Kesehatan

Hempas Kendala Komunikasi Pasien dengan Dokter, IHH Healthcare Singapura Siapkan 20 Penerjemah Bahasa Indonesia

thedesignweb.co.id, Singapura Komunikasi yang baik antara pasien dan dokter menjadi salah satu kunci mendapatkan layanan kesehatan yang sesuai harapan.

Sayangnya, di banyak rumah sakit yang melayani pasien dari berbagai negara, perbedaan bahasa seringkali menjadi penghalang bagi dokter dan pasien untuk saling memahami.

Menyadari hal tersebut, Chief Commercial Officer IHH Healthcare Singapore (IHH SG) Jeffrey Law mengatakan, pihaknya punya cara untuk mengatasi masalah bahasa tersebut.

“Kami memiliki 20 penerjemah bahasa Indonesia untuk memastikan pasien memahami apa yang disampaikan dokter,” kata Jeffrey kepada Health thedesignweb.co.id saat makan siang di kawasan Kampong Glam Singapura, Selasa (12/10/2024).

Dia mengatakan penerjemah dipekerjakan khusus untuk mengatasi hambatan bahasa. Sekitar setengah dari penerjemah adalah karyawan tetap dan sisanya dipanggil sesuai kebutuhan.

“Ada yang bekerja fulltime dan ada pula yang on demand (freelance/part-time) karena di bulan-bulan tertentu kita sangat sibuk dan di bulan-bulan lain kita tidak begitu sibuk, misalnya pada bulan puasa dan libur bulan Desember. Tidak terlalu sibuk. “Puncaknya (bisnis) setelah Imlek,” kata Jeffrey.

Pasien umumnya mengikuti jadwal dokter, tambah Jeffrey. Terkadang mereka datang saat musim liburan di Singapura, namun ada juga yang datang saat musim liburan di Indonesia.

“Jadi kami tidak mempekerjakan semua penerjemah di mana pun, tapi kami memastikan jumlah penerjemah cukup.”

Untuk mendapatkan bantuan dari seorang penerjemah, pasien meminta bantuan perawat. Kemudian perawat akan melaporkannya ke IHH SG.

“Jadi pasien cukup memberi tahu perawat bahwa dia membutuhkan bantuan penerjemah. Atau dokter mungkin meminta kita mengirimkan juru bahasa agar semuanya jelas.”

Selain penerjemah bahasa Indonesia, Jeffrey juga memiliki penerjemah bahasa lain, antara lain Rusia, Filipina, India, dan Vietnam.

“Karena pasiennya berasal dari 20 hingga 30 negara,” ujarnya.

IHH Healthcare Singapore (IHH SG) adalah bagian dari IHH Healthcare, penyedia layanan kesehatan terintegrasi di 10 pasar di seluruh dunia.

Sebagai penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di Singapura, IHH SG mengoperasikan jaringan terintegrasi empat rumah sakit internasional, yaitu Rumah Sakit Gleneagles, Rumah Sakit Mount Elizabeth, Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, dan Rumah Sakit Parkway East. Lebih dari 1.500 dokter bersertifikat menyediakan layanan spesialis di berbagai bidang.

Jaringan IHH SG tidak hanya mencakup layanan akut dan tersier, namun juga layanan primer, layanan khusus, dan layanan pendukung lainnya.

Grup Parkway mencakup jaringan Parkway Shenton yang mencakup lebih dari 50 klinik di Singapura, serta iXchange, sebuah divisi yang bertanggung jawab atas manajemen perawatan dan tunjangan karyawan.

Bersama dengan Parkway Cancer Centre, Parkway Medicentre, Parkway Radiology, Parkway Laboratories, Parkway Rehab dan Parkway Emergency Services, rangkaian layanan ini memperkuat posisi IHH SG sebagai penyedia layanan kesehatan independen di Singapura.

Sekitar 20 persen pasien di RS IHH SG berasal dari luar negeri, dan separuhnya berasal dari Indonesia.

Pasien asing yang mencari pengobatan di IHH SG memiliki kondisi yang lebih kompleks yang memerlukan keterampilan medis yang lebih tinggi, perawatan multidisiplin, dan prosedur bedah yang lebih kompleks.

IHH SG juga menawarkan beberapa teknologi medis tercanggih di dunia, seperti terapi proton, bedah robotik, genomik, dan terapi bantuan AI atau AI.

Melihat ke masa depan, IHH SG terus berinvestasi dalam teknologi dan layanan baru untuk memperkuat keahlian medisnya dan memberikan lebih banyak pilihan diagnostik kepada dokter dan pasien yang akan meningkatkan hasil pengobatan pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *