THE NEWS Bangun Kecintaan Terhadap Produk Dalam Negeri, Ini Kisah Titan Tyra dan Owner Maicih Bersama Shopee
thedesignweb.co.id, Jakarta Kecintaan terhadap produk lokal semakin penting di tengah persaingan pasar yang semakin kompetitif. Salah satu cara untuk mendorong hal ini adalah dengan menyajikan kisah-kisah inspiratif yang menghubungkan individu dan merek lokal.
Kisah inspiratif ini diangkat Shopee dalam media Gathering bersama Reza Nurhilman, pendiri brand lokal Maisih, dan Titan Tyra, influencer sekaligus pemilik brand lokal Secondet & Madcoco – Temukan cita rasa kreasi lokal bersama Shopee pada Selasa (15/10). .2024).
Keduanya berbagi cara pandang dan pengalaman dalam menciptakan kekayaan alam melalui inovasi produk dengan fitur interaktif Shopee dan Shopee Live serta Shopee Video.
Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Viona mengatakan melalui pendekatan yang strategis dan berkelanjutan, Sehopee berkomitmen membantu setiap pelaku bisnis di setiap sektor dalam memperkenalkan kreasi produk. Ia mengatakan, Shopee ingin menjadi tujuan utama pengguna yang mencari kebutuhan sehari-hari, termasuk beragam produk lokal berkualitas.
“Untuk mewujudkan visi tersebut, kami terus meluncurkan berbagai inovasi dan program seperti kampanye Shopee Pilih Lokal, fitur belanja interaktif Shopee Live dan Shopee Video, serta program edukasi melalui Kampus UMKM Shopee dan program Ekspor Shopee,” ujarnya. . .
“Kami berharap inisiatif ini tidak hanya memberikan dampak positif yang signifikan terhadap merek dan UMKM lokal, tetapi juga meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal yang unik dan kreatif,” jelas Monica.
Titan Tyra mengungkapkan, perkembangan teknologi digital berperan penting dalam melestarikan budaya dan memajukan kreasi lokal Indonesia. Ia mengatakan, terdapat potensi besar untuk menciptakan sumber daya alam yang dapat dikembangkan.
“Setelah mencoba banyak produk kecantikan lokal dan mencicipi banyak kreasi makanan, saya belajar dan mengetahui apa yang dicari masyarakat Indonesia terhadap suatu produk, maka saya menciptakan kedua merek ini untuk mengajak lebih banyak masyarakat menikmati dan mendukung kreasi berkualitas lokal,” ujarnya.
“Melalui Secundate, saya ingin mengangkat kisah perempuan Indonesia melalui produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan kulit masyarakat Indonesia, mulai dari shade hingga bahan utama yang sesuai dengan iklim di sini,” jelas Titan.
Dikatakannya, Madcoco merupakan bahan pembuatan minuman yang memaksimalkan kelapa yang merupakan salah satu buah yang bisa kita temukan di alam Indonesia.
“Kami ingin menunjukkan bahwa konten lokal dengan sentuhan modern dapat menjadi kreasi menarik yang dapat dinikmati lebih banyak orang,” kata Titan.
Ia juga mengatakan bahwa Secondate mendapatkan manfaat dari inovasi e-commerce dengan bekerja sama dengan Shopee. Ia juga mengatakan, tidak hanya mengikuti berbagai promosi shopee dalam pemasaran produk, Secondet melihat peluang dan memanfaatkan fitur-fitur shopee live dan video shopee.
“Berkat berbagai promosi dan program Shopee serta fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video yang membuat pengalaman berbelanja semakin menarik, produk Secondate Milky Gel Lip Tint dan Secondate Face Castle Palette dapat menjadi produk terlaris di Shopee Live,” kata Titan.
Salah satu keripik singkong pedas merk lokal yang lagi viral, Maisih membuktikan jajanan khas Sunda juga bisa mendulang popularitas dan mengikuti perkembangan dengan bantuan teknologi seperti Shopee.
Reza Nurhilman, pemilik Maisieh mengaku senang bisa menjadikan Shopee sebagai marketplace untuk mengembangkan bisnisnya. Menurutnya, Shopee tidak hanya membantu menjangkau pelanggan baru secara luas, tetapi juga menyediakan platform ideal untuk berbagi cerita dan nilai-nilai Maicih.
“Berbagai promosi dan partisipasi aktif di berbagai kategori promosi utama seperti 9.9, 10.10 dan Shopee Select Local juga mendorong bisnis Maicih semakin berkembang,” ujarnya.
“Semua bahan baku, mulai dari singkong hingga bumbu-bumbu, bersumber langsung dari petani terpercaya Indonesia, mengutamakan cita rasa pedas khas nusantara, ini juga merupakan langkah Maisih dalam mendukung perekonomian masyarakat,” jelas Reza.
Sekadar informasi, perjalanan Maicih dimulai pada tahun 2010 sebagai bisnis rumahan dengan konsep unik yang menawarkan cita rasa pedas untuk selera dari Level 1 hingga Level 10. Seiring berjalannya waktu, Maicih memperluas variasi produknya seperti seblak, basreng, dan gurilem, serta menggunakan fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video untuk memperkenalkan produknya.
Terfokus dan strategis, fitur ini menghasilkan peningkatan penjualan produk ke Maasih lebih dari 54x selama sesi live streaming di awal tahun 2024. Memang, Shopee Live juga menyumbang lebih dari 32% terhadap total penjualan Mysih dalam setahun terakhir.
Terakhir, untuk mendukung penciptaan karya lokal dan memberikan akses pengalaman berkualitas kepada pengguna, pengguna dapat menikmati berbagai promosi menarik yang ditawarkan oleh Shopee. Ya, pengguna dapat menikmati 50.000 Penawaran Belanja Gratis, 17.000 All Flash Sale, dan 50% + 50% Stackable Discount pada Promo Hari Lokal Pilihan Shopee pada 17 Oktober 2024.
Oh ya, jangan lupa rasakan pengalaman belanja interaktif dari live streaming dan konten kreatif dengan fitur Shopee Live dan Video Shopee. Download aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play!
(*)