DMMX di SIAL Interfood 2024, Mengubah Pengalaman Belanja Pelanggan dengan Teknologi AI
Liputan6.com, Jakarta – Sejalan dengan #minterinTOKO, PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) berkomitmen mendukung transformasi digital, terutama di toko tradisional, jaringan kecil dan besar, untuk menggantikan situs dengan pemasaran cerdas. Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan solusi ritel berbasis kecerdasan buatan (AI) pada Salon International de l’Alimentation (SIAL) Interfood 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 13-16 November 2024.
Rilis Gaya Hidup Liputan6.com, Jumat 15 November 2024, Direktur DMMX, Budiasto Kusuma mengatakan, “Mayoritas media digital mengharuskan para pemain di industri ritel untuk mampu menyampaikan pengalaman dan media sedemikian rupa sehingga Anda menjadi seorang salesman yang baik”
“Dengan solusi pemasaran cerdas DMMX yang ditawarkan dengan harga terjangkau, kami berharap dapat membantu pengecer online kecil dan besar untuk dapat menjangkau dan menganalisis pelanggan secara sistematis dan kuantitatif dengan teknologi.”
Pada SIAL Interfood 2024, perusahaan akan menghadirkan solusi ritel cerdas yang meningkatkan pengalaman pelanggan, mulai dari saat mereka memasuki pasar, hingga akhir penjualan. Dijelaskan, pelanggan dapat melihat Logo dan Videotron yang disusun sesuai waktu, cuaca, dan kondisi logo toko.
Dengan teknologi identifikasi pelanggan, mereka akan melihat iklan dan promosi berdasarkan karakteristik pribadi, seperti jenis kelamin dan usia. Selain itu, pelanggan juga dapat disambut dengan teknologi menarik seperti layar LCD Box transparan, layar wobbler digital, dan Tanda Harga Elektronik.
Seluruh ekosistem ini dibangun di bawah pengelolaan terpusat melalui Sistem Manajemen Konten Cloud. Selain itu, DMMX menghadirkan dua produk baru yaitu LCD Transparansi Box dan Customer Solution pada Pameran SIAL Interfood 2024.
Kedua solusi tersebut dirancang untuk membantu pemasar memberikan pengalaman yang menarik dan mendalam kepada pelanggan. Kotak LCD Transparan menawarkan cara baru bagi retailer untuk berkreasi dalam menghadirkan produknya secara menarik, memadukan produk retail dengan layar digital transparan.
Di sisi lain, Solusi Pengumpulan Data Pelanggan menawarkan teknologi analisis AI yang mampu mengidentifikasi data demografi dan perilaku pengunjung toko, seperti usia, usia, ekspresi wajah, dan fitur yang digunakan pelanggan.
Informasi berbasis teknologi ini dapat digunakan oleh pemasar untuk memahami minat dan perilaku pelanggan, guna menyusun strategi pemasaran yang efektif. Dengan berpartisipasi dalam SIAL Interfood 2024, DMMX berharap dapat menjangkau lebih banyak mitra dan memberikan gambaran nyata bagaimana teknologi digital dapat mengubah wajah belanja di Indonesia.
Kinerja operasional perusahaan terus tumbuh, dengan jumlah layar meningkat sebesar 10,1 persen YoY, dari 25.938 layar pada 9M23 menjadi 28.553 layar pada 9M24, dengan jumlah situs meningkat sebesar 11,3 persen menjadi 15.143 situs pada 9M24.
Guna lebih meningkatkan operasional dan layanan Perusahaan, DMMX telah menetapkan inisiatif strategis untuk tahun mendatang yang berfokus pada tiga pilar utama. Pertama, menjaga kontrak-kontrak yang ada, terutama kontrak-kontrak besar, sebagai landasan bagi stabilitas keuangan dan kerja sama jangka panjang.
Kedua, berekspansi ke saluran-saluran baru dan berbeda, dengan tujuan utama memasuki pasar ritel kelas atas, memperluas jangkauan dan memperkuat posisi di pasar negara berkembang. Ketiga, penambahan produk lain melengkapi ekosistem ritel pintar DMMX, memberikan solusi dan nilai komprehensif kepada pelanggan.
Ketiga strategi utama tersebut diharapkan dapat membawa pertumbuhan dan stabilitas Perseroan dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin meningkat.