Begini Cara Menikmati Sensasi Turbo pada Yamaha NMax Gen 3
thedesignweb.co.id, Jakarta – Yamaha NMax generasi ketiga (Gen 3) telah resmi diluncurkan. Menariknya, ada versi ‘Turbo’ yang dibekali teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang menggantikan peran puli pada puli utama.
Frill Turbo di NMax Gen 3 hanyalah bahasa pemasaran. Itu sebabnya skutik 155cc ini tidak hadir dengan sistem turbo clamshell.
Namun dengan YECVT dan mode berkendara serta fungsi Y-Shift, sensasi yang ditawarkan sealami turbo.
Dengan teknologi YECVT, menaikkan dan menurunkan V-belt dikendalikan secara elektrik oleh motor ECVT atas perintah unit kontrol transmisi (TCU).
Sekadar informasi, fungsi Riding Mode terdiri dari dua pilihan yakni T-Mode dan S-Mode yang dapat dikontrol dengan menekan tombol Mode di bagian depan stang kiri.
T-Mode sendiri memungkinkan pengendaraan lebih mulus, sedangkan S-Mode membuat akselerasi menjadi lebih agresif.
Pada saat yang sama, saat pengguna mengubah mode dari T ke S selama berkendara terus menerus, siklus mesin meningkat 500 – 1.000 rpm.
Sementara itu, fungsi Y-Shift, berupa tombol di bawah klakson, membantu pengemudi mencapai akselerasi atau pengereman lebih cepat dalam 3 level yaitu 1 (rendah), 2 (sedang), dan 3 (tinggi).
Anda mengontrol fungsi untuk mencapai akselerasi dan deselerasi terbaik:
Percepatan
A. Akselerasi pada posisi berdiri/0 km di awal
1. Opsi 1: Buka throttle dengan cepat untuk berpindah secara otomatis ke 1. Kemudian lanjutkan dengan 2-3 gigi manual dan cepat (rpm akan mencapai sekitar 7000).
Seperti yang sudah disebutkan, hindari menahan terlalu lama saat perpindahan 1-3, karena jika rpm tinggi, sensasi akselerasi langsung tidak terasa.
Opsi 2: Buka throttle terus menerus, lalu tekan tombol shift satu kali, lalu buka throttle dengan cepat untuk otomatis ke-2 dan terus dengan cepat menekan tombol manual untuk gigi ke-3.
3. Jika akselerasi kurang dengan menekan tombol shift, pengemudi dapat mengubah mode berkendara dari T ke S.
B. Melewati posisi akselerasi / Saat ingin menyalip kendaraan atau keluar tikungan.
1. Matikan gas dan tekan shift 1-3 kali bila perlu
2. Buka throttle sedikit atau terus menerus (tergantung jumlah putaran)
3. Lanjutkan dengan membuka throttle secara cepat dan akselerasi sepeda motor akan langsung terasa
Perlahan-lahan
1. Matikan gas dan tekan tombol shift 1-3 kali (gigi 3 untuk akselerasi maksimal)
2. Kondisi sebelum masuk atau memasuki tikungan : Matikan gas dan ganti 1-3 kali bila perlu, agar ban belakang sepeda motor tidak terkunci dan sepeda motor stabil dikendarai.
3. Kondisi kendaraan dalam kondisi menurun yang panjang: Anda dapat melakukan perpindahan gigi berkali-kali dengan menekan shift 1-3 kali, lalu tekan tombol Mode untuk melepaskan gigi, dan tekan kembali tombol Shift jika perlu.
Lepaskan Y-Shift
Opsi 1: Nyalakan gas dengan cepat
Opsi 2: Tekan tombol mode 1 kali (jika Anda mengubah mode mengemudi 2 kali)
Opsi 3: Matikan gas terus-menerus.