningkatkan daya saing produk lokal,” kata Candra.

Lebih lanjut, Kendra mengaku bangga bisa berkontribusi dalam pengembangan Klaster Strawberry.

“Melalui program dan sistem inovatif yang kami terapkan, kami berharap UMKM ini semakin kuat dan berkembang secara berkelanjutan,” tambahnya.

Dengan pendekatan terpadu dan fokus pada pengembangan ekonomi lokal, BRI bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik bagi UMKM di Indonesia untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *