Bukalapak Kembangkan Agen Pulsa dan Warung di Yogyakarta Jadi Sentra Layanan Keuangan
thedesignweb.co.id, Jakarta – PT Bukalap.com Tbk (BUKA) melalui Mitra Bukalapak terus berkomitmen memberdayakan agen pinjaman dan pemilik toko melalui acara edukasi Kumpul Juwara Khusus (SKJ).
Setelah sukses di banyak kota, SKJ kali ini hadir di Solo, 26 Februari 2024 dan Yogyakarta, 29 Februari 2024. Acara tersebut bertujuan untuk mentransformasi para pelaku usaha mikro agar mampu berperan besar sebagai agen inklusi keuangan.
Komunitas Juwara merupakan komunitas agen pinjaman dan pemilik toko terbesar di Indonesia, yang telah menarik ratusan ribu anggota di lebih dari 50 kota atau wilayah di tanah air. Pada acara SKJ tersebut, ratusan pemilik toko dan agen pinjaman tidak hanya berkesempatan untuk terhubung, namun juga mendapatkan pengetahuan teknis mengenai produk dan layanan berkualitas tinggi, seperti Voucher Games dan QRIS.
Kedua produk ini membantu Mitra memperluas ragam layanan yang ditawarkan, sekaligus memperkuat posisi kiosnya sebagai pusat layanan digital dan keuangan. Dengan kemampuan tersebut, Mitra Bukalapak dapat terus memberikan akses layanan keuangan kepada seluruh pelanggan dan menjangkau lapisan masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh layanan keuangan.
“Melalui program pelatihan berkelanjutan yang digagas oleh komunitas Juwara, petugas pinjaman dan pemilik toko didukung untuk terus meningkatkan pengetahuannya mengenai produk dan layanan. Dukungan ini bersifat dua arah, dimana tim Mitra Bukarak dan praktisi profesional berperan besar. dalam berbagi informasi dan ilmu,” kata SVP Bukalapak, Ervina dalam keterangan resmi, Selasa (1/10/2024).
Selain pameran teknis, SKJ menghadirkan lokakarya inspiratif bernama Juwara Tells Stories, di mana pemilik toko dan agen pinjaman belajar bagaimana mengelola usaha kecil untuk meningkatkan nilai dan pertumbuhan.
“Share session yang disampaikan langsung oleh Partners for Partners memberikan ruang bagi para pebisnis untuk berbagi tips praktis pengelolaan bisnis,” tambah Tine.
Saat ini SKJ juga bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY. Kerjasama ini akan memberikan pelatihan berharga mengenai penggunaan QRIS sebagai sistem pembayaran digital, pengembangan UMKM, serta kampanye Cinta, Bangga, Memahami Rupiah.
Tak hanya itu, melalui perbincangan dan interaksi yang diberikan pada bagian Learning Champion oleh Bank Indonesia DIY, peserta juga diajak untuk mendalami pemanfaatan QRIS di kalangan toko pangan dan kios pinjaman, dengan segala kelebihannya.
Tolong. CEO Bank Indonesia DIY, Hermanto mengatakan, Bank Indonesia DIY tetap berkomitmen untuk memberdayakan UMKM dan mengajak mereka menggunakan metode pembayaran digital dalam bertransaksi, salah satunya QRIS.
“Melalui kerja sama antara Bank Indonesia DIY dan Mitra Bukalapak di Yogyakarta, kami berharap dapat memberikan informasi yang detail dan stabil sehingga pemilik usaha kecil sekalipun dapat merasakan manfaat penggunaan QRIS untuk meningkatkan bisnisnya secara signifikan,” ujarnya.
Berkat berbagai produk berkualitas dan program pelatihan bagi komunitas Juwara, Mitra Bukalapak mencatat peningkatan pendapatan anggotanya yang signifikan dengan rata-rata pertumbuhan hingga tiga kali lipat. Selain itu, banyak agen pinjaman dan pemilik toko yang berhasil mengembangkan usahanya, bahkan membuka kios cabang dan mempekerjakan staf.
Irma yang sebelumnya memiliki pengalaman sebagai salesman dan manajer toko di sebuah pusat perbelanjaan, memutuskan untuk membuka restoran pada tahun 2011.
Baginya, kunci sukses adalah fleksibilitas. Setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak, tokonya berkembang dengan menawarkan berbagai produk seperti elektronik, transfer uang, dan QRIS yang populer di kalangan anak muda. Untuk memperkuat usahanya, Irma terus meningkatkan pengetahuan bisnisnya melalui keterlibatan di berbagai komunitas.
“Dengan semakin banyak teman, ilmu juga akan bertambah. Belajar dari komunitas Juwara membantu saya maju dan memahami bisnis dengan lebih baik,” ujarnya.
Zulfikar, pemilik kios pulsa di Yogyakarta, juga mengalami perubahan pada usahanya. Setelah bekerja sebagai manajer bank, dia memutuskan untuk beralih menjadi petugas bagian pinjaman.
Bergabungnya Mitra Bukalapak pada tahun 2019 membuka peluang baginya untuk memperluas layanan dari sekadar penjualan pulsa hingga mencakup pembayaran elektronik, isi ulang dompet digital, dan pengiriman uang.
Kini Zulfikar mengelola dua kios dengan lebih dari 100 transaksi harian dan membuka lapangan kerja baru dengan mempekerjakan beberapa karyawan. Keberhasilan ini tidak hanya datang dari peningkatan produk, tetapi juga dari pembelajaran keinginan pemiliknya.
“Bulapak Mitra dan komunitas Juwara memberi saya akses ke berbagai kursus yang meningkatkan pengetahuan bisnis saya. Saya juga terpacu dengan banyaknya video motivasi di YouTube yang membantu saya untuk terus berkembang,” kata Zulfikar.
Hasil kerja keras dan tekadnya membuahkan hasil yang luar biasa. Selain untuk membiayai kebutuhan keluarganya, Zulfikar kini telah membeli rumah dari hasil dua tokonya.