Bad Bunny hingga Karol G Bikin Musik Latin Bersinar di Pasar Dunia, RIAA Catat Pendapatan Rp10,48 Triliun di 2024
thedesignweb.co.id, Jakarta Industri musik Latin Amerika memperoleh keuntungan besar pada pertengahan tahun, dengan rekaman musik menghasilkan US$685 juta (Rp 10,7 triliun). Menurut laporan RIAA (Recording Industry Association of America) yang dilansir Variety, pencapaian ini menunjukkan angka penjualan fisik dan streaming yang kuat sehingga menghasilkan pertumbuhan yang signifikan.
Pada saat yang sama, Luminate melaporkan bahwa; Album terlaris tahun 2024 masih didominasi oleh bintang papan atas Latin seperti Bad Bunny dan Karol G, serta artis Musica Mexicana lainnya. Misalnya Peso Pluma yang sukses di chart; Fuerza Regida, Junior H dan Grupo Frontera.
Pendapatan musik Latin tumbuh lebih cepat dibandingkan pasar musik secara keseluruhan, menurut RIAA. Di industri musik Latin, pertumbuhan pertengahan tahun adalah 7%, namun turun 15% dari tahun lalu.
Menurut laporan waktu setempat yang diterbitkan Selasa (8/10/2024), Streams terus menjadi pendorong utama pendapatan musik Latin di AS. Platform ini menyumbang dua pertiga dari rekor total pendapatan tahun ini.
Layanan yang didukung iklan (termasuk YouTube, Vevo, Spotify versi gratis, dan platform media sosial) tumbuh sebesar 10% pada paruh pertama tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya. Layanan ini menyumbang seperempat dari seluruh pendapatan musik Latin AS; Lebih dari dua kali lipat layanan untuk pasar musik umum.
“Musik Latin terus melambung ke tingkat yang baru, mencetak rekor pendapatan di AS seperti yang kami laporkan hari ini dan mendorong budaya musik di seluruh dunia,” Michele Ballantyne, presiden dan CEO RIAA, mengatakan dalam pernyataan resmi kepada Variety.
“Ada alasan mengapa Latino menjadi genre dengan pertumbuhan tercepat di layanan streaming AS. Penonton tidak akan pernah puas dengan energi, kegembiraan, kekuatan, dan kegembiraan yang tak terbantahkan.”
Laporan tersebut memperkirakan bahwa layanan digital (termasuk streaming berbayar dan didukung iklan, radio online, dan unduhan digital) akan menyumbang 98% dari total pendapatan musik Latin pada paruh pertama tahun 2024. Secara khusus, pendapatan dari penjualan fisik tumbuh 21% dari periode yang sama pada tahun 2022.
Pendapatan CD meningkat sebesar 21% menjadi USD 2 juta (sekitar Rp 31 miliar). Penjualan album vinil meningkat 21% menjadi US$7 juta (sekitar Rp 109 miliar) dalam dua tahun terakhir. Vinyl akan menyumbang 1% dari total pendapatan musik Latin AS pada tahun 2024, dibandingkan dengan 9% untuk pasar musik secara keseluruhan.
Hal ini sejalan dengan laporan musik pertengahan tahun AS RIAA yang dirilis pada bulan Agustus, yang menunjukkan bahwa penjualan vinil naik 17% dari tahun ke tahun, dengan pendapatan pertengahan tahun sebesar $740 juta (11,5 triliun IDA).