Sabrina, Asisten Virtual yang Bisa Tingkatkan Literasi Digital dan Keuangan UMKM
thedesignweb.co.id, Jakarta Perkembangan teknologi AI (kecerdasan buatan) terus berkembang dan memberikan manfaat bagi banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai industri. Tidak hanya untuk mengembangkan bisnis tetapi juga untuk meningkatkan literasi digital dan keuangan mereka untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.
Sabrina merupakan salah satu layanan yang ditawarkan BRI untuk memenuhi kebutuhan UKM. Sabrina merupakan asisten virtual yang dapat dengan cepat memberikan informasi mengenai layanan BRI dan menawarkan solusi yang lebih personal kepada nasabah, termasuk UKM.
Arga M. Nugraha, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI, mengatakan sebagai bank terdepan dalam transformasi digital, BRI menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan nasabah dan operasional bisnis.
“Kami adalah industri yang sangat dekat dengan teknologi. “AI merupakan salah satu cara untuk memanusiakan layanan kami, khususnya layanan digital,” kata Arga M. Nugraha.
Arga menjelaskan, salah satu yang menjadi perhatian BRI adalah penyediaan layanan personalisasi perbankan, khususnya pada segmen korporasi, menengah, kecil, dan mikro (UMKM) yang memiliki pangsa pasar besar. Meski sudah melek digital, namun ada pelaku UKM yang merasa enggan dan cemas saat berinteraksi dengan layanan keuangan secara digital.
“Sabrina terus berkembang untuk memudahkan pelanggan, termasuk UKM, dalam menemukan informasi dan proses yang bermanfaat. Dirancang dan dibangun dengan teknologi kecerdasan buatan, Sabrina dapat berinteraksi, menyapa, dan berkomunikasi dengan pelanggan dalam bahasa daerah.” katanya.
Akses Layanan melalui Sabrina
Sabrina hadir untuk memberikan kemudahan kepada para pemain MCO yang membutuhkan informasi cepat terkait layanan BRI. Pengguna dapat menghubungi Sabrina melalui WhatsApp di 0812 1214 017 dan mengirimkan pertanyaan atau kebutuhannya.
Sabrina kemudian menawarkan beragam pilihan layanan, mulai dari produk BRI hingga lokasi ATM atau cabang BRI terdekat, penawaran spesial menarik, cek saldo dan perubahan rekening, pengaduan hingga rekomendasi lokasi merchant.
Misalnya saja seorang pelaku UMKM membutuhkan informasi mengenai ATM terdekat atau ingin mengetahui lokasi Agen BRILink, maka jika pengguna hanya perlu memasukkan “Lokasi ATM” atau “Lokasi Agen BRILink”, Sabrina akan memberikan lokasi terdekatnya. ATM. ATM atau juga merupakan lokasi Agen BRIlink.
Salah satu keunggulan Sabrina bagi UKM adalah kemampuannya dalam memberikan solusi yang lebih personal. Ini tidak hanya menjawab pertanyaan umum, tetapi juga membantu memecahkan masalah pelanggan. Misalnya saja jika pemilik usaha memiliki pertanyaan mengenai pinjaman usaha atau menginginkan informasi mengenai produk simpan pinjam, Sabrina memberikan informasi mengenai produk yang mereka butuhkan.
Hal ini sangat penting terutama bagi UKM yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mencari atau mengunjungi cabang secara manual. Dengan bantuan Sabrina, segala kebutuhan informasi dapat diakses dengan cepat dan efisien, sehingga para pelaku bisnis dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya.
Layanan berita untuk berbagai pencarian informasi
Sabrina tidak hanya memberikan informasi produk BRI saja, namun juga memberikan informasi lain kepada nasabah seperti informasi saldo rekening dan transaksi, pengaduan, lokasi cabang BRI, lokasi ATM, lokasi agen BRILink, bahkan memberi saran lokasi merchant BRI terdekat.
Sabrina menjadi bukti bahwa teknologi digital dapat mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia. Dengan segala kemudahan yang ditawarkannya, Sabrina dapat membantu para pebisnis tetap produktif dan mendapatkan informasi perbankan yang mereka butuhkan kapan saja, di mana saja.
Inovasi BRI melalui asisten virtual Sabrina memberikan dampak signifikan terhadap akses layanan perbankan yang lebih mudah dan efisien bagi nasabah khususnya UKM. Berfitur lengkap dan mudah digunakan, Sabrina merupakan solusi digital yang memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk mendapatkan informasi dan layanan yang mereka butuhkan dengan cepat.
Waktu adalah aset berharga bagi UKM dan Sabrina hadir untuk mengoptimalkan penggunaan waktu tersebut melalui layanan yang personal dan responsif.
#TanyaSabrinaAja #SabrinaBRI #Sabrina
(*)