Canva Sebut Fitur AI Setara dengan Harga Naik 300 Persen, Biaya Langganan bakal Tambah Mahal?
thedesignweb.co.id, Jakarta – Platform desainer grafis Canva tampaknya menaikkan harga berlangganannya. Hal ini bertepatan dengan peluncuran fitur kreatif kecerdasan buatan oleh perusahaan.
Menurut The Verge pada Kamis (9 Mei 2024), pelanggan Canva Teams global, yaitu langganan berorientasi bisnis yang mendukung penambahan banyak pengguna, kemungkinan akan mengalami kenaikan harga hingga 300 persen.
Canva mengatakan kenaikan biaya berlangganan Canva diperlukan karena “memperluas kemampuan produk” dan menambah nilai pada platform melalui alat AI yang kreatif.
Misalnya, di AS, beberapa pengguna Canva Teams melaporkan kenaikan biaya berlangganan dari $120 per tahun menjadi $500 per tahun untuk maksimal 5 pengguna.
Kenaikan harga ini terbilang curam, meskipun diskon 40 persen akan diterapkan untuk mengurangi biaya berlangganan Canva Teams menjadi $300 untuk 12 bulan pertama berlangganan.
Sementara di Australia, biaya berlangganan flat adalah AU$39,99 atau setara US$26 per bulan untuk lima pengguna. Jumlah tersebut meningkat menjadi AU$13,5, atau sekitar US$9 per pengguna.
Itu berarti tim beranggotakan lima orang akan membayar setidaknya 68 persen lebih banyak sebelum diskon lainnya.
April lalu, Canva diam-diam menurunkan penawarannya untuk pengguna baru Canva Teams menjadi $10 per pengguna per bulan. Tak hanya itu, Canva juga menetapkan syarat minimal tiga pengguna.
Pelanggan lama juga ditingkatkan ke paket berlangganan baru pada bulan September tahun ini, kata kepala komunikasi Canva Louise Green. “Ini menunjukkan harga paket eksisting dan harga produk kita mengalami kenaikan,” ujarnya.
“Rangkaian produk Canva telah berkembang secara signifikan selama beberapa tahun terakhir dengan penawaran baru seperti Visual Suite dan Magic Studio,” kata Green.
Selama beberapa tahun terakhir, Canva juga telah merilis sejumlah fitur AI generatif. Misalnya, generator teks-ke-gambar Magic Media dan alat perluasan latar belakang MagicExpand.
Peningkatan ini membawa platform dari sekadar desain dan pemasaran profesional ke ruang kerja yang lebih luas.
Canva telah mengumumkan perubahan harga serupa. Sementara itu, kenaikan harga terkini kemungkinan akan dikomunikasikan secara eksklusif kepada pelanggan melalui email.
Kenaikan harga tidak akan memengaruhi tingkat langganan lainnya untuk pengguna Pro dan Perusahaan.
Harga premium yang lebih tinggi kemungkinan akan menjadi perubahan mendasar bagi Canva. Pasalnya, Canva sebelumnya dianggap sebagai alternatif software desain grafis yang mudah dan murah.