Bisnis

Injak Usia ke-26, Bank Mandiri Konsisten Hadirkan Inovasi Digital yang Adaptif dan Solutif

thedesignweb.co.id, Jakarta Bank Mandiri terus memperkenalkan berbagai fitur dan layanan digital untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan pengalaman perbankan yang lebih personal bagi nasabah dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-26. Hal ini sejalan dengan komitmen Bank Mandiri untuk memberikan solusi keuangan inovatif yang memenuhi kebutuhan nasabah.

Darmawan Junaidi, CEO dan Direktur Bank Mandiri, mengatakan salah satu inovasi besar yang dilakukan adalah pembaruan tampilan atau antarmuka pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri. Ia mengatakan aplikasi tersebut memiliki desain yang lebih modern dan intuitif serta menggunakan teknologi pembelajaran mesin.

“Inovasi ini merupakan langkah kami untuk menjadikan Livin’ by Mandiri sebagai Beyond Super App, sehingga nasabah dapat merasakan pengalaman perbankan yang lebih mudah, cepat, dan personal,” ujarnya.

Inovasi lainnya, kata Darmawan, adalah analisis data perilaku transaksi pelanggan untuk merekomendasikan fitur dan promosi berdasarkan kebiasaan dan preferensi individu pengguna.

“Pelanggan tidak hanya dapat menyesuaikan tampilan halaman utama aplikasi untuk lebih memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan,” ujarnya.

FYI: Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah mengalami pertumbuhan yang mengesankan. Tercatat hingga Agustus 2024, jumlah pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri telah mencapai 27 juta atau meningkat 33% year-on-year (Y/Y).

Dari jumlah tersebut, total nilai transaksi Livin’ by Mandiri mencapai Rp2,589 triliun dengan volume transaksi 2,4 miliar.

 

Darmawan mengatakan, selain menyempurnakan user interface aplikasi, Bank Mandiri juga memperkenalkan fitur-fitur baru untuk memudahkan nasabah mengelola keuangannya melalui Livin’ Stock Investment. Dia mengatakan, fitur baru ini memungkinkan nasabah melakukan transaksi jual beli saham langsung melalui aplikasi Livin’.

“Dengan Livin’ Stock Investment, klien dapat memaksimalkan perencanaan keuangan dan lebih leluasa mendiversifikasi portofolionya, sehingga semakin dekat dengan tujuan keuangan kliennya,” ujarnya.

Darmawan juga mengungkapkan, layanan ini telah bermitra dengan Mandiri Sekuritas. Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan Livin untuk membuka rekening basis klien (RDN), melakukan penyetoran dan penarikan kapan saja, serta memantau portofolio investasi mereka dalam aplikasi terintegrasi.

Sementara itu, Darmawan mengatakan, Bank Mandiri juga telah meluncurkan fitur Livin’points. Dia mengatakan fitur ini dapat melacak jumlah poin yang diperoleh melalui aplikasi secara real time dan menukarkannya dengan hadiah pilihan Anda.

“Pelanggan dapat mengumpulkan poin dari berbagai transaksi yang dilakukan, serta aktivitas menarik lainnya seperti permainan dan tantangan yang tersedia di aplikasi,” ujarnya.

“Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik, mulai dari kupon diskon elektronik hingga miles maskapai penerbangan,” jelas Darmawan.

Livin’points, kata dia, bertujuan untuk memberikan pelanggan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam setiap transaksi, serta menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan pelanggan memilih reward yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Darmawan menjelaskan Bank Mandiri tidak hanya fokus pada layanan keuangan saja, namun berkomitmen memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas.

“Salah satu wujud komitmen tersebut adalah peluncuran Livin’ Planet, sebuah inisiatif baru yang kini terintegrasi dalam aplikasi Sukha yang memberikan akses kepada pelanggan untuk mendukung gaya hidup yang lebih berkelanjutan dan membantu menjaga lingkungan,” jelasnya.

Darmawan mengatakan inovasi tersebut dirancang untuk melibatkan pelanggan dalam transisi menuju ekonomi rendah karbon.

“Dengan Livin’ Planet, pelanggan dapat menghitung jejak karbon dari aktivitas sehari-hari seperti penggunaan kendaraan atau konsumsi energi,” ujarnya.

“Dengan kalkulator karbon yang terintegrasi dalam super app Livin’ by Mandiri, pelanggan dapat secara mandiri mengukur dan memahami dampak aktivitas terhadap lingkungan dan berpartisipasi dalam program penanaman pohon untuk mengimbangi emisi karbon pribadi.” Darmawan menjelaskan.

Ia menjelaskan, program tersebut tidak hanya berkontribusi terhadap penyerapan karbon dioksida secara signifikan, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat sekitar.

“Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses laporan yang memungkinkan mereka melacak kontribusi terhadap program lingkungan dan membuat keterlibatan pelanggan lebih transparan,” jelas Darmawan.

FYI: Bank Mandiri berhasil mencatatkan portofolio berkelanjutan senilai Rp278 triliun atau tumbuh 14,7% YoY pada Juni 2024. Pertumbuhan tersebut didorong oleh portofolio hijau yang mencapai Rp139 triliun, tumbuh 20,4% YoY to year, dan menjadi Bank Mandiri. pangsa pasarnya sekitar 30%.

Di sisi lain, nilai portofolio sosial sebesar Rp 139 triliun, naik 9,5% year-on-year, didorong oleh pertumbuhan pinjaman kepada UMKM, didorong oleh platform digital Livin’ Merchant yang memberikan akses keuangan kepada 2 juta UKM. dengan 60% dengan pangsa di daerah non-perkotaan.

Merayakan hari jadinya yang ke-26, Bank Mandiri meluncurkan upgrade besar pada layanan perbankan digital grosirnya, Kopra by Mandiri, dengan tampilan yang lebih ramping. Versi terbaru memberikan pengalaman transaksi yang lebih baik dan fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara komprehensif.

Darmawan mengatakan, kecerdasan buatan Mandiri yang digunakan Kopra memberikan wawasan yang membantu nasabah dalam mengambil keputusan keuangan. Menurutnya, langkah ini akan memperkuat posisi terdepan Bank Mandiri di pasar grosir perbankan Indonesia dengan inovasi dan solusi yang adaptif.

“Salah satu bentuk inovasi Kopra by Mandiri yang memanfaatkan kecerdasan buatan adalah hadirnya fitur Cashflow Forecasting,” ujarnya.

“Fitur ini memudahkan pelacakan nasabah dan wawasan keuangan agar lebih akurat mempersiapkan kebutuhan uang tunai nasabah di masa depan,” jelas Darmawan.

Diungkapkannya juga, Bank Mandiri juga menggunakan “Unique All-Inclusive Ecosystem” untuk memperkuat ekosistem nasabah grosir dan supply chain dengan solusi terintegrasi antara Kopra by Mandiri dan Livin’ by Mandiri.

“Inovasi ini mencakup Kopra hingga Livin’ Financing yang mempercepat pendapatan pembayaran bagi penyedia dan mendukung terciptanya ekosistem tertutup yang menghubungkan berbagai pihak, mulai dari penyedia hingga pelanggan perorangan,” ujarnya.

 

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *