Kesehatan

Cara Cepat Akses Layanan Gawat Darurat 119 Lewat SatuSehat Mobile

thedesignweb.co.id, Jakarta – Masyarakat yang membutuhkan respon cepat terhadap layanan medis darurat kini dapat lebih mudah mengakses 119 layanan melalui aplikasi Satusehat Mobile. Pelayanan medis darurat ini dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Dr. Sumarjaya, SKM, MM, MFP, C.F.A mengatakan, mekanisme pemanggilan nomor darurat medis 119 melalui SATUSEHAT Mobile secara umum sama dengan panggilan telepon biasa. Bedanya, aksesnya lebih mudah melalui aplikasi.

“Menghubungi 119 melalui SATUSEHAT Mobile merupakan salah satu cara Kementerian Kesehatan agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses nomor darurat melalui satu platform aplikasi,” kata Sumarjaya di laman Sehatnegeriku.

Sumarjaya menambahkan, ketika Anda menghubungi layanan darurat, pada dasarnya Anda akan terhubung langsung dengan operator.

Pada dasarnya mekanismenya sama. Saat Anda menelepon, Anda akan terhubung langsung dengan operator dan dibantu sesuai kebutuhan Anda.

Berikut langkah cepat mengakses layanan medis darurat 119 melalui Satusehat Mobile:

1. Tekan lama aplikasi SATUSEHAT

2. Tekan “Darurat medis” untuk menelepon 119

3. Ikuti petunjuk dan jelaskan kondisi yang Anda alami

4. Bantuan medis dan ambulans akan datang ke lokasi Anda

Mekanisme panggilan medis darurat 119 diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Kedaruratan Terpadu. Peraturan tersebut menjelaskan, alur pemberian layanan medis darurat melalui call center 119 dan Public Safety Center (PSC) dimulai dari operator call center yang menerima panggilan dari masyarakat di seluruh Indonesia.

Operator call center kemudian mengidentifikasi kebutuhan layanan penelepon. Panggilan darurat segera ditindaklanjuti oleh PSC kabupaten/kota untuk memastikan respon cepat terhadap keadaan darurat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

 

PSC atau Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu terhubung dengan fasilitas pelayanan medis terdekat dengan lokasi kejadian untuk memobilisasi atau merujuk pasien untuk perawatan darurat.

Pelayanan medis yang diberikan oleh Kedaruratan Medis 119 meliputi panduan tindakan awal melalui algoritma kedaruratan, pengiriman bantuan dari petugas dan ambulans, serta pengantaran pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.

Layanan PSC yang dapat diakses antara lain penanganan kegawatdaruratan dengan menggunakan protokol yang tepat, kebutuhan informasi ketersediaan ruang rumah sakit, informasi fasilitas kesehatan terdekat, dan informasi ambulans.

 

Orang yang menelepon nomor darurat medis 119 mendapat informasi tentang perlunya layanan darurat, misalnya ambulans.

“Jika penelepon membutuhkan layanan ambulans, mereka akan diberikan informasi dan akses untuk melacak ambulans tersebut. “Hal ini berkaitan dengan waktu kedatangan, waktu tempuh ke fasilitas kesehatan, dan jarak lokasi ke fasilitas kesehatan,” jelas Sumarjaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *