Bisnis

1.731 KM Jalur Kereta Dibangun pada 2015-2024 di Berbagai Wilayah Indonesia

thedesignweb.co.id, Jakarta – Jalur kereta api sepanjang 1.731 KM dibangun di Indonesia selama 2015-2024 untuk meningkatkan konektivitas dan mobilitas wilayah.

Total panjang jalur kereta api yang telah dibangun mencapai 1.731,34 kilometer yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yang meliputi pembangunan dua jalur, dua jalur, jalur baru dan rehabilitasi, kata Menteri Perhubungan Budi. Karya Sumadi. , dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, (29/9/2024), seperti dikutip Antara.

Selama dua periode pemerintahan Presiden Joko Widodo, sejak tahun 2015, Kementerian Perhubungan telah membangun dan mengoperasikan kembali jalur kereta api sepanjang 1.731 km/sp di 55 lokasi di seluruh Indonesia. Menteri Perhubungan mengeluarkan hal tersebut saat pada PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) di Bandung, Sabtu malam, 28 September 2024.

Budi mengatakan, dalam 10 tahun terakhir, Kementerian Perhubungan berhasil menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan dan peningkatan infrastruktur perkeretaapian.

Selain pembangunan dan rekonstruksi, Kementerian Perhubungan juga melakukan perbaikan dan rehabilitasi (pemeliharaan) jalur kereta api sepanjang 1.900 km/sp di 25 tempat, serta elektrifikasi jalur sepanjang 522 km/sp. Terkait pengembangan dan modernisasi sektor perkeretaapian pada tahun 2015-2024, pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 223,870 triliun.

Pemerintah juga memberikan public service obligat (PSO) sebagai bentuk pelayanan publik di bidang perkeretaapian kepada PT Kereta Api Indonesia selama tahun 2015-2024 dengan total Rp 26,027 triliun.

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas transportasi kereta api di seluruh Indonesia,” tambah Budi.

Budi juga mendorong pengembangan inovasi teknologi untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi sektor perkeretaapian. Berbagai inovasi telah dilakukan untuk mengembangkan perkeretaapian di Indonesia, antara lain tiga sarana transportasi utama baik perkotaan maupun antar perkotaan yang saat ini sudah beroperasi yaitu MRT Jakarta, LRT Jabodebek, dan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Teruslah berinovasi dalam bidang pelayanan dan teknologi, serta tingkatkan pelayanan agar sesuai dengan harapan masyarakat, karena perbaikan tersebut akan membawa citra baik bagi perkembangan transportasi,” kata Budi.

Tentang Whoosh, Menteri Pariwisata mengatakan kereta berkecepatan tinggi ini sudah menjadi topik internasional. Ia ingat asal usul nama Whoosh yang merupakan singkatan dari ‘Time Saving, Best Performance, Reliable System’. Konsep “Whoosh” berasal dari suara kereta cepat yang sering diucapkan masyarakat Indonesia maupun internasional.

Budi mengatakan, nama Whoosh merupakan hasil kompetisi terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan tim penilai. Tim penguji diketuai oleh Triawan Munaf yang telah melakukan evaluasi sejak Juli 2023. Sedangkan tim pimpinan kompetisi ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Di bawah arahan Presiden Joko Widodo, kita harus memberikan identitas yang mencerminkan nilai kereta api berkecepatan tinggi yang merupakan kesuksesan dan kebanggaan Indonesia,” kata Menhub.

“Sekitar tiga minggu sebelum peluncuran, kami menemukan nama Whoosh yang artinya secepat kilat. Di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia, mereka sangat terkejut dan tahu apa arti nama Whoosh,” tambah Menhub.

Sebelumnya, PT KAI Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), terus memperkuat posisinya di sektor logistik Indonesia. Dengan mengedepankan layanan logistik yang fleksibel dan efisien dengan kereta api, KAI Logistik fokus pada peningkatan konektivitas untuk mendukung kelancaran distribusi di rantai pasok tanah air.

Direktur Pertama KAI Logistik Fredi Firmansyah mengatakan melalui layanan KALOG Plus khususnya layanan kereta peti kemas, perusahaan berlokasi di kawasan strategis dekat pelabuhan.

“Hal ini memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pengangkutan dan distribusi multimoda, termasuk logistik ekspor dan impor,” ujarnya, Rabu (19/9/2024).

Saat ini KAI Logistics memiliki layanan kereta api yang terhubung ke sejumlah kawasan strategis, seperti: Jakarta International Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok Stasiun Sungai Lagoa di Pelabuhan Tanjung Priok Stasiun Ronggowarsito di Pelabuhan Tanjung Mas Stasiun Kalimas di Pelabuhan Tanjung Perak

Selain itu, layanan kereta KAI Logistik Box juga terhubung dengan lokasi strategis lainnya seperti: Stasiun Klari di Kawasan Industri Surya Cipta dan Stasiun Karawang Sungai Lagoa di Kawasan Sambungan Marunda Nusantara dan Stasiun Jakarta Ronggowarsito di Kawasan Industri Wijayakusuma dan Kawasan Kerja Batang Ese di semarang

Angka kontainer pengiriman

Pada Agustus 2024, KAI Logistics mencatatkan peningkatan pengiriman peti kemas yang cukup signifikan, yakni sebanyak 1.433.988 kargo, meningkat 26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

 

Pencapaian ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam memperkuat jaringan logistik tanah air melalui transportasi kereta api.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi logistik yang terintegrasi, cepat dan efisien dengan semakin memperkuat konektivitas untuk meningkatkan rantai pasokan negara,” kata Fredi.

Konektivitas ini diharapkan dapat memudahkan para pelaku industri, baik untuk distribusi di dalam negeri maupun ekspor dan impor.

Fredi menambahkan, perseroan berharap dapat memperluas jangkauan layanannya ke lebih banyak stasiun yang terintegrasi dengan kawasan strategis lainnya, sejalan dengan komitmen KAI Logistics untuk mendukung pembangunan perekonomian tanah air.

“Dengan konektivitas yang lebih baik dan ditingkatkan, KAI Logistics berharap dapat menjadi pemain utama dalam ekosistem logistik Tanah Air, memperkuat distribusi barang dan merangsang pertumbuhan ekonomi,” kata Fredi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *