Saham

Berkat BRI, UMKM Keripik Pisang di Bakauheni Ini Punya Omzet Puluhan Juta Sebulan

thedesignweb.co.id, Jakarta Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) merupakan Usaha Kecil Menengah (MEMEO) yang selalu didukung untuk menghasilkan dan mengembangkan nilai tambah yang lebih banyak.

Riki Junaidi, salah satu pelaku UMKM Provinsi Lampung. Beliau merupakan pemilik usaha pemanggangan pisang “Njik Njik” di daerah Bakauheni. Beliau memulai usahanya pada tanggal 15 November 2015 dan kini merasa usahanya semakin berkembang setelah mendapat izin dari BRI.

Salah satu yang unik dari usaha Riki adalah ia memanfaatkan melimpahnya buah pisang di sekitar Bakauheni. Oleh-oleh khas Lampung, keripik pisang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini.

“Setiap traveler di mana saya bisa mendapatkan pisang raja goreng,” kata Riki dalam keterangan resmi. Namun perjalanan bisnis Riki tidak mudah pada awalnya. Setelah menghadapi tantangan dalam membuka dan memasarkan usahanya, Riki memberikan tester kepada masyarakat setempat selama tiga bulan untuk memperkenalkan produknya.

“Kami ingin memastikan produk kami layak dijual sebelum kami resmi meluncurkannya,” tambah Riki.

Riki menghadapi tantangan sumber daya manusia (SDM), namun mengatasinya dengan merekrut dan melatih tetangga. Produknya dijual secara tunai di toko-toko lokal, dan satu hal yang membedakan “Njik Njik” dari pesaingnya bagi konsumen adalah proses pemanggangan tiga kali yang unik. Rasa yang sulit ditandingi. Volume bisnisnya mencapai jutaan.

Saat ini penjualan keripik pisang “Njik Njik” mencapai puluhan juta rupee per bulan. pelatihan Riki memuji peran BRI dalam memberikan dukungan, termasuk aspek pemasaran dan keuangan.

“Kami berharap dapat terus mengikuti pelatihan dan pameran yang diselenggarakan BRI untuk mendukung pertumbuhan UMKM kami,” kata Riki.

 

BRI kecil, Berbagai inisiatif telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Usaha Kecil Menengah (MEME). Salah satunya dengan menggelar Bazaar UMKM BRIlian yang bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk UMKM. BRI pada Jumat (18/10/2024) bertempat di Area BRI Park, kampanye Bazaar UMKM BRILian kembali digelar di Jakarta.

Senior Executive Vice President (SEVP) BRI Ultra Micro Muhammad Candra Utama mengatakan, Bazaar UMKM BRILiN bertujuan untuk mempromosikan penjualan dan pemasaran produk UMKM. Kampanye pemasaran ini merupakan platform yang efektif untuk mempromosikan produk komersial, mengenalkannya di berbagai daerah dan meningkatkan pendapatan pelaku komersial.

“Kampanye Bazar UMKM BRILian sudah menjadi program rutin kami mulai tahun 2021. Kali ini para pelaku usaha menghadirkan prospek terbaik daerahnya dengan produk-produk premium seperti buah-buahan segar, keripik pisang, talas dan lain-lain. produk akhir untuk memperluas penjualan dan pasar,” ujarnya.

Dengan dukungan berkelanjutan dari BRI; Riki Junaidi bersama UMKM lainnya di Bakauheni berharap dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk lokalnya di pasar yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *