Bisnis

Erick Thohir Racik Skema Baru Penugasan BUMN Karya Biar Tak Rugi

thedesignweb.co.id, Batavia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kini tengah menyusun rencana penugasan baru di BUMN Karya. Tujuannya untuk menjaga arus kas tetap baik dan mengisi kembali perusahaan setelah menerima penugasan tersebut.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menegaskan, provinsi BUMN sudah mencapai kesetaraan.

“Selama pekerjaannya terstruktur dengan baik, Pekerjaannya harus selesai,” kata Tiko, Sabtu (16/11/2024).

Misalnya ruas Betung-Jambi. rencana pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan menggunakan model Availability Payment. Setelah proyek Kontrol akan dilepaskan dalam jangka waktu tertentu.

“Ini contoh yang sedang dibahas dengan Menteri Pekerjaan Umum Betung-Jambi akan tersedia format pembayaran Betung-Jambi.” “Jadi kita akan membangunnya dulu. Tapi kemudian pemerintah memberi waktu 15 tahun untuk menjadi prototipe,” ujarnya.

Tico menegaskan, konsep ini hendaknya digunakan untuk menjaga kesehatan perusahaan. Jika laba atas investasi atau tingkat pengembalian internal (IRR) dihitung dengan cukup baik, rencana investasi jalan tol dapat dilaksanakan.

“Tetapi jalan tol memiliki IRR yang tidak mencukupi dan ini berdampak pada perekonomian. Bukan untuk mencari keuntungan Begitulah model pemerintah untuk membangun jalan segera setelah kita membangun jalan. Dan membayarnya selama bertahun-tahun,” jelasnya.

“Hal ini sudah kami diskusikan baik-baik dengan Wakil Rektor Kementerian Pekerjaan Umum yang menjabat Direktur Jenderal Departemen Cipta Karya selama tiga tahun. “Sehingga rencana penugasan ke depan tersebut dapat dikelola dengan baik agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari,” lanjut Tico.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mendorong merger tiga perusahaan BUMN Karya saja. Setelah proses restrukturisasi yang sedang berlangsung Dan mampukah masyarakat sehat seperti ini memikul beban tersebut?

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko menjelaskan, proses merger ini tidak akan membebani BUMN Karya yang sehat, misalnya PT Hutama Karya (Persero) yang akan dimerger dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

“Karena aku akan mengurusnya nanti. Karena Hong Kong sangat sehat. Ketika Hong Kong sehat dan Tol Trans Sumatera berfungsi dengan baik, Waskita berharap setelah rekonstruksi Hong Kong akan mampu mendukung keberlanjutan di masa depan,” kata Tiko, dikutip Sabtu (16/11/2024).

Dengan menjadi anak perusahaan HK yang dimiliki sepenuhnya oleh Waskita, Waskita mengatakan hal itu tidak akan membebani dana HK karena sudah ada program restrukturisasi utang antara Waskita dan beberapa bank.

“Contohnya Waskita setelah minum Sistem perbankan kini sudah mulai berjalan. “Karena HK (induk perusahaan) di atas sehat, otomatis HK bisa terselamatkan dari segi arus kas,” kata Tiko.

Selain itu, Waskita menjamin pengerjaannya akan selesai hingga konfirmasi. Misalnya, Waskita bertindak sebagai subkontraktor Hong Kong untuk pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Misalnya: Perusahaan ini terkemuka di Trans Sumatera. Mereka bisa menjadi subkontraktor Hong Kong. “Oleh karena itu, Waskita diharapkan mampu menjaga arus kas lebih banyak. dan merangkum proyek dari berbagai organisasi di Hong Kong juga.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *