Otomotif

WEB NEWS BMW M5 2025 Dijejali Sistem Plug-In Hybrid 717 Tenaga Kuda, Tapi Malah Jadi Lebih Lambat

thedesignweb.co.id, Munich – Sedan tersukses dari divisi M BMW, BMW M5, mendapat facelift besar-besaran pada tahun 2025 dengan peningkatan tenaga yang signifikan. Kabar terpentingnya, M5 generasi ketujuh yang memiliki kode G90 kini memiliki mobil listrik melalui sistem hybrid plug-in dan dibanderol mulai US$120.675 atau sekitar Rp 1,97 miliar.

Menurut Carscoops, sistem hybrid tidak akan menghilangkan mesin asli M5, yakni mesin 4,4 liter V8 Turbo yang kini menghasilkan tenaga gabungan 717 tenaga kuda dan torsi 1.000 Nm.

Tanpa bantuan motor listrik, mesin sport S68 ini mampu menyemburkan tenaga 577 tenaga kuda pada putaran 5.600 hingga 6.500 rpm, serta torsi 750 Nm pada kecepatan rendah 1.800 rpm.

M5 G90 berbobot 2.445 kg dengan memadukan satu motor listrik dengan baterai 18,6 kWh yang dipasang di lantai. Ini jauh lebih berat dibandingkan model sebelumnya, M5 F90 yang berbobot 1.971 kg.

Bobot tersebut membuat M5 baru lebih ringan meski memiliki tenaga lebih besar. Dibandingkan dengan model M5 F90 saat ini yang mampu mencapai 0-96 Km/jam dalam 3,2 detik, M5 G90 baru mampu mencatatkan angka 3,4 detik, secara perlahan. Sedangkan M5 F90 CS berkekuatan 627 tenaga kuda hanya membutuhkan waktu 2,9 detik.

Kecepatan maksimal M5 2025 juga sama yakni 250 km/jam atau 306 km/jam dengan paket M Driver.

Tenaga dari konfigurasi hybrid disalurkan melalui transmisi M Steptronic 8-percepatan dan sistem penggerak semua roda M xDrive, yang memungkinkan pengemudi memilih mode penggerak belakang atau semua roda.

Didesain sebagai kendaraan hybrid plug-in, M5 juga menawarkan sistem penggerak listrik yang memberikan kecepatan 140 km/jam dalam jarak 40 km.

Faktanya, kombinasi mesin V8 yang ganas di putaran tinggi dan komponen elektronik yang memberikan tenaga konstan di segala kecepatan menjadi keunggulan M5 baru ini.

Meskipun ada banyak perubahan khusus seperti pemasangan mekanis dan transmisi, suspensi yang direvisi, wishbones depan ganda yang mengurangi massa unsprung, dan komponen kemudi baru, tampilannya sebagian besar tetap tidak berubah.

Kisi-kisi ginjal pada fasia kini memiliki desain hitam mengkilap dan bagian tengahnya memiliki banyak sistem bantuan pengemudi yang terlihat seperti mobil listrik, yang juga memungkinkan penerangan. Lalu akan ada satu batang horizontal di atas gril yang memperlihatkan model unik M5 baru.

Lalu akan ada rem besar di belakang roda yakni 16 inci di depan dan 15,7 inci di belakang. Akan ada enam piston di depan dan satu piston mengambang di belakang.

Tepat di belakang fender flare roda depan terdapat intake sebagai sistem pendingin yang mengalirkan udara ke dua radiator tambahan. Sementara itu dipasang spoiler M dan knalpot M dengan krom hitam.

Di bagian samping juga akan terdapat kaca spion aerodinamis dan badge M5 di pilar D.

M5 baru akan mendapatkan kursi M Multifunction yang dirancang untuk memberikan keseimbangan antara kenyamanan jarak jauh dan dukungan kecepatan optimal di jalan. Paket tersebut akan tersedia dalam berbagai warna, termasuk paket kulit BMW Individual Full Merino Metallic 2025.

Roda kemudi baru kini memiliki roda kemudi berpemanas. Daya tarik visual kabin juga berasal dari pencahayaan unik M5, sistem suara surround Bowers & Wilkins, tampilan head-up, dan Sky Lounge di puncak gedung. Bagi penggemar atap ringan, ada juga pilihan atap karbon.

Pada bagian kendali kabinnya akan terdapat sistem BMW 8.5 yang memadukan kendali menggunakan layar melengkung dengan grafis M khusus. kontrol di layar untuk menghapus beberapa tombol fisik.

BMW M5 2025 akan melakukan debut dunianya di Goodwood Festival of Speed ​​​​pada bulan Juli. Sementara produksinya akan dimulai akhir bulan ini di pabrik di Dingolfing, Jerman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *