Teknologi

AI Gen Tawarkan Solusi Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Efisiensi Operasional

thedesignweb.co.id, Jakarta – Kecerdasan buatan (AI) kini banyak digunakan di segala aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Teknologi semakin cerdas berkat hadirnya AI generatif yang memproses data dengan cara yang kompleks untuk memberikan solusi yang lebih akurat dan kontekstual.

Kehadiran kecerdasan buatan disebut-sebut akan membuka peluang baru di bidang layanan pelanggan. Karena teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan.

Menurut laporan firma riset global Gartner, pada tahun 2026, lebih dari 75% perusahaan di dunia akan menggunakan AI untuk mendukung interaksi pelanggan. Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2023 yang hanya di bawah 5%.

Transcosmos di Indonesia melihat potensi ini dan menjadikan gen AI sebagai elemen kunci dalam strategi inovasinya, khususnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan.

“Tahun depan teknologi akan terus berkembang menjadi lebih adaptif dan intuitif,” kata Vice President Transcosmos Indonesia Ardi Sudarto dalam siaran persnya, Senin. Desember 2024).

Salah satu implementasi utama AI genetik adalah percakapan cerdas, yang secara otomatis dapat merespons dengan cara yang kontekstual dan relevan, sehingga menciptakan interaksi yang lebih personal.

Obrolan ini didukung dengan fitur pembelajaran berkelanjutan, artinya AI terus belajar dari interaksi sebelumnya untuk meningkatkan akurasi dan kualitas responsnya. Selain itu, integrasi dukungan multibahasa memungkinkan pelanggan dari berbagai negara menerima layanan dalam bahasa yang mereka pahami.

 

AI Gen juga akan menerapkan Hiperpersonalisasi. Ini adalah teknologi yang menggunakan data untuk memahami preferensi pelanggan, sehingga perusahaan dapat membuat rekomendasi produk atau layanan yang relevan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Secara operasional, AI dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti analisis panggilan dan manajemen data pelanggan. Teknologi ini juga mendukung kerja agen layanan pelanggan.

“Teknologi ini memungkinkan kami mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti respon awal pelanggan dan pengelolaan data, sehingga memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada isu-isu yang memerlukan pendekatan personal dan strategis,” tutup Ardi dalam keterangannya.

Sebelumnya Transcosmos Indonesia (TCID) baru saja meluncurkan Translingo Smart, sebuah perusahaan layanan bisnis digital dan layanan pelanggan. Ini adalah solusi layanan pelanggan multibahasa yang didukung oleh Gen AI dari Transcosmos Jepang.

Solusi ini dilokalisasi untuk pasar Indonesia, sehingga dapat membantu perusahaan yang ingin memasuki pasar global. Layanan AI generasi berikutnya ini memungkinkan departemen SDM lokal bersaing dengan talenta global.

Translingo Smart sendiri merupakan layanan obrolan multibahasa yang menggunakan teknologi AI genetik untuk menerjemahkan percakapan antara pelanggan dan agen layanan pelanggan secara otomatis.

Fitur ini memungkinkan agen contact center dengan kemampuan terbatas bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya untuk berkomunikasi dengan pelanggan dalam 15 bahasa, termasuk Indonesia, Jepang, Korea, dan Mandarin.

“Translingo Smart memanfaatkan inovasi berkelanjutan TCID dan potensi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik,” kata Wakil Presiden TCID Ardi Sudarto dalam keterangan resmi, Selasa (29/10/2024).

Dengan layanan ini, perusahaan tidak lagi bergantung pada agen yang menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. Sehingga Anda dapat memperluas akses dan meningkatkan efisiensi layanan.

Kami percaya AI tidak hanya akan meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memungkinkan sumber daya manusia lokal bersaing dengan talenta global, kata Ardi.

 

Dengan Translingo Smart, perusahaan dapat mengurangi kebutuhan agen multibahasa sekaligus menyederhanakan layanan pelanggan dan mengurangi biaya operasional.

Dijelaskan lebih lanjut, Translingo Smart menggunakan teknologi NLP (Natural Language Processing) dan machine learning berbasis AI untuk menyediakan terjemahan real-time dengan akurasi tinggi.

“Alur kerja di Translingo Smart sederhana namun efektif. Ketika pelanggan mengirimkan pesan dalam bahasa lokal, alat tersebut secara otomatis menerjemahkannya ke dalam bahasa yang dipahami agen,” kata Dimas Saputra, CEO, CX Solutions TCID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *