DXI 2025 Ajak Gen Z Main di Alam Indonesia agar Tak Jadi Kaum Rebahan
thedesignweb.co.id, Jakarta – DEEP dan EXTREME Indonesia alias DXI 2025 hadir untuk mengubah gaya hidup Generasi Z agar tidak lagi dicap awam. Dengan beragam promosi dan program menarik, DXI mengajak Gen Z untuk keluar dari rutinitas dan menikmati petualangan alam terbuka.
Irfant Rifani, Project Manager DXI 2025 mengatakan, tema DXI 2025 Dare to Explore adalah keindahan Indonesia yang luar biasa. Misinya adalah mengedukasi masyarakat dengan memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat dalam mempelajari pariwisata Indonesia.
Acara tersebut akan berlangsung pada tanggal 2-4 2025. pada bulan Mei di Jakarta Convention Center. Terbuka untuk semua kelompok umur, mulai dari anak-anak berusia 10 tahun hingga dewasa. Namun target utamanya adalah Gen Z.
“Generasi Z lebih banyak berada di dunia maya, jarang beraktivitas di luar rumah. Ini bukan gaya hidup sehat. Adanya DXI 2025 karena kami ingin mengajak mereka kembali ke alam untuk menyembuhkan dan menjelajahi keindahan Indonesia yang luar biasa,” kata Irfant dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu 23 Oktober 2025.
Ia mengatakan, program-program menarik akan ditawarkan untuk menarik pengunjung agar berpartisipasi. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini dimulai dari industri selam melalui Deep Indonesia pada tahun 2007 dan seiring berjalannya waktu diperluas hingga mencakup kegiatan luar ruangan lainnya.
“Tidak hanya menyelam, kami juga menggabungkan aktivitas darat, laut, dan udara. Teman-teman yang biasanya hanya menyelam bisa mencoba aktivitas outdoor lainnya, begitu pula sebaliknya. Kami telah membuat beberapa pengaturan awal agar hobi crossover ini bisa dinikmati dengan aman tanpa rasa khawatir juga. banyak hal yang ekstrem,” kata Irfant.
“Dengan mengusung tema Indonesia’s Extreme Beauty, kami ingin mengingatkan kembali bahwa keindahan Indonesia tidak hanya di bawah lautnya saja, tapi juga di darat dan di udara,” lanjutnya.
Dengan langkah tersebut, pihaknya ingin memastikan pariwisata Indonesia tidak berhenti pada generasi sekarang. Melalui pendidikan DXI, yang menawarkan pengalaman langsung ketika Gen Z mencobanya sendiri, mereka dapat berbagi masukan kepada generasi berikutnya.
“Awalnya kita edukasi dengan memperkenalkan program kita. Lalu kita ajak mereka mencobanya, lalu mereka berbagi pengalamannya sebagai testimoni. Karena kita tidak bisa maju tanpa masukan dari orang-orang sebelumnya. Siklus ini diputus dan kita ingin untuk memulainya lagi, ” kata Irfan.
“Orang-orang yang sering fokus pada ponsel atau jarang keluar rumah, mungkin bertanya apa itu menyelam? Apa itu paralayang? karena tidak tahu informasinya. Tujuan pameran ini adalah untuk membangkitkan kembali brand awareness aktivitas luar ruangan. .
Irfant juga mengatakan, berbeda dengan kegiatan lainnya, DIX dikemas untuk menarik perhatian generasi sekarang. Salah satu caranya adalah melalui brand Ambassador, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
Irfant mengatakan tantangan terbesarnya adalah di masa pandemi yang mengubah gaya hidup masyarakat agar lebih nyaman berada di rumah saja. Sebelum pandemi, olahraga dan aktivitas luar ruangan mungkin dianggap aman dan tidak terlalu terpengaruh oleh faktor keuangan.
“Strategi kami agar DXI tetap dikenal adalah dengan bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari komunitas yang melakukan kegiatan tersebut hingga brand-brand yang melayani kebutuhan para pelaku industri. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai lembaga pelatihan yang “dukung industri ini. Dukungan seluruh pemangku kepentingan sangat penting untuk keberlangsungan acara ini dan tanpa mereka acara seperti ini tidak akan berjalan dengan baik,” kata Irfant.
Menurutnya, Indonesia memiliki pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, yakni menjadikan wisata alam lebih terjangkau dan mudah diakses. “Kami berharap pemerintah mendengar hal ini dan memberikan solusi agar masyarakat lebih tertarik menikmati negaranya dibandingkan jalan-jalan ke luar negeri. Dengan demikian, perputaran perekonomian akan terus terjadi di dalam negeri. DXI ini mencoba memberikan poin lain. .percaya bahwa masih banyak tempat indah di Indonesia yang belum tereksplorasi secara maksimal,” lanjutnya.
Bucek Depp berbagi pengalamannya selama bertahun-tahun di dunia travel sebagai brand duta DXI 2024. Ia menilai Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa dan patut dilindungi.
“Saya harap kita bisa menginspirasi dan mengajak generasi muda masa kini untuk turut serta menjaga alam kita yang luar biasa ini, tidak perlu jauh-jauh untuk menikmatinya. Saya sendiri mulai melakukan hobi yang berbeda-beda, dari menyelam hingga terbang, saya mulai melakukan melakukan hobi yang berbeda, dan DXI 2025 memberikan kesempatan untuk “mengeksplorasi lebih jauh berbagai hobi, mulai dari perlengkapan, teman, hingga pengalaman yang bisa kita bagikan ada di sini,” kata Bucek.
Bucek juga mengatakan aktivitas di luar ruangan bisa dinikmati siapa saja asalkan dilakukan dengan benar dan operatornya memiliki standar keselamatan yang tepat. Menurutnya, bergabung dengan DXI merupakan pilihan tepat untuk mempelajari kecantikan.
“Saya bersyukur karena DXI memberikan kita kesempatan untuk mengedukasi banyak orang bahwa aktivitas luar ruangan itu baik untuk semua orang. Selain itu, kita juga berkesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia yang menurut saya hanya sekali seumur hidup saja tidak cukup untuk dinikmati secara keseluruhan. ,’ tambahnya Bucek.