Budi Arie: Logo Baru Kemenkop Simbol Modernisasi Koperasi
thedesignweb.co.id, Jakarta – Kementerian Koperasi (Kemenkop) resmi meluncurkan logo baru pada Kamis, 12 Desember 2024.
Logo baru ini diluncurkan setelah Kementerian Koperasi resmi memisahkan nomenklaturnya dari Kementerian Usaha Kecil dan Menengah.
Menteri Koperasi (MENCOP) Budi Ari Setiadi mengatakan logo tersebut merupakan simbol transformasi dan modernisasi koperasi untuk menjawab tantangan perekonomian global.
“Logo ini melambangkan semangat Indonesia Emas 2045. Bukan sekadar logo, tapi semangat membangun koperasi sebagai landasan perekonomian,” kata Menteri Koperasi Budi Arieh di Jakarta, Kamis (12/12/2024).
Budi Arie menjelaskan, logo huruf “K” dengan lambang kepala berwarna emas melambangkan koperasi yang modern dan dinamis.
Ia juga menegaskan komitmen Kementerian Koperasi untuk menjadikan koperasi sebagai pemain utama perekonomian nasional.
“Menuju Indonesia emas tahun 2045 diperlukan koperasi yang modern, adaptif dan berkelanjutan. “Saya yakin koperasi bisa mewujudkan keadilan sosial,” ujarnya. Hasil kompetisi
Sekretaris Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi menjelaskan logo baru ini merupakan hasil kompetisi yang dimulai pada 8 November 2024.
Kementerian Koperasi mencatat peserta yang mengikuti lomba logo sebanyak 1.932 orang dan berhasil mengupload 714 karya.
Setelah melalui proses seleksi yang ketat, logo I Putu Nathan Wikandhi terpilih sebagai pemenang dengan total skor 412,25 dan 565 suara masyarakat.
“Logo ini mencerminkan kesan modern, profesional dan adaptif, sejalan dengan perkembangan zaman,” kata Ahmad Zabadi.
Juri kompetisi tersebut antara lain pakar branding Irfan Wahid, pakar desain Joshua Simanjuntak, akademisi LSPR Ulani Yusuf, Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Komunikasi dan TI Budi Mustopo, serta pelaku industri kreatif Dennis Adhiswara. Masing-masing juri memberikan penilaian berdasarkan keahliannya, meliputi aspek branding, komunikasi visual, orisinalitas, filosofi kerja sama, dan kreativitas.
Ahmad berharap logo baru ini menjadi simbol transformasi koperasi di Indonesia, mendukung visi Kementerian Koperasi untuk mengatasi tantangan global dan memperkuat pemberdayaan koperasi.
Sebelumnya, Kementerian Koperasi (Kemenkop) resmi meluncurkan logo barunya pada Kamis, 12 Desember 2024.
Ahmad Zabadi, Deputi Koperasi Kementerian Koperasi, mengungkapkan pemilihan logo tersebut berdasarkan hasil kompetisi desain yang melibatkan masyarakat umum dengan total peserta 1.932 orang.
Kementerian Koperasi mencatat, sudah ada 714 karya logo dan 435 karya sesuai aturan yang diunggah.
Pilihan logo kemudian dipersempit menjadi 8 logo dan kemudian dilakukan pemungutan suara sebanyak 2.452 suara.
Sementara itu, Menteri Koperasi (Menkop) Budi Ari Setiadi mengungkapkan logo baru ini merupakan hasil kompetisi desain logo yang dimenangkan oleh pemuda Bali, I Putu Nathan Wikandhi.
“Logonya baru dan sekali lagi dibuat oleh pemuda asal Bali,” ujarnya di kantor Kementerian Koperasi di Jakarta, Kamis (12/12/2024).
Pemenang (lomba logo Kemenkop) telah diumumkan yaitu I Putu Nathan Wikandhi dengan total skor 412,25 dan 565 suara, kata Ahmad Zabadi dalam keterangan terpisah.
Menteri Koperasi Budi Arie mengatakan, logo baru kementeriannya diharapkan dapat mendorong semangat baru terhadap koperasi di seluruh tanah air.
“Koperasi ini merupakan kumpulan orang-orang yang mempunyai semangat memajukan negeri ini menuju Indonesia Emas 2045,” kata Budi Arie.
Selain itu, ia juga berharap logo ini menjadi babak baru bagi Kementerian Koperasi yang berwajah modern dan mampu menjawab tantangan pembangunan ekonomi dalam menghadapi ketidakpastian global.