Bitcoin Melonjak, Produsen Barang Mewah Siap Terima Kripto
thedesignweb.co.id, Jakarta – Meningkatnya nilai Bitcoin telah menarik perhatian merek dan pengecer kelas atas. Hal ini lebih lanjut mendorong penawaran kripto sebagai alat pembayaran untuk masuk ke kantong kekayaan baru dan membangun loyalitas investor kripto.
Sejauh ini, hanya segelintir merek mewah, termasuk merek jam tangan LVMH Hublot dan Tag Heuer serta merek fesyen milik Kering, Gucci dan Balenciaga, yang telah bereksperimen dengan pembayaran kripto. Demikian dikutip China News Asia, Kamis (19/12/2024).
Pengecer barang mewah Prancis kelas atas, Printemps, telah mengumumkan bahwa mereka bermitra dengan bursa kripto terbesar di dunia, Binance, dan perusahaan fintech Prancis Lyzi untuk menerima mata uang kripto termasuk Bitcoin dan Ethereum di tokonya di Prancis – Untuk melakukan ini, departemen Eropa pertama toko sedang dibangun. .
Langkah tersebut, yang terjadi bersamaan dengan kebangkitan bitcoin, telah membuat merek dan pengecer lain tertarik untuk bergabung.
“Ada banyak panggilan – ada minat,” kata David Pernicky, presiden Benance France, yang perusahaannya sedang melakukan pembicaraan dengan merek mewah lainnya.
Pembuat surat dan pena mewah S.T. DuPont mengatakan kepada Reuters bahwa pihaknya berencana menerima pembayaran kripto di dua toko di Paris sebelum liburan.
Berdasarkan pengalaman tersebut, perusahaan pelayaran Virgin Travel bulan ini meluncurkan penawaran produk pertamanya yang menerima bitcoin sebagai opsi pembayaran – tiket masuk tahunan senilai $120,000 untuk kapal pesiarnya selama setahun terakhir.
Regulator telah lama memperingatkan bahwa mata uang kripto seperti bitcoin adalah aset berisiko, dengan penggunaan terbatas di dunia nyata. Volatilitas yang tinggi merupakan hambatan lain terhadap penyebarannya sebagai alat pembayaran.
Namun, janji dukungan dari Presiden terpilih AS Donald Trump, yang diperkirakan akan memperkenalkan peraturan ramah untuk mata uang digital, menyebabkan rekor lonjakan harga bitcoin. Analis S&P mengatakan narasinya akan berubah, dan mencatat bahwa inovasi blockchain di pasar keuangan dapat meningkatkan prediktabilitas mata uang kripto.
Merek-merek mewah telah lama berusaha melayani pembeli teknologi kaya dengan membuka toko di mal Silicon Valley dan mempromosikan produk seperti Hermès Apple Watch, misalnya, yang menampilkan kulit khas pembuat tas Birken asal Prancis. Tali pengikatnya terintegrasi dengan jam tangan pintar Apple yang lebih besar . . Teknologi.
Kini, kekayaan baru yang diciptakan oleh nilai tertinggi bitcoin baru-baru ini – mencapai $107.000 pada hari Senin – terjadi ketika industri barang mewah menghadapi penurunan terburuk dalam beberapa tahun dan mencari sumber pertumbuhan baru.
“Menawarkan pembayaran kripto dapat menjadi cara bagi perusahaan untuk memposisikan diri mereka sebagai inovator dan bukan merek lama yang hanya menjual secara booming,” kata Andrew O’Neill, analis aset digital utama di S&P Global Ratings.
Opsi pembayaran sebagian besar masih bersifat simbolis. Pedagang biasanya mengubah dana ini menjadi euro atau dolar untuk mengurangi risiko volatilitas, namun bagi banyak pelanggan, metode pembayaran umumnya dipandang sebagai “apa yang sudah diselesaikan” oleh platform pedagang seperti PayPal atau Venmo, kata O’Neill.
Penafian: Keputusan investasi apa pun adalah kebijaksanaan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. thedesignweb.co.id tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.
Namun, bagi investor bitcoin yang telah melihat peningkatan pesat dalam nilai investasi, barang-barang mewah – tas desainer atau jam tangan kelas atas – adalah pilihan yang jelas untuk mendiversifikasi portofolio seseorang, kata para ahli.
Sebagai tanda meningkatnya minat dari label desainer, Balenciaga baru-baru ini merilis kotak kartu kulit yang dirancang untuk menampung perangkat keras “Stix” milik perusahaan dompet kripto Ledger.
Aksesori kulit hitam, yang dijual seharga €350 (US$368), termasuk gantungan kunci dan liontin Menara Eiffel serta chip NFC di bawah logo merek.
Stax Crypto Ledger Hardware, perangkat keras kelas atas yang baru dikembangkan dengan layar sentuh melengkung, dijual seharga US$399 di Best Buy. Perangkat keras ‘Flex’ milik perusahaan, yang terlihat seperti Amazon Kindle Mini, dijual seharga US$249, sedangkan versi Nano, yang terlihat seperti kunci USB, dijual seharga US$79.
Pembeli utama dan chief digital officer perusahaan mewah Kering, Gregory Bott, menggambarkan teknologi grup tersebut sebagai “ujian dan pembelajaran” daripada “tunggu dan lihat”. Ia mengidentifikasi penerapan teknologi baru sebagai kunci untuk menjangkau konsumen muda dan Asia.
Sejak tahun 2022, merek bintang Gucci telah melakukan pembelian melalui 10 mata uang kripto yang tersedia untuk sebagian besar produknya di Amerika Serikat.
Printemps ingin memperluas layanan pembayaran kripto ke New York City, di mana ia berencana membuka toko multi-merek di Wall Street District pada bulan Maret.
Lonjakan Bitcoin pada akhir tahun 2021 memicu gelombang minat awal dari merek-merek mewah termasuk Tag Heuer, yang kemudian dipimpin oleh pewaris barang mewah LVMH Frédéric Arnault, serta Gucci, yang diperkirakan akan melakukan beberapa pembelian di AS. Cal menerima pembayaran kripto.
Salah satu pendukung kripto yang baru-baru ini menggunakan aset digital untuk membeli barang mewah adalah Eunice Wang, seorang investor dan influencer yang dikenal sebagai “unicorn,” yang menggunakan kripto untuk membeli beberapa jam tangan mewah tahun ini.