Berita

HIPKA dan ID Food Dukung Program Ketahanan Pangan Prabowo 

Liputan6. , Kamis (3/10/2024).

Penandatanganan perjanjian ini dilakukan oleh Sekjen HIPKA Ahmed Muntaha dan Direktur Komersial PT RNI Persero Nina Sulistovati.

Kami berharap melalui kerjasama ini terjalin sinergi yang baik antara HIPKA dan ID Food sehingga tercipta ekosistem bisnis yang baik dan saling mendukung. Selain itu, kedua belah pihak mendapatkan manfaat dari potensi perluasan sinergi rantai pasok pangan dan dampak ekonomi yang saling menguntungkan.

Sekjen HIPKA Ahmed Muntaha juga menyetujui kesepakatan antara KIPKA dan ID Food mengenai jual beli produk seafood dan kopi.

Dikatakannya, kepengurusan HIPKA terbentuk di Indonesia dan memiliki jaringan yang cukup luas dengan pelaku usaha mulai dari klaster jasa, manufaktur, MSM dan lain-lain hingga hulu.

Melalui jaringan yang dikelola HIPKA, lanjutnya, mereka berharap dapat memberikan nilai tambah yang saling menguntungkan dan memperluas jangkauan pasar produk.

Bahkan seafood pun diekspor seperti yang dilakukan anggota HIPKA asal Sulsel, kopi juga ada kontrak penjualan dengan Azerbaijan dan Kanada,” ujarnya.

“Kami berharap kerja sama antara pengusaha lokal dan BUMN ini terus berlanjut,” ujarnya.

Kerjasama BUMN dan HIPKA diharapkan dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 8%, kata Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“HIPKA, salah satu pengusaha lokal, mencoba berkontribusi dalam pembangunan ekonomi. Pada tahun 2045, melalui kerjasama HIPKA dengan ID Food, saya yakin kami akan membantu Indonesia mencapai lima besar perekonomian dunia.”

Padahal bisnis di bidang pertanian menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Sayangnya, sekitar 12,87% generasi muda Indonesia aktif terlibat dalam agribisnis.

Sedangkan sisanya sebesar 87,13% masih didominasi oleh generasi tua. Menjadi pekerjaan rumah HIPKA untuk memupuk semangat generasi muda petani demi keberlanjutan sektor pertanian di Indonesia.

Harapannya para petani muda dapat memanfaatkan peluang dan berkreasi di tengah persaingan dunia usaha.

Terlebih lagi, ketahanan pangan dan ahli pertanian sangat erat kaitannya karena petani merupakan wirausahawan di bidang pertanian dan berperan penting dalam ketahanan pangan negara.

HIPKA percaya bahwa wirausaha muda dapat menginspirasi dan memotivasi perekonomian Indonesia untuk menjadi negara maju melalui pertanian.

Kami berharap HIPKA menjadi kekuatan besar untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara dengan pendapatan per kapita lebih dari 200 juta jiwa dalam 100 tahun Indonesia merdeka.

Nina Sulyatyawati, Direktur Komersial, PT. RNI Persero mendukung kerjasama HIPKA dan ID Food. Menurut Nina, pihaknya sangat terbuka untuk kerjasama seluas-luasnya dengan HIPKA. Selain itu kerjasama jual beli makanan laut dan kopi merupakan wilayah Perusahaan Dagang Indonesia.

Harapan kami, Perjanjian ini menjadi titik awal kerjasama dengan HIPKA, tidak terbatas pada rumput laut dan kopi. “Rumput laut dan kopi yang kami kelola sebagian besar sekarang menjadi tujuan ekspor, seperti rempah-rempah,” ujarnya.

Tak hanya itu, hal itu dilakukan secara kolaboratif. “Mari kita wujudkan kolaborasi.”

Sebagai informasi, ID Food merupakan brand korporasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), perusahaan pangan milik negara yang memiliki tiga pilar bisnis utama, yaitu pertanian dan agroindustri, perikanan dan peternakan, serta perdagangan dan logistik.

Keberadaan Holding Pangan BUMN menjaga ketahanan pangan nasional, meningkatkan inklusivitas petani, peternak, dan nelayan, serta menjadi perusahaan pangan kelas dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *