Lifestyle

WEB NEWS Ini Jurus Jitu Kyanavara Bangun Komunitas dan Loyalitas Lewat Live Shopping di Shopee

thedesignweb.co.id, Jakarta Live shopping saat ini menjadi salah satu inovasi yang semakin berkembang dan diminati banyak orang. Konsep ini tidak hanya mengubah cara konsumen berbelanja, namun juga menciptakan peluang besar bagi penjual atau pembuat konten untuk membangun komunitas dan loyalitas pelanggan.

Salah satu kisah inspiratif yang memanfaatkan live shopping untuk membangun komunitas dan loyalitas pelanggan adalah Kyanavara atau Lungky Gardini. Mantan karyawan perusahaan yang bekerja selama 10 tahun ini berhasil menemukan jalan menuju kesuksesan dengan memanfaatkan teknologi sebagai pencipta Shopee Live.

Dengan kegigihan dan kreativitasnya, wanita berusia 36 tahun asal Yogyakarta ini menjadi pembuat live streaming teratas di Shopee Live dengan rata-rata pendapatan penjualan bulanan yang luar biasa. bulan. Shopee Live tidak hanya mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidup, namun telah menjadi jalan Kyanavara menuju kebebasan finansial.

Kya mengatakan, tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk dicapai karena dunia digital menawarkan peluang yang tidak terbatas. Ia mengatakan bahwa Shopee bukan hanya toko online, tapi juga tempat baru bagi para pembuat konten seperti saya untuk menemukan keseimbangan karir dan kehidupan.

“Saya tidak pernah menyangka akan berani keluar dari rutinitas saya sebagai karyawan dan memilih rutinitas baru sebagai kreator Shopee Live setiap hari, serta aktif membuat konten review produk Video Shopee,” ujarnya. . .

“Selain itu, saya rutin melakukan riset produk, berkoordinasi dengan tim dalam konsultasi dan pelatihan perbaikan, serta membangun hubungan eksternal untuk berkoordinasi dengan pemasok dalam negosiasi dan inisiatif proyek,” jelas Kya.

Kya mengatakan, Shopee Live dan Shopee Video tidak hanya sekedar menjual produk, tetapi juga membangun hubungan yang kuat dengan audiens dan pada akhirnya membangun loyalitas dan keterlibatan. Menurutnya, pendekatan pembuatan konten interaktif seringkali menjadi strategi kunci dalam membangun audiens setia.

Berikut adalah beberapa tips Kyanavara yang dapat digunakan sebagai panduan dalam membuat konten menarik!

1. Pastikan keragaman konten, relevansi dan konsistensi

Dalam setiap sesi Shopee Live, Kya selalu menghadirkan beberapa “pahlawan” yang dipilih berdasarkan musim, tren terkini, dan relevansinya dengan penonton. Misalnya menjelang hari raya, produk seperti panci dan wajan menjadi sorotan karena diminati konsumen. Namun di luar momen spesial tersebut, Kya memilih mengulas produk sehari-hari yang bermanfaat dan serbaguna bagi audiensnya.

“Tidak jauh berbeda, video shopee saya ada dua jenis konten, yang pertama adalah video keranjang belanja yang berisi review produk, yang kedua adalah video tanpa keranjang yang lebih banyak komedi pasangan dan strategi kami adalah video ulasan produk, keras berjualan dengan suara, “yang mirip iklan, dan editannya enak dilihat secara visual dan aural,” kata Kya.

Sedangkan konten video park comedy dibuat lebih mudah dipahami oleh penonton, diperkaya dengan editing audio dan visual agar video tetap menarik, dan proses produksi video meliputi perencanaan konten, penulisan teks, sulih suara, perekaman dan pengeditan video. kasusnya, tim khusus juga membantu saya,” jelasnya. 2. Gunakan penawaran menarik dan layanan pelanggan

Kya berpendapat, strategi utamanya adalah dengan menggunakan berbagai penawaran menarik seperti tambahan live voucher, video voucher, flash sale, dan gratis ongkos kirim. Untuk daya tarik yang optimal, Kya juga memilih produk dengan harga rata-rata di bawah Rp 200 ribu dan premium.

Terlebih lagi, untuk membangun loyalitas dan komunitas, Kya kerap menawarkan layanan tambahan seperti membantu penjual menyampaikan keluhan produk, menawarkan harga terendah melalui negosiasi harga khusus dengan merek, dan mengadakan giveaway di acara atau promosi dua digit.

Kya juga mendorong interaksi melalui sesi tanya jawab (Q&A) dan fitur lelang, yang tidak hanya melibatkan penonton, namun juga membuat mereka ingin membeli lebih banyak.

3. Evaluasi melalui penggunaan data

Kya tidak hanya meneliti produk berkualitas, tetapi juga selalu memantau data dari live dashboard dan video untuk mengevaluasi kinerja konten produk yang dipromosikan. Jika suatu konten tidak menghasilkan banyak klik dan konversi, bisa jadi produk tersebut akan segera digantikan oleh produk lain yang lebih potensial, atau cara penyampaian konten diubah ke gaya lain.

Pendekatan berbasis data ini memastikan seluruh konten yang disampaikan tetap relevan dan menarik bagi audiens, sehingga mendukung hasil yang optimal.

Perjalanan pertama Kyanavara menjadi bintang live streaming Shopee Live dimulai pada Agustus 2023. Saat itu, Shopee meluncurkan Program Afiliasi Shopee melalui live streaming.

Kya, sapaannya, sebelumnya aktif di program afiliasi Shopee, setelah bertemu dan berdiskusi langsung dengan tim Shopee, ia memahami lebih detail mekanisme Shopee Live dan berbagai reward yang didapat kreator.

Bagi Kya, Shopee merupakan platform yang efektif karena ia melihat hampir seluruh perilaku pengguna berorientasi pada pembelian. Dengan landasan ini, Shopee menjadi tempat yang tepat untuk memasarkan atau mempromosikan produk.

Tidak hanya jangkauannya yang luas, fitur dan ekosistemnya saling terhubung, serta skema komisi yang sangat menguntungkan. Selain itu, subsidi diskon khusus yang ditawarkan kepada pelanggan membantu kreator mempromosikan produknya secara efektif.

“Pada hari-hari awal mencoba live, tantangan datang dan pergi. Saya harus memahami tren dan apa yang dicari penonton. Saya mencoba banyak hal, mulai dari fashion hingga hal-hal sehari-hari seperti popok bayi dan kebutuhan lainnya. Bisa dibilang saya hampir mencoba setiap segmen “Saya dipasarkan pada saat saya ingin berhenti, tetapi karena saya memiliki begitu banyak impian dan ambisi, saya menghancurkan segalanya,” kata Kya.

“Benar, tidak ada usaha siapa pun yang menghianati hasil, lambat laun kerja keras ini membuahkan hasil. Sekitar bulan kedua menjadi kreator Shopee, penghasilan saya sudah mampu menutupi pengeluaran bulanan bahkan melebihi penghasilan kreator platform sebelumnya, ” jelasnya.

Dengan konsistensi dan melihat potensi jangka panjang, Kya akhirnya memutuskan untuk fokus dan menaruh hati pada segmen rumah tangga seperti peralatan dapur, linen rumah, peralatan rumah tangga. Keputusan untuk fokus pada segmen ini membantu menghasilkan lalu lintas yang kuat di segmen ini.

Maka Kya memanfaatkan kesempatan tersebut dengan memperpanjang durasi siaran langsung dan membentuk tim co-hosting nonstop hingga 24 jam untuk menjaga kelangsungan acara, dengan Kya sebagai pembawa acara utama selama kurang lebih 3 jam sehari. .

 

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *