Catatan dari Asia OTT Conference di Busan Film Festival 2024, Produser Frederica Ulas Segmen Sinefil
thedesignweb.co.id, Produser Frederica Jakarta terkenal dengan sejumlah film box office seperti Miracle in Cell No. 7 dan Warkop DKI Terlahir Kembali: Bos Jangkrik! Bagian 1 dan 2, baru-baru ini menghadiri Asian Film and Content Market (ACFM) di Festival Film Busan 2024.
Salah satu sesinya menampilkan sesi Konferensi OTT Asia: Strategi Bisnis OTT Lokal Asia. Frederica menjadi salah satu panelis yang mengulas perkembangan industri platform streaming alias OTT.
Diskusi yang dimoderatori oleh profesor dari Dongguk University, TCHA Seungjae ini mengulas strategi bisnis dan faktor keberhasilan platform OTT di masing-masing negara, termasuk konten orisinal dan cara menghadapi dinamika pasar.
Dalam keterangan tertulis yang diperoleh Showbiz thedesignweb.co.id, Kamis (10/10/2024), Frederica mengaku memaparkan secara detail peran KlikFilm sebagai salah satu OTT lokal di Indonesia.
Ia mengulas posisi KlikFilm sebagai rumah bagi film-film internasional peraih penghargaan termasuk BAFTA hingga Academy Awards atau Oscar. Dalam kapasitasnya sebagai sutradara Clickfilm, Frederica juga sudah menyentuh segmen sinema di Indonesia.
“KlikFilm secara khusus menyasar segmen cinephile, mencoba menjadi rumah bagi film-film internasional pemenang penghargaan. Kami terkenal menyelenggarakan festival seperti Jakarta World Cinema,” kata Frederica.
Seperti diketahui, Jakarta World Cinema telah memasuki tahun ketiga dan sukses menayangkan sederet film sejalan dengan program bergengsi seperti Festival Film Cannes dan Festival Film Internasional Busan.
“Kami juga bekerja sama dengan Jogja Film Academy yang memberikan kesempatan kepada para sineas muda untuk mengembangkan karyanya. Film-film yang diproduksi berkesempatan untuk ditayangkan di platform KlikFilm,” imbuhnya.
“Kolaborasi ini penting untuk membangun ekosistem yang mendukung lahirnya talenta-talenta baru di industri film. Artinya, daftarkan regenerasi dan benihkan ide-ide segar para sineas muda,” jelas Frederica.
Pembahasan tersebut menghasilkan satu rekomendasi yaitu pembentukan jaringan dana bersama untuk OTT Asia. Hal ini dinilai sebagai langkah penting untuk meningkatkan daya saing platform OTT lokal dan menciptakan kerja sama yang lebih erat di kawasan Asia.