Fokus ke Pasar NEV, Geely Berencana Gabungkan Lynk & Co. dan Zeekr
Liputan6.com, Jakarta – Geely Group ingin menggabungkan dua anak perusahaannya, Link dan Inc. Dan Zeker. Penggabungan tersebut ditengarai karena keinginan pabrikan China tersebut untuk lebih fokus pada pasar kendaraan energi baru (NEV).
Menurut sumber Economic Daily, Zucker secara resmi akan mengambil alih saham Lync and Co.
Penggabungan tersebut merupakan langkah Geely untuk beralih dari ekspansi luas ke strategi yang lebih fokus, sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Taizhou (1/11/2024).
Langkah tersebut juga merupakan bagian dari upaya Geely memperkuat bisnis intinya.
Sebagai informasi, merek Zucker merupakan anak perusahaan Geely yang meluncurkan mobil listrik pada tahun 2021.
Hingga saat ini, lini produk Zeekr tersedia dalam tujuh model, yakni Zeekr 001 Shooting Brake, MPV 009, Grand Flagship MPV 009, Supercar 001 FR, Zeekr X, Zeekr Luxury Sedan, dan Zeekr 7X.
Kehadiran Zucker menjadikannya pemain utama di pasar kendaraan listrik (EV). Sementara itu, Link dan Co. Merupakan perusahaan patungan antara Geely dan Volvo yang telah berdiri sejak 2017.
Meski mencapai satu juta penjualan dalam enam tahun, perusahaan menghadapi tantangan dengan pesatnya pertumbuhan kendaraan listrik.
Namun, tahun ini, Lynk & Co. Meluncurkan kendaraan full electric atau BEV (Battery Electric Vehicle) pertamanya, Z10.
Sebagai bagian dari merger, Link & Co. Akan mengikuti strategi yang lebih sejalan dengan Zeekr, terutama dari segi keuangan dan inventaris.
Rencana Geely untuk mengambil langkah-langkah untuk mengintegrasikan anak-anak perusahaan ini bertujuan untuk mengurangi persaingan internal dan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk meningkatkan daya saing Geely di sektor NEV.
Hal ini dilakukan untuk mengatasi dinamika pasar mobil China yang persaingannya sangat ketat dan permintaan konsumen berubah dengan cepat.
Melihat angka penjualan Geely pada tahun 2024 menegaskan perlunya strategi tersebut. Pada Oktober 2024, pabrikan sudah menjual 226.686 unit, meningkat 28 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Penjualan kendaraan listrik sepenuhnya (BEV) tumbuh 132 persen mencapai 78.858 unit. Sedangkan penjualan gabungan antara link dan perusahaan. dan Zucker, menyumbang hampir 30 persen dari total penjualan Geely pada tiga kuartal pertama tahun 2024.
Namun jika dipisahkan, pangsa pasar Zeekr semakin meningkat, dengan peningkatan 92 persen di bulan Oktober mencapai 25.049 unit.
Sementara itu, Link dan Co. mengalami peningkatan 26 persen dengan penjualan 31.074 unit di bulan yang sama.
Untuk tahun ini, Geely menjual 1,32 juta kendaraan, naik 26 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini mencakup 408.000 unit BEV. Tipe ini jika dihitung meningkat sebesar 66 persen.
Penggabungan ini mencerminkan tren baru yang dapat mencakup sebagian besar industri otomotif Tiongkok. Merek lain seperti Polyester juga mempertimbangkan integrasi serupa.
Dikutip Karsniuchina, Kamis (14/11/2024), presiden Zeker, Andy Ann, akan menjadi presiden Polster, yang akan menerapkan integrasi lebih lanjut untuk merek tersebut.
Geely kini fokus pada strategi baru, dengan tujuan merampingkan operasi dan meningkatkan posisinya di pasar NEV yang kompetitif.