Bulgogi Quesadilla, Kreasi Kuliner Korea Unik yang Menggabungkan Tortilla dengan Bulgogi Manis dan Gurih
thedesignweb.co.id, Jakarta – Kementerian Pertanian Korea bekerja sama dengan Korea Agriculture, Fisheries and Food Business Center (aT Center), menghadirkan Paviliun Korea yang menarik pada Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) di Jakarta, 25 hingga 27 Oktober 2024.
Acara ini tidak hanya sekedar ajang pemasaran, namun juga pengenalan kuliner Korea yang kaya akan cita rasa dan keunikannya.
Salah satu bintang utama masakan ini adalah bulgogi quesadilla, kreasi unik yang memadukan tortilla dengan bulgogi manis dan gurih.
Pakar masak Korea, Chef Wawan, membagikan tips sederhana dalam menyiapkan hidangan ini. “Untuk membuat quesadilla bulgogi, yang Anda butuhkan hanyalah kulit tortilla, bulgogi, keju, dan peterseli,” katanya.
Ia juga menambahkan bahwa penggunaan saus bulgogi yang sudah jadi dapat membuat proses memasak menjadi lebih efisien. Bagi keluarga dengan anak-anak, paprika bisa diganti dengan sayuran lain yang cocok untuk lidah si kecil.
Paviliun Korea juga menampilkan enam restoran Korea yang bertujuan untuk memperkenalkan masakan otentik dan lezat. Restoran-restoran ini telah dipilih oleh AT Center melalui proses seleksi yang ketat.
Lee Seung Hoo, perwakilan dari Perusahaan Teh Jakarta, mengatakan: “Ada ratusan restoran Korea yang telah mendaftar untuk kami, dan setelah melalui banyak diskusi, enam restoran ini terpilih.”
Lee menjelaskan keenam restoran ini menyadari besarnya potensi pasar makanan Korea di Indonesia. Ia menambahkan: “Perusahaan-perusahaan ini sudah membidik untuk membuka franchise di luar negeri sehingga tertarik mencari pembeli di Indonesia melalui pameran ini.”
Ia juga menegaskan, makanan Korea memiliki keunikan tersendiri yang mampu bersaing dengan produk negara lain seperti China dan Jepang.
“Makanan Indonesia dan Korea punya banyak kesamaan. Misalnya sambal di Indonesia mirip dengan gochujang di Korea karena rasanya. “Namun, sebagian besar makanan Korea terbuat dari makanan dan sayuran yang difermentasi, menjadikannya pilihan yang sehat,” ujarnya.
Ia menambahkan, keuntungan tersebut menjadi investasi pengembangan produk pangan Korea di pasar Indonesia.
Booth Korea di FLEI 2024 mampu menunjukkan bahwa masakan Korea bukan sekedar makanan saja, namun bisa diapresiasi dan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia.