Bangun Citra dan Reputasi, Strategi Baru untuk Sekolah Berkualitas di Indonesia
thedesignweb.co.id, Jakarta – Membangun reputasi, kepercayaan, dan loyalitas melalui branding penting bagi organisasi dan setiap sektor bisnis, termasuk pendidikan. Dalam rangka mendukung perkembangan institusi pendidikan di Indonesia, Institut Pulpenmas mengadakan mini workshop pada tanggal 26 dan 28 November 2024 secara online bertajuk “Essential Branding for Schools”.
Workshop ini diikuti oleh 66 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Besarnya animo peserta menunjukkan bahwa branding sudah menjadi kebutuhan strategis bagi sekolah, khususnya dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompetitif.
Workshop ini menekankan bahwa branding suatu sekolah tidak hanya sekedar menciptakan citra dan posisi yang kuat, namun juga menciptakan ikatan emosional yang erat dengan siswa, orang tua dan masyarakat luas. Data yang dipaparkan oleh Poppinmas Institute menunjukkan bahwa 94% orang merekomendasikan suatu organisasi jika mereka memiliki hubungan emosional. Hal ini menyoroti pentingnya strategi branding yang kuat untuk menarik calon siswa sekaligus membangun loyalitas. Branding sekolah sebagai landasan reputasi
Pada sesi keynote, Jundullah Al Farquni pakar branding sekolah yang menjadi keynote speaker memaparkan berbagai konsep dasar branding untuk implementasi cetak biru desain brand sekolah.
“School branding merupakan suatu kebutuhan di era sekarang ini,” kata Jundullah dalam keterangan resmi.
Peserta diajak untuk mengeksplorasi langkah-langkah praktis, seperti mengidentifikasi wawasan pelanggan dan merancang strategi komunikasi sekolah.
Salah satu peserta, s.r. Marcelina Siu, MC., M. Pd., Direktur TK Katolik Santa Clara Surabaya, mengatakan: “Kami belajar bagaimana membuat branding dan betapa pentingnya branding bagi lembaga pendidikan kami. Terima kasih banyak atas materi yang luar biasa ini.. .
Sementara itu, Kepala SMPIT Al Mokhtar Baxi, Sri Supi Hariti menambahkan, dirinya memiliki wawasan dalam menetapkan nilai-nilai sekolah. “Memahami Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Sekolah dalam Menetapkan Nilai-Nilai Sekolah.” katanya.
Lokakarya ini memandu peserta memahami dasar-dasar Kanvas Branding Sekolah, yang dirancang khusus untuk membantu sekolah mengembangkan strategi branding yang efektif. Direktur SDIT Widya Duta Bekasi Ernawati, S.Pd.I. Hargai pendekatan ini.
“Alhamdulillah setelah mengikuti workshop saya jadi tahu banyak tentang membangun brand untuk memajukan sekolah,” ujarnya.
Pulpinmas Institute berharap inisiatif ini dapat meningkatkan kesadaran sekolah akan pentingnya branding sebagai bagian integral dari strategi pendidikan di Indonesia. Melalui branding yang kuat, sekolah dapat membangun kepercayaan masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas layanan pendidikan.
Kedepannya, Pulpenmas Institute berencana mengadakan lokakarya online serupa di beberapa kota besar di Indonesia untuk menjangkau lebih banyak sekolah dan memperkuat ekosistem pendidikan di tanah air.