Bisnis

Dari Karyawan Minimarket hingga Memiliki Toko Sendiri, Ini Kisah Sukses Dessi yang Bermitra dengan AgenBRILink

thedesignweb.co.id, Jakarta Di Desa Honggobayan, Kartasura, Desi menjadi contoh nyata bahwa kerja keras dan tekad pantang menyerah mampu mengubah hidup! Semula seorang pegawai minimarket, kini sukses berbisnis toko kelontong berkat kemitraan AgenBRILink dan program Mekaar.

Setelah bekerja sebagai karyawan di sebuah toko retail selama 8 tahun sejak tahun 2008 dan kemudian di toko buku hingga tahun 2015, perjalanan karirnya terhenti ketika ia menikah. Namun tak lama setelah memiliki anak, dia merasa perlu kembali bekerja. “Setelah anak-anak saya beranjak dewasa, saya mulai memutar otak dan memutuskan untuk membuka toko kelontong di lingkungan saya yang sebagian besar adalah kos-kosan,” ujarnya.

Langkah pertama adalah mencari permodalan, dan BRI adalah pilihan utama. Berbekal ilmu retail dari pekerjaan sebelumnya, Desi mengajukan pinjaman ke BRI yang akhirnya disetujui. Meski sempat mengalami jatuh bangun dalam berbisnis, namun semangatnya tak pernah surut.

Selain sukses menjalankan usaha sembako, Desi juga aktif sebagai ketua kelompok Mekar di desanya yang kini beranggotakan 15 orang. Dijelaskannya, sebelumnya anggotanya hanya 10 orang, namun kini bertambah menjadi 15 orang dan ada pula yang sudah sarjana dan bisa berdiri sendiri.

Kemitraan mereka dengan menjadi agen BRILink memperkuat bisnis mereka. Desi mengungkapkan, dirinya bergabung dengan AgenBRILink sekitar setahun lalu, dan meski modal awalnya minim, namun jumlah transaksinya kini sangat besar.

AgenBRILink menjadi salah satu penopang pertumbuhan pendapatan bisnis. Dengan sekitar 50 transaksi sehari, ia merasa sangat berguna. Manfaat bermitra dengan BRI sangat membantu kesejahteraan finansial keluarga sehingga pengeluaran rumah tangga tidak menjadi masalah.

Senior Executive Vice President (SEVP) BRI Ultra Micro Muhammad Kandra Utama, jumlah agen BRILink kini telah mencapai 1 juta agen dan pencapaian ini merupakan bagian dari upaya BRI dalam memberikan akses layanan perbankan yang lebih baik kepada masyarakat di seluruh Indonesia,” ujar Agen BRILink. Kendra mengatakan, “Salah satu inovasi utama BRI adalah layanan perbankan melalui kemitraan dengan agen lokal di berbagai daerah Dirancang untuk memperluas jangkauan.”

Kendra mengatakan pencapaian tersebut merupakan langkah maju yang signifikan dalam upaya mendukung inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Kehadiran AgenBRILink juga memberikan peluang bisnis bagi masyarakat di berbagai daerah, terutama di daerah yang sebelumnya belum terjangkau layanan perbankan.

Perusahaan juga mendukung pemberdayaan ekonomi dengan berkontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang signifikan melalui sharing economy.

“Pencapaian ini merupakan bagian dari visi jangka panjang BRI untuk menjadi bank pilihan yang mengedepankan inovasi, inklusi, dan layanan nasabah. Ke depan, BRI berkomitmen untuk menghadirkan layanan keuangan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat, namun juga mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. didistribusikan secara merata ke seluruh Indonesia,” tutupnya.

Ke depannya, Desi berencana membuka cabang baru untuk toko kelontongnya. “Insya Allah setelah pinjaman saya lunas, saya akan membuka cabang baru,” ujarnya penuh harap. Dengan pengalaman yang dimilikinya, ia yakin mampu mengelola cabang barunya dengan baik.

Pesannya kepada para pengusaha lainnya, terutama yang baru memulai, adalah tetap semangat dan jangan menyerah. “Jangan pernah menyerah. Peluang dan kemungkinan selalu ada asalkan kita mau berusaha berkreasi,” tutup Desi saat diwawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *