DESIGN WEB Cinta Laura Merah Menyala di Panggung L’oreal Paris Fashion Week 2024, Enzy Storia Centil dengan Gaun Metalik
thedesignweb.co.id, Jakarta – L’Oreal Paris kembali berkolaborasi dengan Cinta Laura, Enzy Storia dan Bubah Alfian untuk Paris Fashion Week 2024 bertema Le Defile Walk Your Worth. Ketiganya mewakili Indonesia berjalan di runway yang sama dengan Kendall Jenner, Camila Cabello, Eva Longoria, Cara Delevigne dan lainnya pada Senin, 23 September 2024.
Sebagai brand Ambassador sekaligus juru bicara L’Oreal Paris di Indonesia, Cinta Laura tampil percaya diri dalam balutan gaun korset berwarna merah cerah rancangan desainer lokal Harry Halim. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima tim Lifestyle thedesignweb.co.id, Selasa (24/09/2024), sang desainer sengaja menggandeng brand kosmetik asal Prancis tersebut untuk mendukung talenta-talenta muda tampil di kancah internasional.
Harry mendesain gaun dengan siluet feminin. Warna merah dipilih karena terinspirasi dari makna warna merah pada bendera Indonesia yaitu keberanian. Hal ini sejalan dengan pesan Cinta yang mengajak perempuan untuk berani bersuara dan saling mendukung.
Cinta pun mengungkapkan perasaannya kembali ke dunia runway setelah penampilan impresifnya tahun lalu melalui akun Instagram pribadinya. “Mungkin bagi banyak orang itu hanya sekedar catwalk biasa. Tapi bagiku itu caraku untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu dan bersinar di kancah internasional,” tulis Cinta.
Ia juga merasa terhormat menjadi salah satu perwakilan global L’Oreal Paris. Ia berharap masyarakat yang masih memandang rendah Indonesia ke depannya bisa berubah pandangannya.
“Saya yakin dengan konsistensi, waktu akan membuktikan bahwa kita masyarakat Indonesia akan semakin relevan dan berpengaruh di segala bidang, khususnya kecantikan dan fashion,” tambahnya.
Sementara itu, Enzy Storia tampil dengan balutan gaun metalik yang pas memeluk tubuhnya. Sebelum tampil di atas panggung, ia menceritakan suasana di balik layar. Rambut panjangnya tampak ditata dengan gaya smoky untuk menciptakan gelombang yang indah.
Panggung ini juga menjadi tahun kedua Enzy tampil sebagai salah satu L’Oreal Pariws Worth It Squad. Enzy terlihat percaya diri sambil melambai santai ke arah penonton. Di akhir perjalanannya, ia memperkenalkan bintang Bollywood Alia Baht ke atas panggung dengan mengenakan gaun hitam silver.
“Melalui keikutsertaan saya di Paris Fashion Week tahun ini, saya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa pesona perempuan Indonesia tidak hanya terpancar dari luar, tetapi juga mencerminkan kekuatan dan keberanian mereka dalam mendukung sesama dan melawan ketidakadilan sosial,” ujarnya. dalam postingan yang diterima.
Aksi Enzy pun langsung mendapat pujian dari artis lainnya. Vidi Aldiano menulis: “WOI KAMAR YANG SANGAT INDAH, SAYA BANGGA.”
“Anak siapa yang lucu sekali??” Rossa mengomentari unggahan Enzy.
Brand Manager L’oreal Paris Ceren Hepyalniz mengatakan acara ini diselenggarakan untuk menyoroti dukungan merek terhadap pemberdayaan perempuan. Sebuah proyek khusus yang dilakukan tahun ini adalah memperluas gerakan Stand Up Against Street Harassment (Bangun Melawan Pelecehan di Jalanan), yang telah bekerja sejak tahun 2020 untuk meningkatkan kesadaran tentang pelecehan di ruang publik.
Hal ini sejalan dengan pesan “Karena kita berharga” yang tidak hanya mengajak perempuan untuk merayakan kecantikan, namun juga memperjuangkan nilai-nilai dan keselamatan perempuan, khususnya dalam melawan pelecehan di ruang publik.
“Kami percaya bahwa setiap perempuan memiliki nilai yang harus dirayakan, termasuk haknya untuk merasa aman di ruang publik.” Penindasan dapat melemahkan harga diri perempuan; hal ini tidak sejalan dengan tujuan merek untuk terus membangun nilai bagi perempuan. “katanya.
Di Indonesia, pelecehan di ruang publik masih menjadi masalah sosial yang serius. Berdasarkan studi tahun 2021 yang dilakukan IPSOS dan L’Oréal Paris, 8 dari 10 perempuan pernah mengalami pelecehan di depan umum dan 91 persen orang yang menyaksikannya tidak tahu harus berbuat apa.
Isu pelecehan seksual di ruang publik menjadi sorotan L’Oreal Paris pada Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada Senin, 8 Maret 2021. Riset mengenai isu ini berdasarkan survei internal yang dilakukan bersama Ipsos International dan Indonesia pada Januari 2021. .dan diikuti oleh 1.498 responden.
Brand Manager L’Oreal Paris Maria Adina menjelaskan dari survei tersebut, 59 persen responden menilai pelecehan seksual di depan umum merupakan masalah nomor satu yang dihadapi perempuan Indonesia. Sebanyak 82 persen di antaranya bahkan mengalami pelecehan seksual di ruang publik.
Bentuknya berkisar dari pandangan seksual yang tidak pantas, menguntit, hingga berciuman. Sayangnya, 51 persen saksi tidak melakukan intervensi saat melihat pelecehan seksual. “Kebanyakan dari mereka tidak tahu harus berbuat apa karena pelatihan yang diberikan tidak pernah cukup,” kata Adina dalam konferensi pers virtual, Senin, 8 Maret 2021.
Jika Anda melihat data ini, L’Oreal Paris bersama Hollaback! Jakarta memperkenalkan pelatihan metode 5D untuk mengintervensi pelecehan seksual di ruang publik. Adina menyampaikan pelatihan ini dapat diakses di standup-international.com. “Jadi format pelatihannya berupa simulasi agar lebih mudah dilakukan. Tidak memakan waktu lama, cukup 20 menit,” ujarnya.
Dijelaskan oleh Anindya Restuviani, salah satu pembawa acara Hollaback! Jakarta, metode 5D adalah Transfer, Laporkan, Dokumentasikan, Ingatkan dan Yakinkan. “Masyarakat selama ini mengira itu hanya sekedar teguran, padahal pelecehan seksual di ruang publik masih bisa diatasi dengan banyak cara,” kata Vivi, sapaan akrabnya.