AI Berhasil Bantu Agen Contact Center Layani Pelanggan dalam Banyak Bahasa
thedesignweb.co.id, Jakarta – Transcosmos Indonesia (TCID), sebuah perusahaan layanan bisnis digital dan pengalaman pelanggan baru saja memperkenalkan Translingo Smart. Ini adalah solusi layanan pelanggan multibahasa berdasarkan AI Generatif (Gen AI) yang dibuat oleh Transcosmos Jepang.
Solusi ini dilokalisasi untuk pasar Indonesia, sehingga dapat membantu perusahaan yang ingin memasuki pasar global. Layanan berbasis AI Gen ini juga memungkinkan SDM lokal bersaing dengan talenta global.
Translingo Smart sendiri merupakan layanan real-time chat multibahasa yang menggunakan teknologi Gen AI untuk menerjemahkan percakapan antara pelanggan dan agen layanan pelanggan secara otomatis.
Dengan kemampuan tersebut, agen contact center dengan keterbatasan bahasa Inggris atau bahasa asing dapat berkomunikasi dengan pelanggan dalam 15 bahasa seperti Indonesia, Jepang, Korea, dan Mandarin.
“Translingo Smart merupakan solusi TCID untuk terus berinovasi dan memanfaatkan potensi AI untuk mencapai efisiensi operasional dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik,” ujar Wakil Direktur TCID Ardi Sudarto dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (29/10/2024).
Melalui layanan ini, perusahaan tidak harus bergantung pada agen yang bisa berbahasa asing selain bahasa Inggris. Oleh karena itu, Anda dapat memperluas jangkauan dan mengoptimalkan layanan Anda.
“Kami yakin AI tidak hanya dapat membuat operasional menjadi lebih efisien, tetapi juga membuka jalan bagi sumber daya manusia lokal untuk bersaing dengan talenta global,” kata Ardi.
Dengan Translingo Smart, perusahaan dapat mengurangi kebutuhan akan agen multibahasa, sekaligus menyederhanakan layanan pelanggan dan mengurangi biaya operasional.
Sebagaimana dijelaskan lebih lanjut, Translingo Smart menggunakan teknologi pembelajaran mesin NLP (Natural Language Processing) dan Gen AI yang memungkinkan terjemahan real-time yang sangat akurat.
Alur kerja Translingo Smart sederhana namun efektif. Ketika pelanggan mengirimkan pesan dalam bahasa lokal, alat ini secara otomatis menerjemahkannya ke dalam bahasa yang dimengerti agen dan sebaliknya, kata General Manager CX Solution TCID Dimas Saputra.
Saat ini Translingo Smart telah diluncurkan pertama kali di Asia Tenggara, dan akan menyusul pasar Jepang, China, Korea Selatan, dan Eropa.
Ke depan, Transcosmos Indonesia berencana untuk terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi Gen AI.
Tidak hanya itu, mereka juga berencana menambahkan bahasa baru untuk memperluas cakupan solusi Translingo Smart di berbagai industri dan wilayah.
“Dengan teknologi seperti Translingo Smart, TCID siap menjadi mitra strategis bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya, menekan biaya operasional dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan efisien,” kata Ardi menutup keterangannya.